Ternyata Ada Kandungan Tersembunyi dari Lidah Buaya, Mau Tau?

0 143

Khasiat Lidah Buaya – Lidah buaya yang merupakan sebutan nama daerah yang mempunyai nama latin yaitu Aloe vera (L.). secara morfologi atau bagian luar nya, tumbuhan ini merupakan herbal dengan ukuran batang yang cukup pendek. Daunnya berbentuk runcing seperti taji, cukup tebal, getas dan bagian tepi daun tersebut bergeri atau mempunyai duru dengan ukuran yang kecil serta daiatas permukaan nya terdapat bintik-bintik berwarna putih. Bunganya bertangkai dengan warna kuning kemerahan atau disebut jingga.

Tumbuhan ini sudah dikatakan tidak asing lagi. Seperti di Desa contoh nya tumbuhan ini banyak ditemukan didepan rumah, dan dijadikan tumbuhan hiasan oleh pemiliknya . Penulis bisa mengetahuinya karena tanaman ini selain merupakan tanaman yang tidak membutuhkan tanah yang cukup luas untuk tumbuh, Lidah Buaya juga salah satu tumbuhan yang bagus untuk dijadikan sebagai tanaman hiasan rumah. Biasanya tumbuhan ini ditanam di polybag, pada ember-ember yang sudah tidak digunakan kemudian dimanfaatkan, pada alat-alat yang sudah tidak digunakan lagi atau pada pot bunga.

Orang di desa kadang menggunakan daun tumbuhan ini sebagai “menghitamkan rambut dan ada juga sebagian yang menggunakan nya sebagai perawatan wajah (masker), karena ketika tumbuhan ini di kelupas kemudian ditempelkan pada permukaan wajah akan terasa senasasi dingin nya.

Perkembangan tekhnologi yang semakin canggi sehingga penulis bisa tahu bahwa khasiat lidah buaya bukan hanya sekedar menghitamkan rambut dan masker wajah saja, akan tetapi khasiat Lidah Buaya dalam dunia kesehatan pun sudah ditemukan.

Dimana bagian yang dimanfaatkan nya yaitu bagian daun nya. Kandungan yang terdapat didalam daun tersebut yaitu enzim, asam amino, mineral, polisakarida, serta semua jenis vitamin kecuali vitamin D. Pemanfaatan nya yaitu sebagai penyubur rambut, luka bakar, bisul, kencing manis, batuk rejan, dan yang terakhir yaitu obat sembelit.

Adapun cara penggunaan yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Obat penyubur rambut, cukup dengan cara menguliti bagian dalam daun lidah buaya kemudian bisa langsung digosokkan ke kulit kepala
  2. Obat luka bakar atau tersiram air panas, dengan cara menguliti bagian dalam daun lidah buaya kemudian bisa langsung ditempelkan pada permukaan kulit yang terkena luka bakar tersebut.
  3. Obat bisul, caranya yaitu dengan mengambil daun lidah buaya yang segar kemudian dihaluskan dan ditamabah sedikit garam. Setelah selesai, tempelkan pada bisul.
  4. Obat kencing manis, dengan cara memotong lidah buaya sebanyak yang dibutuhkan kemudian direbus. Seteah selesai direbus, kemudian diminum setelah makan.
  5. Obat batuk rejan cukup dengan mengambil daun lidah buaya kurang lebih 15-18 cm kemudian direbus dan ditambahkan gula.

Semoga apa yang kita tuangkan dalam tulisan, bisa bermanfaat khusus nya yang penulis tulis bisa bermanfaat bagi umat bagi kesehatan. Aamiin

Tetap jaga kesehatan agar bisa melakukan kegiatan!

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.