Tips Menentukan Jenis Dan Lokasi Waralaba

0 4

Menentukan Jenis Dan Lokasi Waralaba – Waralaba adalah bisnis yang hakikatnya seperti sebuah rantai, satu dengan yang lainnya saling berhubungan erat serta memiliki kesamaan dalam aspek-aspek tertentu. Waralaba juga dijual oleh pemiliknya (pewaralaba/ franchisor) kepada orang lain (terwaralaba/ franchisee). Terwaralaba dapat berupa seseorang yang ingin menjalankan usaha atau juga sebuah perusahaan yang hendak mengoperasikan waralaba tertentu. Beberapa contoh waralaba dari dalam negeri yaitu Es Teler 77, Ayam Bakar Mbok Berek, Rumah Makan Wong Solo, dan lain sebagainya. Sementara waralaba luar negeri di antaranya adalah McDonald’s, Subway, Holiday Inn, stasiun pengisian bahan bakar Exxon, Kentucky Fried Chicken, Carrefour, Starbucks, dan lainnya.

Pertimbangkan Pilihan Ini

Dalam beberapa kasus, orang atau juga perusahaan yang membeli waralaba akan mendapatkan hak kepemilikan penuh namun di beberapa waralaba yang lain para terwaralaba ini akan membayarkan sebagian labanya terhadap perusahaan pewaralaba. Untuk membuka waralaba, Anda harus mempertimbangkan beberapa pilihan berikut.

* Meneliti peluang serta menentukan waralaba bisnis apakah yang Anda ingin geluti. Penting untuk mempertimbangkan lokasi, bisnis apa yang tidak ada di lokasi tersebut dan bagaimana Anda bisa mencetak laba sebanyak-banyak mungkin. Tanyakan dan hubungi pemilik berbagai waralaba lainnya agar Anda lebih mengetahui pendapat dan juga dari pengalaman mereka.

* Ajukanlah permohonan guna membuka waralaba ke pewaralaba yang Anda anggap paling sesuai serta berprospek paling cerah. Banyak perusahaan memungkinkan Anda untuk mengajukan permohonan secara online dalam memulai prosesnya. Di beberapa waralaba, Anda akan diharuskan untuk memiliki sebuah lokasi bisnis dan juga bangunannya yang telah siap pakai.

* Sewalah seorang pengacara untuk meneliti surat perjanjian kerjasama waralaba jika permohonan Anda disetujui oleh pewaralaba. Pengacara akan memberitahu dan menjelaskan pada Anda secara gamblang konsekuensi yang nyata maupun mungkin tersembunyi. Yang pastinya harus Anda tanggung setelah menandatanganinya dan memastikan posisi Anda tak dirugikan di dalam kerjasama itu. Dengan demikian, Anda tidak akan merasa menyesal kemudian hari.

* Bayarkan biaya waralaba dan jangan lupa untuk mengasuransikan bisnis dan seluruh hak milik Anda. Ketika selesai dan semua sudah diasuransikan, Anda dapat mewawancarai calon karyawan dan mulai untuk mendirikan bisnis Anda. Beberapa perusahaan waralaba memberikan macam-macam alat untuk menjalankan kegiatan bisnis seperti mesin kasir, pemanggang, sebagai bagian dari uang yang telah dibayarkan tetapi yang lain tidak. Setelah itu, Anda telah siap dengan operasionalisasi bisnis.

Komentar
Memuat...