Inspirasi Tanpa Batas

Tips Mengatasi Masalah Menstruasi Yang Suka Bikin Wanita Terganggu

Suka merasa sakit saat datang bulan? Berikut ini Tips – tips buat kalian yang dapat membantu mengatasi Masalah Menstruasi yang sebelumnya belum kalian ketahui.

0 19

Konten Sponsor

Tips Mengatasi Masalah Menstruasi – Menstruasi adalah siklus alami yang terjadi pada tubuh wanita. Siklus ini umumnya akan muncul tiap sekitar 4 minggu, dimulai sejak hari pertama menstruasi mulai, hingga hari pertama menstruasi berikutnya tiba. Pada zaman sekarang, siklus menstruasi biasa disebut peroid (bahasa gaul).

Tidak banyak yang membahas tentang peroid di internet padahal sangat penting karena peroid sering mengganggu wanita dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Peroid sering bikin tubuh kita sakit, stress, mooody dan lain-lain. Hal buruk yang bisa timbul akibat peroid diantaranya:

Kulit Menjadi Tidak Stabil

Pasti wanita tahu kalau lagi dapet, kulit suka ngadak-ngadak jadi jelek. Yang paling umum terjadi adalah kulit jadi jerawatan. Hal ini suka bikin wanita kesal karena disaat kita merasa kulit lagi sehat, skin care nya lagi bagus alias bekerja sesuai dengan yang diharapkan, eehhh tiba-tiba muncul jerawat di wajah.

Menurut hasil study yang dipublikasikan Archive of Dermatology, disaat wanita lagi dapet, terjadi ketidak seimbangan antara kadar hormon testosteron yang relatif lebih tinggi ketimbang kadar hormon estrogen atau progesteron. Perubahan kadar hormon inilah yang kemudian berdampak pada kulit wanita. Seperti, tubuh memproduksi lebih banyak minyak dan pori-pori kulit menjadi lebih besar yang mengakibatkan kulit jadi lebih gampang jerawatan.

Nah, disaat kita udah mulai ngerasa ada perubahan buruk pada kulit, misal disaat kulit lagi sehat-sehatnya atau lagi bagus-bagusnya tiba-tiba muncul jerawat, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah segera obati jerawat tersebut sebelum membesar menggunakan produk yang tepat.

Gunakan masker wajah yang khusus diformulasikan untuk mengatasi jerawat dan rajin-rajinlah cuci muka setelah menggunakan make up atau setelah beraktivitas dan sebelum tidur supaya kulit tetap bersih dan terhindar dari kotoran. Ini sangat membantu penyembuhan jerawat yang timbul akibat menstruasi.

Cara lain untuk mencegah masalah ini adalah kurangi makan makanan yang berminyak karena makanan berminyak akan memicu kulit memproduksi minyak lebih banyak. Jangan tedur terlalu malam karena pola tidur juga sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh terutama pada kulit wajah

Kram di Perut dan Badan Pegal-Pegal

Pada saat kita dapet, tubuh kita pasti pegal-pegal bahkan banyak yang perutnya sakit sampai mengganggu aktivitas sehari-hari. Nah, untuk ngatasin masalah ini, lakukan beberapa tips berikut :

  • Kompres dengan handuk hangat

Ketika perut sedang kram dan badan pegal-pegal, sebaiknya jangan terlalu banyak gerak atau melakukan aktivitas yang berat. Kalau badan udah terlanjur sakit, maka tiduran dulu beberapa saat, tenangkan dulu, kemudian kompres perut memnggunakan handuk yang di celupin ke air hangat lalu diperas. Kompresan handuk hangat ini sangat membantu meredakan dan merilekskan kram di perut.

  • Gunakan balsem atau obat

Oleskan balsem pada bagian yang sakit untuk meredakan kram dan pegal-pegal supaya badan menjadi hangat dan rileks, atau minum obat khusus untuk meredakan sakit saat masa peroid. Tapi sebaiknya jangan terlalu sering mengkonsmsi obat. Minumlah obat jika memang sakitnya itu benar-benar udah sakit banget dan gak bisa diatasi dengan cara-cara yang alami.

  • Minum teh manis hangat

Hangatnya teh manis sangat membantu untuk meredakan rasa skit di perut. Teh manis juga dapat membuat kita menjadi lebih tenang, santai dan lebih rileks.

Emosi Yang Tidak Stabil

Biasanya kalau wanita lagi dapet, emosinya menjadi tidak stabil, moody, dan sensitif. Hal spele yang sedikit menyinggung perasaan aja bisa bikin wanita ngambek atau marah-marah. Nah, untuk mengatasi emosi yang naik turun ini, sebaiknya kita hindari hal-hal yang sekiranya bisa membuat kita gak nyaman.

Kalau emosi dirasa sudah tidak stabil, lebih baik menyendiri dan memisahkan diri dulu dari lingkungan teman, rekan kerja atau keluarga untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Barangkali nanti mereka becanda atau berbicara yang menurut kita candaan atau pembicaraan itu enggak pantas dan membuat kita emosi. Jadi lebih baik memisahkan diri dulu dari mereka. (baca: Tips Jitu Menghadapi Orang Yang Suka Marah-Marah)

Tips supaya kita dapat beraktivitas dengan nyaman, yaitu gunakanlah pembalut yang tipis karena ukuran pembalut yang tipis akan membuat kita tetap nyaman beraktivitas. Apalagi kalau mau menggunakan celana ngetat atau rok ngetat seperti span, sebaiknya gunakan pembalut yang tipis karena kalau menggunakan pembalut yang tebal, itu bakal keliatan ada sesuatu yang mengganjal dan bikin gak pede.

Taukah kamu, bahwa pembalut yang tipis itu selain teksurnya lentur, fleksibel dan nyaman digunakan karena tidak menggajal, ternyata pembalut yang tipis juga lebih menyerap cairan daripada pembalut yang ukurannya besar dan tebal. Mungkin ada yang mikir kalau pembalut yang besar dan tebal itu bisa menyerap cairah lebih banyak. Padahal tidak.

Survey membuktikan bahwa pembalut yang tebal justru sering bikin tembus karena pembalut ini kan lapisan kapas/busanya lebih tebal, otomatis ketika kita duduk, dia akan tehimpit seperti terperas dan akhirnya bikin cairan bocor, beleberan keluar alias tembus.

Itulah tips yang dapat dilakukan dalam mengatasi masalah-masalah yang sering muncul ketika menstruasi. Semoga membantu.(Vifta)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar