Take a fresh look at your lifestyle.

Tips Menggunakan Make-up Supaya Wajah Tidak Berminyak

0 110

Make-up atau tata rias wajah adalah kegiatan mengubah penampilan dari bentuk asli sebenarnya dengan bantuan bahan dan alat kosmetik. Istilah make up lebih sering ditujukan kepada pengubahan bentuk wajah, meskipun sebenarnya seluruh tubuh bisa di make up atau di hias. Fungsi tata rias atau berdandan adalah untuk menyempurnakan penampilan wajah, mempercantik diri, dan menutupi kekurangan yang ada pada wajah. (wikipedia)

Sebagai seorang wanita yang tak bisa dipisahkan dengan make up, kita harus pintar memilih make up yang bagus dan cocok untuk jenis kulit kita. Segala sesuatunya harus disesuaikan dengan jenis kulit dan kepantasan saat digunakan. Jangan hanya karena lagi trend, kita ikut-ikutan berdandan atau menggunakan suatu produk make up tertentu biar dibilang mengikuti trend, padahal tidak pantas saat digunakan oleh kita. Jangan sampai itu terjadi karena jika kita menggunakan suatu riasan yang enggak pantas kita gunakan, yang ada nanti malah jadi bahan tertawaan orang, dan orang lain akan aneh melihat kita.

Berikut tips memilih dan mengunakan make-up yang benar untuk kulit berminyak supaya hasilnya lebih matte dan tidak mudah berminyak, diantaranya :

  • Gunakan pelembab yang tidak terlalu mengandung banyak minyak. Hindari pelembab yang terlalu creamy dan susah menyerap pada kulit. Pelembab yang terlalu creamy biasanya akan memicu wajah terlihat berminyak setelah beberapa jam digunakan. Pilihlah pelembab yang teksturnya ringan, lebih cair dan mudah menyerap pada kulit. Pelembab yang ringan dan mudah menyerap pada kulit tidak akan terlalu membuat kulit wajah berminyak.
  • Supaya riasan lebih tahan lama dan tidak mudah berminyak, maka gunakanlah primer. Primer ini banyak sekali kegunaannya, antara lain untuk menyerap minyak, mengecilkan pori-pori, membuat wajah jadi lebih matte, dan membuat foundation menjadi lebih tahan lama. Dengan memakai primer, maka wajah tidak akan mudah berminyak terutama di daerah-daerah rawan minyak seperti T-Zone. Sehingga wajah tidak akan terlihat mengkilap dan riasan dijamin jadi lebih tahan lama serta enggak mudah luntur.
  • Gunakan foundation, BB Cream, DD Cream atau CC cream yang berlabel “oil free” atau “oil control”. Sekarang ini banyak sekali bermunculan foundation atau BB cream yang matte. Buat kamu yang memiliki kulit berminyak, sangat disarankan untuk menggunakan jenis foundation yang matte. Jenis foundation yang matte sangat membantu menahan minyak, dan membuat riasan jadi lebih tahan lama.

Jika wajahmu sangat berminyak, sangat disarankan untuk memakai pressed powder foundation. Bentuknya sama dengan bedak padat lainnya, sehingga ia mampu menyerap minyak di wajah dengan baik.

  • Gunakan Bedak Tabur

Bedak yang sangat cocok untuk kulit berminyak adalah bedak tabur karena dapat menyerap minyak. Hanya saja bedak tabur ini memiliki kekurangan yaitu tidak tahan lama, tidak terlalu menutupi bekas jerawat atau flek hitam dan pigmentasinya kurang jika dibandingkan dengan bedak padat, sehingga perlu beberapa kali usapan untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Jika kamu suka menggunakan bedak padat, maka pilihlah bedak padat yang ada tulisan “oil control” nya.

Tips lain untuk kamu yang tetap ingin menggunakan bedak padat, sebelum menggunakan bedak padat, gunakan dulu bedak tabur sedikit, setelah itu baru gunakan bedak padat. Kalau ingin hasilnya lebih matte dan tidak mudah berminyak, maka gunakan lagi bedak tabur setelah bedak padat. Jadi tahapannya, pakai dulu bedak tabur sedikit, kemudian pakai bedak padat, lalu pakai lagi bedak tabur untuk nge-set make-up. Cara ini sangat efektif untuk mencegah timbulnya minyak pada wajah. Bedak tabur yang digunakan sebelum dan sesudah bedak padat dapat mengunci make-up sehingga riasan lebih awet, lebih matte dan wajah tidak mudah berminyak.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar