Tips Bisnis Kuliner di Dunia Maya

0 7

Banyak produk makanan yang telah menjadi hit, diperbicangkan berbagai orang dengan hanya bermodalkan kepintaran serta memanfaatkan media sosial. Berawal dari dunia maya, berbagai macam produk makanan tersebut kemudian juga terkenal di media offline. Bila Anda memiliki minat di bidang kuliner dan berkeinginan mengembangkan bisnis kuliner tersebut, Anda dapat mengikuti jejaknya.

6 Tips Sederhana Bidang Kuliner

Mungkin beberapa tips ini dapat membantu Anda menekuni bisnis kuliner via online atau dunia maya.

  1. Hal utama dan pertama yang harus dipikirkan adalah bagaimana makanan yang Anda tawarkan harus terlihat menarik secara visual. Memang, menarik secara visual takkan menjadi jaminan bahwa makanan tersebut memiliki rasa yang lezat. Namun setidaknya tampilan yang menarik akan membuat orang merasa penasaran dan akan menggugah selera makan mereka.
  2. Tentukan satu saja menu andalan dari produk makanan Anda. Buatlah semenarik mungkin untuk difoto, jika perlu tambahkan aksesori cantik di sekelilingnya. Intinya, tampilkan produk bestseller dan produk-produk terbaru Anda dengan mencolok.
  3. Karena penjualan melalui online membuat calon konsumen tidak dapat mencicipinya, maka Anda perlu mencantumkan deskripsi detail setiap menu makanan. Mulai dari bahan dasar dan cita rasanya, sehingga pengunjung toko Anda dapat mengira-ngira rasanya. Selipkan juga kata-kata yang menggoda di dalamnya. Ini akan membuat siapa pun yang membacanya menikmati rasa makanan itu dan tak sabar untuk mencobanya. Agar lebih meyakinkan konsumen, cantumkan juga testimoni beberapa konsumen yang telah mencicipinya. Jika belum punya pelanggan, teman-teman dapat dikerahkan untuk memberikan testimoni.
  4. Tak berbeda dengan bisnis online yang lain, manfaatkan media sosial yang sedang hits saat ini. Anda dapat membuka toko online dari blog yang gratis atau langsung membuat website dengan domain khusus. Buatlah desain toko online Anda semenarik mungkin dan sesuai dengan image makanan yang akan dijual.
  5. Untuk pemasarannya, manfaatkan jejaring sosial lain seperti Facebook dan Twitter. Upload foto-foto makanan, lalu tag ke beberapa teman dan kerabat Anda. Ingat tak semua orang senang dihujani dengan tagging foto berulang kali. Usahakan melakukannya pada orang yang berbeda. Anda bisa memulainya dari sahabat-sahabat terdekat.
  6. Selain Facebook, Anda dapat manfaatkan Twitter. Buat akun Twitter khusus dengan nama toko online atau produk makanan yang Anda jual. Lakukan perkenalan dengan tweet tentang produk makanan tersebut, akan lebih seru jika Anda menyertakan twitpic foto makanannya. Belum ada follower? Mulailah dengan following akun orang lain lebih dulu. Dengan begitu mereka akan mulai melirik akun Twitter Anda. Selain itu, Anda juga dapat me-Re Tweet promo dari akun toko online Anda dari akun pribadi sehingga follower Anda akan membacanya. Ingin cara lebih cepat? Follow seleb tweet atau figur di bidang kuliner dan tawarkan tester produk pada mereka. Jika puas, mereka akan membahasnya di akun Twitter-nya. (dhirga)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.