Inspirasi Tanpa Batas

Tips dan Trik Latihan Dribling Bola dengan Baik

0 31

Konten Sponsor

Sepakbola

Sepakbola merupakan salah satu olahraga yang sangat populer di dunia. Hal ini sangat berpengaruh terhadap berkembangnya sebuah sekolah sepak bola atau SSB. Dalam sekolah sepakbola biasanya memberikan pelatihan bagaimana seorang pemain memiliki kualitas fisik dan tekhnik yang baik. Contoh salah satu program latihan SSB adalah dribling, passing, controlling dll.

Para pemain sepakbola dunia sudah pasti memiliki kemampuan dribling bola yang baik. Salah satu pemain sepakbola dengan kemampuan dribling baik adalah Lionel Messi. Pemain kelahiran argentina ini sering merepotkan pertahanan lawan dengan kemampuan drible yang baik..

Dalam dunia sepakbola dribling merupakan salah satu teknik menggiring bola dengan kaki, teknik ini mutlak harus dimiliki para pemain profesional. Selain teknik dribling, pemain juga harus memiliki kekuatan fisik yang baik. Nah, kali ini saya akan memaparkan bagaimana cara memiliki kemampuan dribling yang baik.

5 Latihan Dribling Bola

  1. Latihan kelincahan pada kaki, latihan ini misalnya dengan melakukan lari-lari pendek dan melewati beberapa cone. Latihan ini sangat berpengaruh terhadap kekuatan engkle kaki. Sebab, kekuatan engkle akan mempengaruhi kemampuan drible yang baik.
  2. Melatih keseimbangan tubuh atau disebut juga body balance, merupakan salah satu syarat agar pemain memiliki kemampuan drible yang baik. Jika kalian sudah mampu menyeimbangkan tubuh, maka kalian akan lebih mudah untuk mengontrol bola.
  3. Melatih kecepatan merupakan syarat mutlak bagi pemain sepakbola khususnya dalam teknik dribling. Tetapi kecepatan tidak terlalu berpengaruh jika pemain memiliki kemampuan dribling yang baik. Salah satu cara untuk melatih kecepatan yaitu dengan joging dan sprint secara terus-menerus.
  4. Melatih kelenturan badan adalah salah satu latihan yang cukup sulit bagi para pemain sepakbola amatir. Kelenturan badan sangat berguna ketika seorang pemain melakukan manuver bola. Jika kalian ingin memiliki badan lentur  biasakan melakukan latihan zig-zag menggunakan cone atau yang lainnya.
  5. Latihan timeing pada bola merupakan salah satu teknik yang sulit untuk diasah. Sebab, pemain yang memiliki timeing baik biasanya bawaan sejak kecil. Kegunaan timeing ketika men-drible bola yaitu mampu mengontrol bola meski situasi tidak memungkinkan. Salah satu latihan agar pemain mempunyai timeing yang baik yaitu dengan melakukan latihan satu vs satu atau dengan game-game kecil.
  6. Latihan mengontrol bola merupakan teknik yang paling berpengaruh ketika kita ingin melakukan drible bola yang baik. Umumnya, ada 3 teknik untuk mengontrol bola. Diantaranya, dengan kaki bagian dalam, luar dan punggung kaki. Latihan untuk mengontrol bola yaiu dengan melakukan passing secara terus-menerus.
  7. Latihan penempatan bola yang baik sangat berguna ketika pemain mengoper kepada rekan se tim. Latihan ini berguna agar kaki dengan bola tidak terlalu jauh. Sebab, jika terlalu jauh dengan bola kemungkinan besar bola akan mudah direbut oleh lawan.

Selamat mencoba !

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar