Tips Agar Tetap Sehat Ketika Bekerja

0 10

Setelah libur panjang saatnya memulai minggu baru dengan bekerja giat! Tapi saking giatnya bekerja, jangan sampai mengabaikan kesehatan. Kebiasaan kerja seperti terlalu lama duduk di depan komputer, ngemil di atas meja kerja, dan lainnya juga bisa memberikan andil dalam masalah kesehatan seperti sakit punggung, sakit mata, atau penyakit lainnya.

Untuk menghindari penyakit akibat kebiasaan kerja yang buruk tidak harus dengan cara yang sulit. Berikut adalah beberapa langkah mudah yang bisa Anda lakukan agar tetap sehat saat bekerja, seperti dilansir oleh Mag for Women.

Istirahat sejenak

Jika pekerjaan Anda adalah berada di depan komputer dan duduk selama berjam-jam, pastikan Anda meluangkan sedikit waktu untuk istirahat dan menjauh dari kursi dan juga komputer. Anda bisa ke kamar mandi, berjalan ke pantry untuk minum atau lainnya. Beristirahat sejenak bisa menyegarkan mata Anda dan mengurangi kemungkinan Anda mengalami postur tubuh buruk karena terlalu banyak duduk.

Hindari ngemil tak sehat

Salah satu kebiasaan buruk lain ketika bekerja adalah ngemil makanan yang tak sehat. Ketika bekerja, Anda tak akan sadar berapa banyak makanan yang dikonsumsi. Ini dapat mengganggu kesehatan sekaligus meningkatkan berat badan. Jika Anda suka ngemil, pastikan bawa cemilan sehat seperti stik wortel atau salad buah.

Minum banyak air

Sangat penting untuk minum banyak air ketika bekerja, terutama jika pekerjaan Anda hanya duduk seharian di komputer. Ketika terlalu banyak duduk, tubuh membutuhkan lebih banyak air. Begitu juga jika Anda bekerja dalam ruangan ber-AC. Minum banyak air akan melancarkan kinerja tubuh serta menjaga kesehatan ginjal.

Olahraga kecil

Anda mungkin tak bisa olahraga berat ketika di kantor, namun Anda bisa melakukan olahraga kecil seperti peregangan tubuh atau berjalan-jalan. Jika di kantor ada ruangan khusus yang tertutup Anda juga bisa melakukan yoga. Langkah ini mungkin terlihat kecil, namun Anda akan merasakan manfaatnya yang besar jika melakukannya secara rutin.

Hindari kopi

Kopi adalah salah satu sahabat para pekerja, terutama jika lembur. Kopi memang dapat memberikan energi instan. Namun di balik itu, terlalu banyak minum kopi juga bisa menyebabkan ketergantungan karena kafein di dalamnya. Jika Anda ingin tetap sehat dan bugar, hindari minum kopi saat bekerja.

Beristirahat dari monitor

Mata menunjukkan keadaan kesehatan Anda. Jika Anda terlalu banyak menggunakan komputer setiap hari, sebaiknya luangkan waktu untuk menjauhkan diri dari layar monitor. Jangan mengucek mata, lebih baik segarkan mata dengan melihat benda-benda hijau yang asri di sekitar Anda.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.