Take a fresh look at your lifestyle.

Tips Ini Untuk Kamu Yang Ingin Memilih Waralaba Asing

0 11

Kamu Yang Ingin Memilih Waralaba Asing – Waralaba memang adalah bisnis yang menawarkan peluang mengumpulkan kekayaan yang ‘relatif lebih aman’ daripada dengan membangun bisnis sendiri dari nol. Hal tersebut karena sebagian besar bisnis dibimbing oleh pihak lain yang memang lebih berpengalaman.

Namun, demikian faktanya tak semanis apa yang kita temui di lapangan. Acap kali waralaba yang kita temui bahkan tidak berjalan sesuai rencana. Itu juga belum ditambah kasus waralaba yang abal-abal.

Di Indonesia sendiri, waralaba masih dominasi oleh pihak asing. Dari data Waralaba serta Lisensi Indonesia (WALI), baru 125 perusahaan waralaba yang kini mengantongi izin resmi. Dan 60 persennya dari waralaba resmi ini justru dari mancanegara.

Karena hal tersebut, masyarakat perlu mengetahui trik memilih waralaba asing yang tepercaya. Terkait isu tersebut, dirasa perlunya adanya kesadaran dari pihak masyarakat sendiri untuk meneliti waralaba yang mau mereka beli.

“Selalu cek riwayat kinerja franchisor sebelum memutuskan,” sebut pakar waralaba Utomo Njoto dalam sebuah paparan singkatnya di IFRA 2015 tahun lalu (29/5) di Jakarta mengenai hal-hal yang harus diperhatikan sebelum memutuskan membeli lisensi sebuah waralaba atau juga tidak.

Penting Kecermatan

Utomo menekankan pentingnya kecermatan calon terwaralaba (franchisee) untuk meneliti riwayat pewaralaba (franchisor). “Anda jangan langsung percaya dengan apa yang ada di dalam brosur,” ia mengingatkan.

Untuk waralaba asing, ia menekankan agar peminat waralaba harus memeriksa rinciannya. Apa pasal? Karena menurut Utomo, omset dalam negara asalnya belum tentu sama dengan omset yang akan didapat di negeri kita ini.

Bila omset tidak tercapai, target laba kemungkinan besar tidak tercapai pula dan tidak bisa kembali modal. “Kalau pun bisa mungkin akan lebih lama dari perkiraan.”

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar