Tips Hemat Dalam Menjaga Kesehatan

0 12

Seluruh orang pasti mendambakan hidup yang sehat, hidup sehat dapat dimulai dengan banyak cara. Bukan hanya dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi namun juga harus diimbangi dengan pola hidup yang teratur. Menjadi sehat juga tidak harus mendaftar di klub klub kebugaran karena justru akan menyiksa budget bulanan Anda jika penghasilan tak mencukupi. Dan juga jangan memaksakan membeli produk-produk organik. Karena Sehat tak perlu mahal.

Dengan memiliki gaya hidup yang seimbang dan pola pikir yang juga positif, Anda dapat tetap menjaga kesehatan tanpa dengan mengeluarkan banyak biaya. Bukan hanya tubuh yang sehat namun kantong juga. Berikut adalah kiat hemat untuk menjaga kesehatan, dilansir dari situs marketing.co.id.

Olahraga

Anda pasti setuju bahwa dengan kita berolahraga, pola hidup sehat pasti juga akan terwujud. Anda dapat melakukan berbagai olahraga murah serta ringan yang membantu menstabilkan pikiran serta kondisi tubuh selepas penat dalam beraktivitas. Mulailah dengan berlari atau jogging di setiap paginya di akhir pekan apabila Anda adalah pekerja yang sibuk. Olahraga lainnya yang dapat dilakukan ialah bersepeda ketika Anda hendak bekerja.

Saat di kantor juga, Anda pun dapat melakukan peregangan untuk menjaga mood kerja Anda. Usahakan juga Anda untuk lebih sering menggunakan tangga. Jika Anda ingin ke ruangan yang hanya berbeda dua lantai, maka gunakanlah tangga. Selain untuk menjaga stamina, menggunakan tangga juga merupakan bentuk olahraga yang efisien dalam mengencangkan otot serta menurunkan berat badan.

Cemilan Sehat

Beraktivitas hampir 8 jam dalam kantor membuat otak terasa lesu. Tidak jarang juga banyak pekerja kantor dan mahasiswa yang mengonsumsi cemilan di kala stress karena adanya pekerjaan menumpuk. Alih-alih cemilan yang dikonsumsi seperti keripik dan kacang yang banyak mengandung MSG justru malah akan membuat kondisi tubuh lemah dan rentan penyakit. Ganti cemilan Anda dengan yang bergizi seperti yoghurt, jus, buah atau agar-agar. Anda tak perlu membeli jenis buah dengan harga mahal. Pepaya, pisang, atau mangga juga lebih terjangkau, enak, dan sehat. Bisa dengan di jus apabila Anda tak ingin memakannya secara utuh.

Bersantai

Salah satu penyebab penyakit dapat menyerang adalah saat kondisi tubuh yang dipenuhi pikiran dan pekerjaan menumpuk. Penyakit tak hanya timbul karena pengaruh bakteri atau juga virus, kondisi pikiran yang negatif juga dapat menjadi pemicu timbulnya penyakit. Jangan terlalu memaksakan diri bekerja hingga larut malam. Sempatkan untuk bersantai di kala Anda sedang bekerja.

Relaksasi dapat dilakukan di kantor dan juga di rumah, dengan berbagai cara. Bahkan, Anda tak perlu membayar untuk melakukan relaksasi. Cukup hanya dengan melakukan senam kecil, tidur yang cukup, meditasi, berkumpul dengan orang-orang tercinta Anda, atau mengonsumsi teh, Anda sudah melakukan relaksasi dengan cara yang murah serta aman. Selain itu, minum banyak air putih juga bisa menghilangkan stres. Hal ini karena air putih dapat membantu suplai oksigen ke otak Anda, sehingga Anda akan merasa lebih santai.

Stop Merokok

Bagi Anda yang memiliki kebiasaan dalam merokok, pasti sangat susah untuk menghentikannya. Selain akan membuat kantong kering karena setiap hari dihabiskan hanya untuk membeli 1-2 bungkus rokok, merokok juga menyebabkan munculnya berbagai penyakit. Kurangi kebiasaan Anda yang satu ini agar tidak dilanda penyakit berbahaya. Anda dapat mengganti rokok ini dengan permen karet agar mulut tak terasa asam. Anda tentu tidak mau bukan jika masa tua harus dihabiskan dengan kondisi tubuh yang sakit-sakitan bukan?

Bercocok tanam

Gunakanlah sebagian halaman rumah Anda untuk menanam rempah seperti bawang, cabai, tomat, buah-buahan, dan jenis lain sebagainya. Selain mudah untuk dirawat, tanaman-tanaman ini juga sangat cocok tumbuh di iklim tropis seperti di Indonesia. Jika Anda tak mempunyai cukup halaman, maka gunakanlah pot. Memiliki kebun sendiri juga sangat menyenangkan. Anda akan mendapatkan hasil panen jenis organik, atau tanpa pestisida Efeknya bukan hanya terasa ketika tanaman tersebut tumbuh dan berbuah namun dengan beraktivitas bercocok tanam, Anda juga bisa merenggangkan tubuh karena sering beraktivitas di kebun.

Komentar
Memuat...