Bukan Kampusnya Para Aktris Saja Ternyata 7 Penulis Terkenal Ini Lulusan UI Juga

0 603

Kampus Kuning atau kampus yang punya selogan “Veritas, Probitas, Iustitia“ sangat terkenal sebagai tempat ngampusnya para actor dan aktris papan atas Indonesia. Ya itu memang benar, temapat kuliah Mahasiswa ber-JAS KUNING ini memang salah satu kampus terbaik di negri ini.

Sudah ketebak tentunya, yupz..  Universitas Indonesia (UI). Kampus yang didirikan sejak tahun 1849 ini, telah berkontribusi besar terhadap bangsa Indonesia, dengan menghasilkan sederet lulusan yang kini berada di jajaran elit politik, ekonomi hingga jajaran akademisi di Indonesia. Bukan Hanya terkenal Dengan Kampusnya Para Aktris dan para elit negara saja, UI Juga ternyata telah melahirkan Penulis Terkenal Di Indonesia. Siapa saja? berikut ini 10 Penulis Terkenal Di Indonesia jebolan Universitas Indonesia:

Aqil Barraq Badruddin Seman Said Harun (Andrea Hirata)

Siapa yang gak kenal dengan penulis ini? Rambut ikal yang menjadi ciri khasnya, merupakan penulis sukses yang menjadi tokoh utama di novel “Trilogi : Laskar Pelangi”. Ternyata gelar sarjana Ekonomi beliau di dapat di kampus ini loh. Bukan hanya itu, Andrea Hirata juga terkenal dengan prestasinya, setelah lulus kuliah Di UI, dia mendapatkan beasiswa Uni Eropa untuk berkuliah di Université de Paris, Sorbonne, Perancis dan Sheffield Hallam University, United Kingdom. Nah, kabarnya bahwa tesis dari Andrea Hirata ini merupakan buku teori ekonomi telekomunikasi pertama yang ditulis oleh orang Indonesia dan  selalu dijadikan referensi ilmiah, gimna keren kan?

Dika Angkasaputra Moerwani (Raditya Dika)

Dika Angkasaputra Moerwani  atau yang terkenal dengan naman Raditya Dika ini salah satu penulis muda terbaik negri ini, di kalangan penulis-penulis muda Indonesia nama Raditia Dika memang selalu di perhitungkan. Namanya melejit ketika buku pertamanya yang fenomenal yang berjudul “Kambing Jantan: Sebuah Catatan Pelajar Bodoh” menjadi Bestsaler.

Namun, seperti seniornya Andrea Hirata, ternyata Raditya Dika juga lulusan Universitas Indonesia dengan mengambil jurusan Jurusan Ilmu Politik di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia. Setelah menempuh pendidikan sarjana di Adelaide, Australia, Dika melanjutkan kuliath mengambil magister di Ilmu Politik dan konsenstrasi Politik Indonesia di UI.

Darwis Tere Liye (Tere Liye)

Tere Liye lahir di Sumatera Selatan, Indonesia, 21 Mei 1979. Dikenal sebagai penulis novel. Beberapa karya Darwis Tere Liye diangkat ke layar kaca seperti Hafalan Shalat Delisa dan Moga Bunda Disayang Allah. Meskipun dia bisa meraih keberhasilan dalam dunia literasi Indonesia, kegiatan menulis cerita sekedar menjadi hobinya saja karena setiap hari harus bekerja di kantor sebagai seorang akuntan. Tere Liye ini merupakan salah satu alumnus Fakultas Ekonomi jurusan Akuntansi Universitas Indonesia.

Helvy Tiana Rosa

Penulis terkenal lulusan UI Kampus Kuning Ternyata 7 Penulis Terkenal Ini Jebolan Universitas Indonesia, Lulusan Universitas Indonesia

Nama Helvy Tiana Rosa memang tidak asing lagi di telinga para pembaca, Salah satu penulis yang merupakan lulusan kampus kuning ini ialah  Kakak dari penulis Asma Nadia. Alumnus dari jurusan Sastra Asia Barat, Fakultas Sastra Universitas Indonesia ini telah banyak menghasilkan karya-karya yang sangat luarbiasa. Helvy Tiana Rosa memenangi berbagai perlombaan menulis yang diadakan di tingkat fakultas maupun tingkat universitas tak ayal sederet penghargaan atas namanya sangat banyak. Selain itu, Helvy Tiana Rosa  ini juga masuk ke dalam 33 tokoh sastra paling berpengaruh di Indonesia.

