Tips Agar Batu Alam Selalu Tampil Memukau

0 49

Keberadaan batu alam dirumah sanggup membuat hunian cantik dan memberi kesan alami. Tak heran, jika banyak yang mengaplikasikan batu alam di rumah. Ada yang menerapkannya di interior, namun banyak juga yang mengaplikasikannya di eksterior, khususnya di area taman.

Hanya saja, dibandingkan dengan di interior, batu lebih mudah terserang jamur, lumut, dan kotor jika diaplikasikan di eksterior. Ini dikarenakan batu langsung bersentuhan dengan ruangan terbuka dan cuaca yang ekstrim.

Ya, hujan dan panas dapat membuat batu alam berubah warna, berlumut, dan berjamur. Di sisi lainnya, karakteristik batu yang berpori membuat material ini kian rentan dihinggapi jamur, lumut, dan debu.

Jika hal ini terjadi pada batu alam anda, dipastikan keindahannya akan membuat rumah terkesan jorok dan tak terawat. Untuk menghindari hal itu, lindungi batu agar tampilannya tetap cantik dan menarik.

Untuk itu, jika anda berniat mengaplikasikan batu alam di dinding rumah, anda wajib memberi lapisan pelindung khusus batu alam. Salah satu cat yang dapat anda gunakan adalah dengan memberikan cat pelapis batu, seperti cat Attaboy Natural Stone Protector atau Sikagard-700S ID.

Cat pelapis batu ini bisa melindungi batu anda dari jamur, kotoran, dan lumut. Bahkan, cat pelapis batu ini mampu melindungi batu dari hujan, dan panas. Yang perlu anda perhatikan adalah setelah batu alam selesai terpasang di dinding atau media lainnya, anda harus segera mengecatnya.

Teknik Dan Tahapan Pengecatan

Pengecatan dilakukan sebanyak dua kali dengan teknik mengayam. Pengecatan pertama dilakukan dengan cara mendatar dan pengecatan kedua dilakukan secara vertical. Jarak dari pengecatan pertama ke pengecatan ke dua sebaiknya ada jeda waktu 30 menit, karena cat sudah kering sentuh.

Setelah pengecatan kedua, biarkan cat ini mengering sempurna. Waktu keringnya adalah 8 jam. Artinya, selama jangka waktu 8 jam cat ini tidak boleh terkena air hujan dan sebaiknya tidak terpapar sinar matahari langsung.

Cat ini hadir dalam beberapa variasi, ada yang transparan dan solid (hitam). Selain itu, efeknya pun ada yang mengilap dan tidak. Tinggal anda sesuaikan saja dengan kebutuhan. Jika anda ingin tampilan batu alam sealami mungkin, anda bisa memilih cat yang transparan dan efek tidak mengilap.

Yang menarik, perawatannya cukup mudah. Jika ada debu yang menempel di dinding batu, anda bisa mengelapnya dengan kain basah dan kotoran pun langsung hilang. Debu ini tidak akan masuk kedalam pori-pori batu karena pori-porinya sudah terisi cat pelindung batu alam. Agar tetap terjaga, anda wajib mengecat ulang per 3 tahun sekali.

Yuk, lindungi batu alam dirumah anda agar tampilannya tetap terlihat cantik, bebas lumut, dan tak mudah dihinggapi debu. (dhirga)

Komentar
Memuat...