Inspirasi Tanpa Batas

Tips Jitu Meningkatkan Percaya Diri Sampai Berhasil

0 37

Konten Sponsor

Percaya diri  (self-confidence) adalah kemampuan individu untuk dapat memahami dan meyakini seluruh potensinya agar dapat dipergunakan dalam menghadapi penyesuaian diri dengan lingkungan hidupnya.

Pernah gak sih kam gemetar, kepala pusing, dan perut mual gara-gara disuruh ke atas pentas untuk menyampaikan pidato di depan umum? Kalau pernah, Itu namanya demam panggung.

Pernahkah kamu berdiam diri di saja dalam suatu rapat atau forum diskusi? Padahal kamu punya banyak ide yang ingin disampaikan kepada banyak orang di situ. Bahkan ide itu cukup baik untuk disampaikan tapi justru tidak tersampaikan.

Jika pernah, berarti kamu kurang percaya diri untuk mengungkapkan sesuatu atau pendapat kepada orang lain. Ini membuktikan bahwa kepercayaan diri kamu sangat lemah.

Kepercayaan diri memang sangat penting dimiliki oleh seseorang. Bisa dibayangkan bagaimana rasanya hidup tanpa ada kepercayaan diri. Tentu banyak keinginan-keinginan yang gagal tercapai. Misalkan kamu salah seorang yang kepercayaan dirinya lemah, bagaimana mungkin kamu bekerja sebagai seorang marketing?

Padahal pekerjaan ini membutuhkan kepercayaan diri yang tinggi. Tanpa rasa percaya diri yang tingi, kamu tidak akan bisa menjual produk ke orang-orang. Sebaliknya, dengan memiliki rasa percaya diri yang kuat, maka kamu tidak akan grogy tampil pada forum-forum dan tidak takut menyampaikan pendapat kepada orang lain.

Kepercayaan diri bukan faktor bawaan lahir. Kepercayaan diri bisa dipengaruhi oleh lingkungan dan cara pikir seseorang. Oleh karena itu, kepercayaan diri tentu bisa ditingkatkan kualitasnya.

Tips untuk meningkatkan kepercayaan diri bisa dilakukan dengan cara berpikir positif tentang diri kamu sendiri. Ya, ubahlah cara pikir kamu dengan berpikir lebih positif dalam menilai diri kamu sendiri. Jika selama ini kamu merasa bodoh, jelek, gendut, kurus, tidak bisa tampil depan banyak orang, tidak disukai banyak laki-laki atau perempuan, maka buanglah jauh-jauh anggapan buruk itu.

Gantilah dengan anggapan yang positif, yakni berpikirlah bahwa semua orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Lalu kenapa harus minder kalau kekurangan yang kamu miliki diketahui oleh orang lain? Toh orang lain juga punya kekurangan.

Mungkin ada orang yang telihat sempurna, padahal sebenarnya di dunia ini tidak ada manusia yang benar-benar sempurna, yang ada adalah manusia itu pandai menyembunyikan ketidak sempurnaan yang ia miliki supaya yang terlihat hanya kebaikannya saja.

Kadang kita mudah terbawa oleh keadaan di sekeliling kita. Kalau ada orang yang bilang bahwa kita begini dan begitu, maka penilaian diri kita pun ikut berubah. Misal, pada saat bercermin, kita mengangap bahwa tubuh kita sudah ideal, tapi besoknya ada salah satu teman yang bilang kita gendut.

Maka pikiran kita akan berubah, kita beranggapan bahwa badan kita gendut dan bahkan mungkin kamu akan segera melakukan diet untuk menurunkan berat badan.  Pertanyaannya, kenapa kita harus terpropokasi oleh penilaian orang lain? Bukankah kita lebih tau tentang diri kita? Maka jika kamu banyak mendengar komentar miring tentang diri kamu, jangan dihiraukan.

Lawan penilaian miring  itu dengan penilaian yang positif dari dalam diri kamu sendiri. Kalau kamu bisa menguatkan penilaian diri sendiri secara positif, secara otomatois kepercayaan diri pun akan meningkat.

Bila ada yang bilang kamu bodoh, maka carilah kepandaian yang kamu miliki, asah, dan tunjukkan kepada orang lain bahwa kamu juga memiliki kepandaian dan kemampuan.

Kalau kamu grogi ketika akan mengungkapkan pendapat, maka jangan takut, berpikirlah bahwa kamu sedang dalam proses latihan. Apabila salah, jangan takut disalahkan. Tidak ada manusia yang tidak pernah salah. Bahkan orang yang kamu anggap sangat hebat pun, ia pasti mengalami kesalahan terlebih dahulu dalam pase belajarnya.

Untuk itu, jangan pernah lagi merasa takut salah, karena jika kamu terus-terussan berdiam dalam ketakuatn dan ketidak percayaan diri, maka kamu tidak akan berani mengungkapkan ide kepada orang lain dan selamanya kamu tidak akan berkembnag.

Oleh karena itu, ungkapkanlah apa yang ada dalam pikiran mu, asah keberanian mu, tingkatkan rasa percaya diri mu, dan tunjukkan kemampuan yang kamu miliki. Maka kamu akan dipandang orang lain sebagai orang yang memiliki kemampuan dan kamu tidak akan diasingkan lagi oleh orang lain.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar