Take a fresh look at your lifestyle.

Tips Bagi Kalian Yang Punya Rencana Melanjutkan Studi ke Luar Negeri

0 46

Saat ini, melanjutkan studi ke luar negeri bukanlah hal yang sulit lagi. Eropa, Amerika, Jepang, hingga negeri Jiran jadi tujuan menarik untuk melanjutkan studi. banyak pemuda – pemudi Indonesia yang melanjutkan studinya ke luar negri demi gelar S1 atau S2 mereka.

Tapi, apa yang harus dipersiapkan bagi pemuda – pemudi indonesia yang akan studi di luar negeri? berikut beberapa tips bagi kalian yang mempunyai rencana melanjutkan studinya di luar negeri.

1. Membiasakan kedisiplinan dengan datang ke tempat kuliahan tepat waktu

Disiplin merupakan hal pertama yang harus kalian perhatikan. Ingat, menjalani pendidikan di luar negeri itu bukan hal yang gampang. Kalian benar-benar harus serius mengikuti seluruh aturan di tempat kalian sekolah ataupun kuliah, khususnya aturan yang menyangkut waktu dan kedisiplinan.

Jika kalian mempunyai kebiasaan telat masuk sekolah atau kuliah di Indonesia, sebaiknya dari sekarang kalian coba hentikan, karena disana kalian tidak akan diberikan toleransi apapun, walaupun beberapa alasan kalian lontarkan dengan harapan kesalahan dari keterlambatan kalian masuk kekelas akan terbayar lunas.

Jadi jika sewaktu-waktu kemungkinan kalian akan terlambat ketika masuk pembelajaran, sebaiknya kalian memilih tidak masuk pembelajaran sekaligus. Tetapi, dengan catatan ada keterangan jelas kenapa kalian tidak masuk pembelajaran kepada dosen kalian. Setelah itu, kalian harus menemuinya dan meminta maaf.

2. Jangan membuat keributan sekecil apapun

Ketika kalian sedang belajar, jangan pernah kalian membuat keributan sekecil apapun itu. Walaupun itu hanya sekedar mengetuk-ngetuk meja belajar dengan tangan atau apapun yang akan menyebabkan dosen dan teman kalian terganggu, termasuk bunyi handphone. Anggap semua bunyi yang dihasilkan dari ulah kalian itu adalah haram.

3. Jangan ngerumpi atau ngobrol

Semua orang di Indonesia pasti mempunyai kebiasaan buruk seperti ini. Nah, jika kalian sekolah di luar negeri, jangan sampai deh kalian ngerumpi atau ngobrol apalagi bergerombol di lingkungan sekolahan kalian. Apalagi jika kalian ngobrol saat pelajaran sedang berlangsung. Bisa-bisa kalian di keluarkan dari waktu itu juga dan tidak mungkin ada kata maaf lagi bagi kalian.

4. Memilih dan memilah teman

Sebagaimana kita ketahui bahwa budaya orang-orang luar negeri terutama Barat itu kurang cocok dan baik bagi orang-orang yang menganut budaya ketimuran seperti kita. Oleh sebab itu, kalian harus pintar-pintar memilih dan memilah teman. Jangan sampai kalian malah terhanyut dan menikmati budaya Barat tersebut. Kalo sewaktu-waktu kalian diajak mereka untuk menikmati sebagian kecil budaya mereka seperi pergi ke club atau minum bir, carilah alasan yang pantas untuk menolaknya. Misalnya dengan alasan kalian harus mengerjakan tugas atau apapun yang masuk akal.

5. Tidak pantang menyerah

Ketika kalian sekolah atau kuliah di luar negeri, pasti kalian akan menemukan beberapa masalah dari mulai penyesuaian diri  yang sulit kalian nikmati dengan lingkungan baru kalian dan beban tugas kalian akan semakin berat. Oleh karena itu, kalian jangan pernah pantang menyerah, terus berusaha dan belajar. Jangan pernah lupakan perjuangan-perjuangan awal kalian ketika pertama kali kalian masuk ke tempat kuliahan kalian dan jangan pernah kalian lupakan tujuan kalian.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar