Tips bertahan hidup bagi anak kos yang sedang merantau

ilustrasi
0 273

Apakah kalian termasuk anak kos yang sering terlambat menerima uang bulanan dari orangtua. Sehingga kalian kewalahan memenuhi kehidupan sehari-hari kalian di perantauan tidak sih?. Jangan khawatir kali ini, penulis akan memberikan tips bertahan hidup bagi anak kos yang sedang merantau.

1. Berbuat baik dan jujur

Pernah tidak sih, kalian mendengar pepatah tentang “siapapun yang menanam kebaikan pasti akan membuahkan kebaikan juga”. Benar, ketika kalian memberikan kebaikan kepada orang lain. Lalu dikemudian, kalian membutuhkan sesuatu, percayalah kalian akan mudah memperoleh kebutuhan kalian dengan apapun caranya.

Tapi jangan sampai, kalian berbuat baik hanya karena ingin memperoleh kebaikan dari orang lain saja ya.

Kedua adalah jujur. Percayalah perbuatan jujur kepada siapapun itu sangat mulia. Menurut penulis dari kejujuran kalian bisa dengan mudah mendapatkan teman yang jujur dan tulus. Jika kalian sudah mempunyai teman yang jujur dan tulus, dijamin hidup kalian juga akan mudah. Tidak akan ada lagi alasan, kalian menghadapi kesulitan-kesulitan dengan beban fikiran yang sangat berat.

2. Dekatkan diri kepada sang maha pencipta

Tidak seperti makhluk ciptaan-Nya, Allah sangat senang dengan orang-orang yang selalu berdoa dan meminta kepada-Nya. Dengan berdoa, kita akan terasa begitu dekat dengan Allah dan apapun yang ingin kita minta pasti akan dikabulkan. Oleh karena itu, kalian jangan pernah berhenti berdoa ya. Jangan hanya berdoa, perbuatan-perbuatan yang dilarang juga harus segera kalian tinggalkan dan perbanyak ibadah-ibadah lainnya.

3. Puasa sunnah

Niatkan dalam hati berpuasa sunah setiap hari senin dan kamis untuk mendekatkan diri kepada sang pencipta. Selain itu, puasa juga bisa mengurangi pengeluaran kebutuhan kalian.

Mentang-mentang bukan puasa wajib, yang bisa sewaktu-saktu kalian batalkan, sampai kalianpun tidak menganggap penting shahur untuk puasa sunnah. Jangan seperti itu lho, karena hal ini bisa menyangkut dengan kesehatan lambung kalian.

Kalo satu atau dua kali kalian puasa tanpa shahur sih boleh. Selebihnya jangan pernah kalian coba-coba untuk melakukannya ya. Walaupun belum ada khasus yang penulis dengar tentang orang meninggal gara-gara puasa. Tapi sebaiknya kalian mengatasi sebelum khasus itu kalian dengar.

4. Memanage kebutuhan

Ketika kalian mendapatkan uang bulanan dari orangtua kalian, jangan pernah kalian gunakan dengan boros ya. Tahan dulu keinginan-keinginan kalian yang tidak begitu penting. Jika tidak seperti itu, bisa-bisa uang kiriman bulanan kalian langsung habis dalam satu kali belanja. Kalo sudah seperti itu, kalian nanti makan gimana?.

Maka kalian harus tahu hal pertama yang mesti dilakukan ketika menerima uang bulanan dari orang tua kalian. Tidak lain adalah membeli kebutuhan primer kalian, seperti beras dan sebagainya. Lalu uang lebihnya harus dijaga dengan baik-baik. Jika kalian masih khawatir tidak bisa mengatur uang kalian, kalian bisa titipkan sama teman kalian yang bisa diandalkan.

Komentar
Memuat...