Lama Diabaikan Ilmuan Ternyata Mesenterium Organ Baru Pada Tubuh Manusia

2 160

Mesentery (Mesenterium). Pernah mendengar organ tubuh kita yang satu ini? Dari ribuan penelitian pada organ tubuh manusia yang ada di dunia, organ yang satu ini sering di lewatkan para peneliti karena dianggap tidak terlalu penting. Jika Sebelumnya, organ ini disebut sebagai sejumlah fragmen dalam bagian sistem pencernaan. Namun, akhirnya para ilmuwan menyadari fakta lain bahwa mesenterium adalah organ yang berkelanjutan. Meskipun hingga saat ini belum jelas apa fungsi dari organ tersebut.

Mesenterium Organ Baru Manusia

Penelitian tersebut di lakukan oleh University Hospital Limerick, di tenggarain oleh Ilmuan J Calvin Coffey. Perlu di ketahui juga, penemuan organ baru ini membuka seluruh area baru ilmu pengetahuan dan menambah daftar organ tubuh yang di miliki manusia menjadi 79 organ.

Mesenterium Organ Baru Manusia
Pengembangan Fugsi Mesenterium terus di lakukan oleh para Ilmuan

Selama empat tahun terakhir, mereka mengumpulkan bukti lebih lengkap bahwa mesentery memang bisa dianggap sebagai organ utuh dan jurnal medis yang terbaru telah membuat informasi tersebut secara resmi. Walaupun hal ini tidak mengubah struktur dari organ kecil yang selalu berada di dalam tubuh kita selama ini, dengan adanya reklasifikasi akan melahirkan bidang baru di sains medis yang bisa meningkatkan penanganan kesehatan kita.

Bukti dari reklasifikasi organ ini dipublikasikan dan di jelaskan oleh The Lancet Gastroenterology & Hepatology. Semua ini ialah hasil dari penelitian terbaru, akhirnya sejak beberapa tahun yang lalu mulai diajarkan dan disebarluaskan kepada pelajar medis di Irlandia. Mereka mengakui bahwa Mesenterium (mesentery) adalah organ tubuh manusia yang konkrit. Hal tersebut juga diakui buku diktat medis terbaik dunia  seperti Gray’s Anatomy, dan telah memperbaharui informasinya mengenai organ tersebut lengkap berserta definisinya.

Fungsi Mesenterium Yang Belum Terpecahkan

Walaupun sekarang kita mengetahui tentang struktur organ baru ini, fungsi sesungguhnya masih perlu banyak digali dan dipelajari. Sudah bukan rahasia lagi jika organ ini merupakan peritoneum (lapisan rongga perut) yang dilipat ganda peranannya sebagai pemegang usus untuk direkatkan dinding perut. Mesenterium sendirilah yang menjaga usus tetap melekat di dinding perut. Hal serupa juga di jelaskan oleh polymath Italia, Leonardo da Vinci pada 1508, tetapi telah diabaikan selama berabad-abad, hingga sekarang.

Fungsi Mesenterium Yang Belum Terpecahkan
Fungsi Mesenterium Yang Belum Terpecahkan

J Calvin Coffey sendiri mengatakan bahwa ketika kita menganggap Mesentery sebagai organ, maka kita dapat mengidentifikasi penyakit sekitar perut dengan mempertimbangkan organ ini juga.  Jika sebelumnya kita tidak memandang ini penting karena kita anggap tidak ada. Itu artinya para pelajar medis dan para peneliti saat ini akan  terus menginvestigasi fungsinya seperti apa secara detail dan mendasar. Apa saja penyakit yang bisa disebabkan oleh mesentery ini?. Pemahaman tersebut harapannya bisa membawa kepenanganan yang lebih tepat. Misalnya pasien yang selama ini mengaku nyeri di perut tapi ternyata semua organ di perutnya baik-baik saja.

Terkait dengan fungsi organ ini lebih lanjut, Menurut Coffey langkah selanjutnya yang perlu diambil adalah mengetahui seluruh fungsi konkritnya. Karena ketika kita mengetahui fungsi normalnya, maka kita akan mampu mengetahui jika ada kendala dalam Organ ini. Baru setelah semua lengkap, akan muncul keilmuan baru yaitu sains mesenterik. Penelitian yang di lakukan ini membuktikan bahwa sudah secanggih apapun dunia sains saat ini, akan selalu ada lebih banyak lagi yang bisa dipelajari dan kita ditemukan, bahkan di dalam tubuh kita sendiri sekalipun.[aL/Dari Berbagai Sumber]

  1. Mr. Sword berkata

    Eng ing eng. Ane muncul. Sungguh menarik banget ternyata ilmuwan terkadang sering melewatkan sesuatu yang kecil dan dianggap tidak penting. Ya gitulah, terkadang sesuatu yang kecil itu akan menjadi sesuatu yang diperhatikan suatu saat nanti 🙂

    1. lyceum
      lyceum berkata

      betul gan, !!
      terimakasih atas kunjungan dan komentarnya!

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.