Ternyata 6 Negara ini Larang Facebook Beroprasi di Wilayahnya

0 92

Seperti yang kita tahu, masyarakat modern sepertinya tidak pernah lepas dari yang namanya Media Social (Medsos), Setiap aktivitas dan kegiatan acap kali jadi bahan berbagi pada teman dan orang-orang yang ada di dunia maya.  Selain itu Media sosial juga menjadi sarana komunikasi yang kini banyak digandrungi oleh masyarakat seluruh dunia.

Apalagi dengan semakin merajalelanya smartphone dan mudahnya mengakses internet turut andil dalam perkembangan media sosial saat ini. Lihat saja Facebook, bahkan telah menembus jumlah pengguna hingga hampir 2 miliar orang.  Namun taukah kalian bahawa ada negara yang melarang akses media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Youtube, Negara mana saja? Yuk Cari tahu :

Negara Korea Utara

Seperti yang kita tahu, Korea Utara tumbuh menjadi negara yang cukup disegani. Tampil sebagai negara diktator Korut memilih untuk melarang masyarakatnya menggunakan jejaring sosial seperti Facebook. Tak hanya itu, negara yang di pimpin Kim Jong Un ini juga membatasi penggunaan internet pada masyarakatanya. Alasanya demi keamanan negara. Seperti yang di lansir dari berbagai sumber, Sejumlah mahasiswa pascasarjana dan profesor di Universitas Sains dan Teknologi Pyongyang dikabarkan tidak pernah menggunkaan fasilitas internetnya untuk membuka Facebook walaupun mereka memiliki akses internet khusus.

Negara Pakistan

Sejak 2010 Negara Pakistan memblokir akses ke situs web Facebook, langkah ini diambil Paksitan setelah menemukan konten yang dinilai negative bagi konsumsi masyarakatnya. Apalagi pernah terjadi kompetisi online global untuk membuat karikatur Nabi Muhammad di situs milik Mark Zuckenberg Ini.

Tak hanya Situs Facebook, Negara Pakistan juga melarang masyarakatnya menggunakan Twitter dan Youtube. Keputusan ini diambil berdasarkan kebijakan pemereintah setempat atas kemungkinan serangan dunia maya pada jaringan komputer komisi pemilihan di Negara Pakistan ini. Dengan begitu negara yang  berpenduduk 191.275.59 Jiwa ini terisolir dari yang namanya media sosial.

Negara China

Negara dengan jumlah penduduk Hampir 1,5 Milyar ini ternyata Pemerintahnya mengeluarkan larangan pada masyarakatnya menggunakan jejaring sosial Facebook, Youtube, dan Twitter. Nah, Sebagai gantinya, Pemerintah China merekomendasikan media sosial rancangannya sendiri seperti Weibo (Twitter versi China) dan Renren yang disebut mirip Facebook, untuk masyarakatnya yang ingin berselancar di media sosial.

Negara Vietnam

Pada Tahun 2009, Pemerintah Vietnam memblokir akses masyarakatnya ke Facebook. Walaupun pernah tersiar kabar, bahwa pemerintah setempat membantah dengan sengaja memblokir akses ke jejaring sosial tersebut. Namun, pada akhirnya pemerintah Vietnam melarang penduduknya untuk berbagi kabar di berbagai jejaring sosial.

Negara Bangladeh

Sama seperti Negara Pakistan, Pemerintah Bangladesh juga memprotes konten-konten negatif yang di di media sosial. Banyak media sosial yang memuat foto karikatur Nabi Muhammad di jejaring sosial seperti Facebook. Maka dari itu, Pemerintah Bangladesh memblokir akses ke media sosial milik Mark Zuckerberg ini.

Negara Kuba

Sebenarnya Facebook tidak secara resmi dilarang di negara Kuba tapi pastinya sulit untuk mengaksesnya. Hanya politisi, beberapa jurnalis dan mahasiswa kedokteran yang bisa mengakses web dari rumah mereka secara legal. Bagi orang lain satu-satunya cara untuk terhubung ke facebook secara legal adalah melalui kafe internet. Namun biaya satu jam untuk akses tak terbatas facebook antara $ 6 dan $ 10. Sedangkan gaji rata-rata masyarakat sekitar $ 20. Yang pasti untuk berselancar di situs tersebut sangat mahal.

  1. Admin berkata

    Visitor Rating: 5 Stars

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.