Bapak Rhenald Kasali

Penulis terkenal lulusan UI Kampus Kuning Ternyata 7 Penulis Terkenal Ini Jebolan Universitas Indonesia, Lulusan Universitas Indonesia

Rhenald Kasali adalah dosen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia dan Ketua Program Pascasarjana Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi universitas tersebut. Selain bergerak sebagai akademisi, pria bergelar Ph. D. dari University of Illinois ini juga produktif menulis. Buku-buku yang ditulisnya selalu menjadi perhatian kalangan bisnis dan dikoleksi oleh banyak dan hampir semua bukunya menjadi best seller.

Buku-buku yang ditulis oleh beliau salah satunya adalah buku “Recode Your Change DNA” yang fenomenal dan sering sekali dijadikan referensi artikel-artikel motivasi. Beliau benar-benar sangat menginspirasi pemuda Indonesia, apalagi beliau mendirikan Yayasan Rumah Perubahan yang membawa misi perubahan bagi Bangsa Indonesia.

Soe Hok Gie

Soe Hok Gie Tak Pernah Mati, Berbahagialah Dalam Ketiadaanmu "Gie"

Soe Hok Gie yang lahir di Jakarta, 17 Desember 1942  dan meninggal di Gunung Semeru pada tanggal 16 Desember 1969 saat berusia 26 tahun. Beliau adalah seorang aktivis Indonesia Tionghoa yang gigih menentang kediktatoran berturut-turut dari Presiden Soekarno dan Soeharto. Ia adalah mahasiswa Fakultas Sastra Universitas Indonesia Jurusan Sejarah tahun 1962–1969. Ia dikenal dengan tulisan-tulisannya di media massa. Ada sekitar 35 karyanya yang pernah ia tulis, dan kini sudah dibukukan seperti “Zaman Peralihan”. Tulisan-tulisan Soe Hok Gie pada buku hariannya, kemudian dibukukan juga menjadi sebuah buku yang berjudul “Catatan Seorang Demonstran”. Gie juga salah satu pendiri Mapala UI.

Oki Setiana Dewi

Penulis terkenal lulusan UI Kampus Kuning Ternyata 7 Penulis Terkenal Ini Jebolan Universitas Indonesia, Lulusan Universitas Indonesia

Oki Setiana Dewi kelahiran Batam, Kepulauan Riau, 13 Januari 1989 adalah seorang pemeran Indonesia yang memerankan tokoh Anna dalam film Ketika Cinta Bertasbih. Oki lahir dari pasangan berdarah Jawa-Palembang, Suliyanto dan Yunifah Lismawati. Sejak usia 16 tahun, Oki telah merantau ke Jawa dan menetap di Depok. Alumni SMA Negeri 1 Depok ini kemudian kuliah di Universitas Indonesia jurusan Sastra Belanda pada tahun 2007 dan lulus pada 2012.

Oki sempat bermain di beberapa FTV sebelum akhirnya memutuskan untuk berjilbab pada tahun 2005. Kariernya di dunia seni peran sempat terhenti, sebelum akhirnya memerankan karakter utama perempuan dalam cerita Ketika Cinta Bertasbih. Memulai debut menulisnya saat menulis buku yang berjudul “Melukis Pelangi” dan kemudian ia melanjutkan buku yang berjudul “Sejuta Pelangi”. Sosok perempuan yang konon katanya banyak diidamkan remaja ABG ini, dulunya berkuliah di Universitas Indonesia dengan mengambil jurusan Sastra Belanda.

Yang sedikit menggelitik, dari banyaknya penulis jebolan UI ini latar belakang jurusannya kadang tak sesuai dengan hasil karyanya. misalnya seperti Andrea Hirata, Raditya Dika yang bukan jebolan sastra atau bahsa namun mampu menghasilkan novel-novel terbaik Indonesia. Nahh Gimana jadi yuk muai nulis, dan abaikan basic kamu. [aL]/Dari Berbagai Sumber

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.