Teori-teori sejarah kedatangan Agama Hindu Ke Indonesia

0 697

Indonesia merupakan negara yang terdiri dari umat yang mempunyai latar belakang berbeda-beda, termasuk agama. Agama di Indonesia juga tidak kalah menariknya. Sebagaimana kita ketahui proses kedatangan enam agama yang sekarang kita akui, yakni Islam, Kristen, Katolik, Budha, Hindu dan Konghucu telah memberikan peristiwa sejarah yang sangat panjang.

Dimulai ketika masyarakat Indonesia yang sudah mempunyai agama nenek moyang sendiri yakni animisme dan dinamisme. Dengan kepercayaan tersebut, mereka yakin bahwa mereka diciptakan atas kehendak roh-roh yang tidak bisa mereka lihat. Lalu pada abad ke 4 M datang agama baru yang berasal dari negara India, yakni agama Hindu.

Beberapa sejarawan mengemukakan pada abad ke 4 tersebut, jalur perdagangan yang membentang dari Cina ke India sudah mulai ramai dikunjungi para saudagar di luar negara Indonesia, termasuk India yang pada akhirnya menyebarkan agama Hindu di Indonesia.

Teori-teori kedatangan Agama Hindu Ke Indonesia

Beberapa pendapat lain juga mengatakan, bahwa Agama Hindu datang ke Indonesia sudah sejak abad 1 M yang lalu. [1] Proses penyebaran agama hindu mempunyai beberapa versi dan pendapat yang diklasifikasikan dalam beberapa teori. Namun penulis hanya akan menjelaskan sekilas, artinya tidak terlalu detail. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Teori kesatria

Dalam teori kesatria ini, dikatakan bahwa agama hindu menyebar di Indonesia melalui kalangan kesatria atau bangsawan India, seperti yang sudah dikemukakan J.L Moens. Dengan lebih jelas J.L Moens mengatakan, pada abad ke 4-5, India tengah mengalami kekacauan politik, sehingga menyebabkan para bangsawan pergi dan mendirikan kerajan mereka negara lain, khususnya Indonesia.

  1. Teori Waisya

Dalam teori Waisya dikatakan bahwa kalangan yang menyebarkan agama Hindu berasal dari kalangan Waisya yakni pedagang. Teori ini diperkuat oleh Dr. N. J Krom. Dimana menurutnya, para pedagang India yang singgah di Indonesia ketika menunggu angin musim, mereka bermukim di Indonesia untuk sementara, sampai tidak sedikit dari mereka yang menikah. Melalui pernikahan inilah, Agama Hindu disebarkan.

  1. Teori Brahmana

Dalam teori Brahmana J.C van Leur mengatakan bahwa bahasa pertama Indonesia yang digunakan yakni bahasa Sangsekerta. Sedangkan bahasa sangkserta di India hanya terdapat dalam kitab suci, digunakan ketika upacara Hindu berlangsung dan dikuasai oleh kaum Brahmana.

  1. Teori Sudra

Dalam teori Sudra, dikatakan bahwa Agama Hindu menyebar di Indonesia melalui kalangan sudra. Orang yang memperkuat teori ini, salah satunya ialah van Feber. Dasar yang memperkuat teorinya adalah bahwa kalangan kasta sudra yang merupakan kalangan orang-orang yang sangat rendah status sosialnya. Mereka ingin memperbaiki diri mereka dengan cara bekerja di daerah-daerah lain, sehingga kemungkinan pada akhirnya mereka sampai ke Indonesia. Selain mendapat pekerjaan, kalangan Sudra juga mendapatkan kedudukan yang lebih baik daripada India.

Sumber :

[1] Abu Suai??i??ud, Asia Selatan (Semarang: UNNES Press, 2006), hlm 57-58

Komentar
Memuat...