Take a fresh look at your lifestyle.

Teknik Menyikapi Kebencian Dalam Kehidupan Kita

0 239

Benci terhadap sesuatu berarti tidak suka pada sesuatu tersebut. Orang benci dicela, dicaci maki dan dijelek-jelekkan oleh orang lain, itu berarti orang tersebut tidak suka dicela, dicaci maki dan dijelek-jelekkan oleh orang lain. Kebencian ini sudah menjadi sifat manusia yang umum. Manusia sewajarnya menyukai hal-hal yang indah dan membahagiakan. Menyenangi hal yang membuat hatinya menjadi senang, tenang dan gembira. Tidak ada satu pun manusia yang ingin hatinya menderita akibat orang lain.

Kita akan mudah merasa marah, gelisah, dan dendam karena diremehkan, merasa sedih karena dihina, dan benci karena tidak dihargai. Padahal, kalau kita sikapi dengan baik, marah dan dendam itu akan menjadikan hidup kita jauh dari kebahagiaan dan ketenangan.

Semua orang pasti ingin hidupnya bahagia, tetapi mereka kurang memahami hakekat kehidupan yang kenyataannya tidak selalu sama seperti apa yang mereka harapkan. Dunia ini mempunyai sisi-sisi yang bermacam-macam. Ada yang baik dan ada yang buruk. Ada bahagia dan ada duka, ada kesuksesan dan kegagalan, dan masih banyak lagi. Semua itu menjadi sebuah kenyataan yang harus dialami oleh manusia dalam kehidupannya.

Kesimpulannya, manusia sangat mendambakan kehidupannya bahagia. Oleh karena itu, wajar apabila ada sesuatu yang membuatnya tidak bahagia, ia benci dan ia jauhi. Dari situlah benih-benih kebencian dalam diri manusia itu lahir

Kenyataan seperti itu merupakan lika-liku perjalanan kehidupan yang harus manusia jalani, bahkan Tuhan pun telah mentakdirkan semua itu pada kehidupan manusia. Lantas kenapa kita harus membenci kegagalan dan membenci sesuatu yang kita lihat tidak sesuai dengan harapan kita? Sadarilah bahwa itu semua adalah bagian dari kehidupan dan bagian dari takdir Tuhan yang harus kita terima. Dengan menyadarinya,  maka hati dan pikiran kita akan lebih baik dari pada menggerutu atau menolak kenyataan yang ada.

Menyikapi kehidupan secara positif memang merupakan cara yang ampuh untuk menghindarkan diri kita dari banyaknya peristiwa buruk yang membuat kita memiliki rasa benci. Sadarilah bahwa kehidupan di dunia ini tidak hitam putih semata. Banyak warna yang harus kita ketahui untuk memperindah kehidupan kita. Apabila hal ini tidak kita sadari, maka hasilnya akan mempengaruhi kebahagiaan dalam hidup kita.  Sadari juga bahwa semua yang ada yang ada di dunia ini terjadi atas kehendak Tuhan. Tanpa kehendak-Nya, segala sesuatu tidak akan terjadi. Maka dari itu, terimalah semua kenyataan yang terjadi pada hidup kita, mau itu baik atau buruk sekalipun, kita harus menerimanya.  Jika baik, syukuri. Jika buruk, maka jalani saja, terima, jangan dibenci, jangan menggerutu, dan berusahalah untuk membuat keadaan buruk itu berubah menjadi baik.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar