Take a fresh look at your lifestyle.

5 Tempat Wisata Dengan Konsep Eco-Luxury di Indonesia

0 43

Industri pariwisata selama ini selalu dianggap sebagai biang dan pusatnya kerusakan lingkungan. Potensi keindahan alam dan lokal wisdom selalu dieksploitasi tanpa batas agar memenuhi target ekonomi sebagian banyak pihak. Padahal dalam periode jangka panjang, jika lingkungan telah rusak, kegiatan ekonomi dipastikan juga akan terhambat.

Kesadaran ini lah yang membuat sebagian pelaku industri pariwisata di Indonesia menerapkan konsep dengan eco-luxury, sebuah konsep yang memadukan kemewahan (luxury) dan juga kelestarian lingkungan (ecosystem). Dengan pola pikir yang penuh rasa tanggung jawab terhadap keselamatan lingkungan ini, konsep Konsep Eco-Luxury tersebut juga dikenal sebagai “responsible tourism”.

Pada musim liburan mendatang, akan banyak orang melirik tujuan wisata ecoluxury pada luar negeri. Namun, tahukah Anda tujuan wisata semacam ini juga sudah dapat ditemui di dalam negeri? Dan inilah 6 tujuan wisata ecoluxury domestik yang patut Anda lihat saat ingin berlibur dan tentu tanpa merusak lingkungan.

Amanwana dan Amanjiwo

Amanwana dan Amanjiwo
Amanwana dan Amanjiwo

Kawasan wisata Amanwana dan Amanjiwo ini cocok bagi Anda yang tinggal di pulau Jawa. Lokasinya tepat di Yogyakarta, sehingga mudah dijangkau. Lingkungannya bernuansa pegunungan asri dihiasi pantai dan hutan tropis yang hijau rimbun. Amanwana dan Amanjiwo hanya menyediakan 20 tenda untuk menginap demi menjaga privasi. Tak hanya itu, di Amanwana dan Amanjiwo tersedia berbagai fasilitas ala hotel berbintang lima di sini, sepeti suite room berdesain Jawa, restoran, bar, dan juga fasilitas lain sebagainya. Yang tak boleh ketinggalan ialah wisata budaya yang dibungkus kultur Jawa dan tradisi Jawa yang inspiratif.

Tanjung Lesung Beach Resort

Tanjung Lesung Beach Resort
Tanjung Lesung Beach Resort

Kawasan wisata bahari ini berada di ujung barat Jawa. Di dalamnya terdapat resor dan klub yang lebih kecil. Luasnya 1500 ha sehingga sangat sesuai bagi Anda yang menyukai alam bebas dan nuansa laut. Anda juga diajak mengenal pelestarian terumbu karang dan badak cula satu di sini. Jika beruntung, Anda bisa menikmati Gunung Anak Krakatau yang meluapkan sedikit magma yang berpendar di pekatnya malam Selat Sunda.

Losari Coffee Plantation and Spa

Losari Coffee Plantation and Spa
Losari Coffee Plantation and Spa

Andalan kawasan ini ialah perkebunan teh menghijau dan hutan tropis yang sejuk. Anda serasa diajak menjadi bangsawan Jawa dengan menghabiskan liburan di lembah yang diapit 8 gunung berapi serta 2 candi terkenal: Borobudur dan Prambanan. Villanya berdesain keraton Jawa. Untuk menekankan konsep itu, diterapkan produksi bahan makanan di lingkungan kawasan ini sendiri, sekaligus memperkenalkan kekayaan bumi nusantara. Anda juga bisa mencicipi masakan Jawa buatan sendiri dalam kursus masak singkat.

Alila Villas Soori – Bali

Alila Villas Soori - Bali
Alila Villas Soori – Bali

Lokasinya di Bali. Kawasan wisata ini dipersembahkan bagi Anda yang menyukai konsep liburan sebagai retreat, sehingga jangan berharap akan menemukan hingar bingar ala Kuta di sini. Kedekatan dengan candi Tanah Lot yang terkenal membuat pemandangan di villa ini sungguh menenangkan. Dalam pengelolaan sumber daya air, villa di sini menerapkan sistem dual flush sehingga menghemat air, pancuran air juga didesain dengan aliran yang tak begitu deras. Limbah air diolah dengan sistem pengolahan tersendiri. Tak hanya itu, material bangunan juga diperoleh dari lokasi sekitar vila.

Nihiwatu, NTT

Nihiwatu, NTT
Nihiwatu, NTT

Tempat wisata ini berada di pulau konservasi di barat daya Pulau Sumba, NTT. Luasnya cuma 175 ha, namun dipenuhi dengan bungalow dan vila yang semuanya dibuat dari bahan ramah lingkungan. Ketenangan diperoleh karena lokasinya yang cukup jauh dari pemukiman penduduk. Energi yang dipakai di sini dihasilkan sebagian besar dari biodiesel kelapa yang banyak dijumpai di sana. (dhirga)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar