Pengertian Teori Nilai Multikultural

1 1.051

Pengertian Multikutural adalah penghargaan yang diberikan masyarakat kepada segala sesuatu yang baik, penting, luhur, pantas dan mempunyai daya guna fungsional bagi perkembangan dan kebaikan hidup bersama.  Nilai juga dapat dimaknai sebagai hasil dari pertimbangan penilaian baik atau buruk (Fakhry, 1996: 79).  Sedangkan menurut Michael (1996 :67) nilai didefinisikan sebagai segala sesuatu tentang yang baik atau yang buruk.

Pengertian Multikutural

Multikultural adalah berbagai macam status sosial budaya meliputi latar belakang, tempat, agama, ras, suku dll. Gibson (1984) mendefinisikan bahwa multikultural adalah suatu proses yang membantu individu mengembangkan cara menerima, mengevaluasi, dan masuk ke dalam sistem budaya yang berbeda dari yang mereka miliki.

Multikultural mencerminkan keseimbangan antara pemahaman persamaan dan perbedaan budaya mendorong individu untuk mempertahankan dan memperluas wawasan budaya dan kebudayaan mereka sendiri (Choirul, 2011: 46).

Dengan adanya multikultural di Indonesia diharapkan setiap individu mampu mencerminkan sikap persamaan, persaudaraan dan kesederajatan dalam kehidupannya. Sehingga setiap individu dapat menghargai dan mempertahankan kebudayaan mereka sendiri tanpa harus menghina kebudayan orang lain.

Multikultural berarti beraneka ragam kebudayaan. Menurut Parsudi Suparlan (2002) akar kata dari multikulturalisme adalah kebudayaan, yaitu kebudayaan yang dilihat dari fungsinya sebagai pedoman bagi kehidupan manusia. Dalam konteks pembangunan bangsa, istilah multikultural ini telah membentuk suatu ideologi yang disebut multikulturalisme. Konsep  multikulturalisme  tidaklah dapat disamakan dengan konsep keanekaragaman secara sukubangsa atau kebudayaan  sukubangsa yang menjadi ciri masyarakat majemuk, karena multikulturalisme menekankan keanekaragaman kebudayaan dalam kesederajatan.

Multikulturalisme mencakup suatu pemahaman, penghargaan serta penilaian atas budaya seseorang, serta suatu penghormatan dan keingintahuan tentang budaya etnis orang lain. (Lawrence Blum, dikutip Lubis, 2006:174)  Baca: Nilai Multikultural Menurut Para Tokoh

Menurut beberapa ahli Teori Nilai Multikultural yaitu sebagai berikut:

  1. Spranger, nilai adalah suatu tatanan yang dijadikan panduan oleh individu untuk menimbang dan memilih alternatif keputusan dalam situasi sosial tertentu. Dalam pandangan Spranger, kepribadian manusia terbentuk dan berakar pada tatanan nilai-nilai kesejarahan (Rani, 1996:11).
  2. Horrocks, nilai adalah sesuatu yang memungkinkan individu atau kelompok sosial membuat keputusan mengenai apa yang ingin dicapai atau sebagai sesuatu yang dibutuhkan (Ali, 2010: 67).
  3. Young, nilai adalah asumsi yang abstrak dan sering tidak disadari tentang apa yang dianggap penting dalam masyarakat.
  4. Green, nilai adalah kesadaran yang secara relatif berlangsung disertai emosi terhadap objek (Srivastava, 1997:37).
  5. Darji Darmodiharjo adalah kualitas atau keadaan yang bermanfaat bagi manusia baik lahir maupun batin (Darji, 1995: 78-80).
  6. Sehingga nilai merupakan suatu ukuran/pertimbangan terhadap suatu tindakan, bentuk ataupun cara yang dianggap baik atau bahkan buruk, yang bermanfaat atau bahkan merugikan bagi orang lain.

Untuk mengetahui apa Indikator nilai-nilai Multikultural silahkan baca disini: Indikator Terlaksananya Nilai-nilai Multikultural

By: ** Wardatul Badah, S.Pd.I

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.