Take a fresh look at your lifestyle.

Tips Menjadi Teman Bicara yang Baik

0 7

Saya teringat dengan pertanyaan salah seorang dosen, ketika saya duduk di bangku kuliah. Bisakah  kamu menjadi teman bicara yang baik? Saya jawab, “Bisa!”. Mengapa? Karena sekalipun kita merasa tidak memilikinya, bukan berarti kita tidak dapat bercita-cita untuk itu.

Bicara sesuatu yang baik sesungguhnya akan mengungkapkan banyak penggunaan komponen- komponen yang sama. Komponen dimaksud adalah bahwa suatu pembicaraan akan didorong oleh dua kekuatan utama. Pertama, kita perlu melakukan sesuatu, atau kedua, kita ingin berbagi suatu informasi tertentu. Biasanya, orang pemalu akan melihat sebuah pembicaraan atau percakapan menjadi sebuah sarana untuk mencapai sesuatu sehingga percakapan dimaksud cenderung akan berada pada tingkat obrolan yang serius.

Menjadi teman bicara yang baik berarti kita menikmati segala pentuk pembicaraan, baik berbagi informasi, percakapan ringan maupun mendalam, menceritakan peristiwa- peristiwa lucu yang tentu di dalamnya megandung unsur belajar satu sama lain. Biasanya, teman bicara yang baik, akan bertindak cepat dalam mengekspresikan berbagai macam pendapat mereka terhadap topik pembicaraan apapun sehingga menjadi sebuah cerita yang mengesankan. Jika tidak bisa seperti itu, maka mungkin banyak hal yang masih perlu kita gali sekaligus pelajari.

Inilah tips yang bisa anda lakukan, agar mampu tampil menjadi teman bicara yang baik, diantaranya:

Menyenangkan

Anda perlu menjadi sosok yang menyenangkan. Secara umum, teman bicara yang demikian banyak di sukai orang. Teman sejenis ini adalah mereka yang biasanya sering bergurau dalam percakapannya. Mereka kadang tidak membicarakan segala sesuatu secara serius. Bercandalah dengan frekuensi yang lebih sering. Kita tidak perlu membicarakan sesuatu dengan begitu serius.

Sederhana dan Positif

Teman bicara yang baik biasanya memiliki pandangan positif dan selalu memiliki sikap rendah hati. Teman bicara yang baik akan memberikan tanggapan ataupun komentar dari sisi- sisi positif. Bukan sebaliknya.

Bagikan Informasi Menarik

Teman bicara yang baik akan selalu membawa informasi baru ke dalam sebuah percakapan. Mereka akan memberikan informasi tentang sesuatu yang menyenangkan dan relevan dengan para pendengarnya. Mereka akan memilih suatu informasi agar pendengar mereka menjadi sangat mungkin untuk menikmati. Sehingga, jika mereka menyampaikan sebuah pengetahuan baru, mereka tidak akan di cap sebagai seseorang yang sombong. Percayalah, dengan kita menjaga percakapan tetap ringan dan menyenangkan, semua orang bisa menikmatinya.

Tertariklah kepada Mereka

Mengutif kalimat Dale Carnegie, bahwa cara terbaik untuk menjadi orang yang menyenangkan adalah dengan tertarik pada orang lain. Artinya, ketika lawan biacar anda berbagi tentang suatu informasi, pastikan bahwa anda memperhatikan sekaligus mendengarkannya.

Itulah kira- kira tips yang bisa anda lakukan agar mampu tampil menjadi teman bicara yang baik. Semoga bermanfaat.. LM

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar