Take a fresh look at your lifestyle.

Tidur Cukup Merupakan Kunci Kesuksesan

0 19

Salah satu kunci kesuksesan dari COO Facebook, Sheryl Sandberg. Dan juga Pemimpin Huffington Post, Arianna Huffington adalah dengan tidur cukup. Kedua wanita sukses ini menghadiri sebuah event dialog tentang pentingnya persamaan gender dalam perusahaan di Amerika.

Selama sesi dialog yang telah disponsori oleh Commonwealth Club San Fransisco, Sandberg dan Huffington memberikan wawasan baru tentang kesuksesan. Dan alasan keharusan orang-orang harus meluangkan banyak waktu untuk merelaksasi tubuhnya, salah satu caranya dengan tidur.

Huffington mengatakan bahwa ruang sosial sekarang menekankan pada kekayaan dan juga kekuatan sebagai definisi karakter kesuksesan. Dan hal itulah yang perlahan pasti akan membunuh mereka. Selama proses diskusi yang dimoderasi oleh Sandberg, satu hal yang terus disebut oleh mereka ini adalah betapa pentingnya cukup tidur. Dalam dialog yang santai tersebut keduanya juga menekankan bahaya kerja yang berlebihan dan mengakibatkan kelelahan.

“Bertahun-tahun saya memikirkan bahwa saya akan menyelesaikan berbagai banyak hal dengan sedikit tidur,” kata Sandberg seperti dikutip Mashable. Ia pun mengatakan bahwa apa yang dikatakan Huffington kini sudah ia lakoni.

Sandberg mengakui bahwa setiap hari ia berusaha untuk tidak hanya mendapatkan cukup tidur, tetapi juga meluangkan waktu setidaknya lima menit sehari untuk bermeditasi meskipun hal tersebut sulit dilakukan.

Terbukti Secara Ilmiah

Pernyataan Sandberg dan Huffington ini ternyata terbukti secara ilmiah. Hasil penelitian yang telah dirilis dalam jurnal SLEEP menunjukkan bahwa sesorang yang kurang tidur satu malam berkaitan dengan tanda-tanda kehilangan jaringan otak.

Kehilangan jaringan otak ini berdampak juga terhadap area otak yang berperan dalam pengambilan keputusan dan hasil. Akibatnya, orang yang mengalami kekurangan tidur tidak akan dapat fokus dan berpikir jernih.

Sebelumnya juga, ada pula penelitian dari Universitas Surrey yang menemukan bahwa seseorang dengan kondisi kurang tidur dapat berdampak juga pada gen. Belum jelas peran gen seperti apa yang akan terkena dampak, tapi kurang tidur dalam waktu seminggu yang berkorelasi dengan perubahan lebih dari 700 gen.

Seorang pakar tidur, Dr. Lisa Shives juga mengatakan bahwa tujuh sampai dengan delapan jam adalah komponen kritikal kesuksesan bisnis seorang pengusaha. Hal ini jelas karena tidur mempengaruhi fungsi penting tubuh, yaitu wilayah otak yang bertanggung jawab dalam pengambilan keputusan, memori, kreativitas, dan kecepatan merespon.

Tidur memang merupakan salah satu kunci kesuksesan, namun jangan sampai berlebihan. Tujuh hingga delapan jam tidur sehari sudah cukup untuk menyegarkan kembali otak kita. Nah, sudahkah Anda mendapatkan tidur cukup? (dhirga)

(Sheryl Sandberg) (Arianna Huffington)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar