Tempat Usaha Masih Diperlukan Dalam Bisnis Startup

0 23

Para pengusaha yang kini tengah merintis karir (startup), walaupun dalam menjalankan proses bisnisnya lebih banyak memanfaatkan teknologi internet, ternyata masih tetap membutuhkan tempat usaha guna untuk mengkreasikan dan menciptakan ide-idenya.

Ruang yang dibutuhkan tidak perlu terlalu besar, tetapi harus nyaman. Selain hal tersebut mereka juga perlu longue guna melepas lelah saat bekerja, serta sarana pendukung bisnis seperti ruang rapat dan ruang receptionist.

Saat ini juga bermunculan para startup dengan berbagai inovasi dan ide kreatif yang memanfaatkan fasilitas internet. Mereka mampu cepat berkembang karena masyarakat menyukai berbagai ide mereka. Kemajuan internet telah menghilangkan batasan-batasan yang dulu membatasi gerak bisnis konvensional.

Keberhasilan seorang startup sangat ditentukan kepada kejelian memanfaatkan teknologi informasi yang akan mengubah proses bisnis. Inilah tantangan yang sesungguhnya bagi para pelaku Startup, yakni mengubah dan menciptakan suatu proses bisnis terbarukan.

Young Entrepreneurs

Dari perkembangan Startup ini muncul istilah Young Entrepreneurs di kalangan pelaku Startup. Keduanya sangat identik karena mereka inilah yang menciptakan ide-ide baru yang berguna untuk masyarakat. Mereka inilah yang diproyeksikan menjadi pelopor dunia bisnis baru.

Proses brainstorming dan problem solving merupakan proses penting dalam suatu Startup, karena di situlah muncul ide-ide inovasi sehingga terciptalah kreativitas-kreativitas baru. Brainstorming serta problem solving ini perlu dilakukan bersama di satu tempat, agar prosesnya lebih efektif dan lebih efisien.

Selain itu, kebutuhan untuk berinteraksi berkomunikasi dengan sesama pelaku Startup juga penting sangat dibutuhkan, untuk sharing ideas para Startup. Pelaku Startup ini akan di untungkan oleh sistem komunal atau kebersamaan, dengan memperhatikan efisiensi dan efektivitas bisnis ini.

Yang paling penting bagi penggiat Startup harus saling berkolaborasi satu dengan yang lainnya. Bergaul di lingkungan yang tepat akan sangat memudahkan Bisnis Startup berkembang.

Melalui networking yang luas juga akan mudah mendapatkan koneksi untuk mendapatkan dana dari investor. Meski demikian, bahwa konsep dasar  yang paling esensial dari Startup bukan hanya mendapatkan funding dari investor. Tapi juga memberikan pengaruh kepada masyarakat. (dhirga)

(Bisnis Startup)

Komentar
Memuat...