Tips Rambut Sehat Kala Berhijab

0 3

Kesehatan rambut dan kulit kepala tentu berpengaruh pada kepercayaan diri seseorang. Rambut juga satu faktor Penting yang menunjang penampilan. Lalu bagaiman dengan Hijaber yang menutup rabutnya? tentunya Hijablah kunci penujang penampilan. namun berhijab jangan mengabaikan kesehatan rambut. Selain ketombe dan rontok yang menjadi masalah umum, kadang aroma tidak sedap kerap kali menghantui mereka yang menggunakan hijab. Kondisi rambut yang hampir selalu tertutup tentu memiliki banyak permasalahan rambut.

Melakukan pencegahan permasalahan rambut bagi wanita yang menggunakan hijab dapat dilakukan dengan tips sederhana berikut ini.

Gunakan Hijab yang Ringan dan Nyaman

Pilih hijab yang berbahan ringan dan nyaman, seperti katun atau kaus yang memiliki pori lebih besar, hal ini berguna agar rambut mendapat sirkulasi udara. Jangan menggunakan dalaman/ciput yang terlalu ketat, dan hindari penggunaan hijab yang berbahan nylon atau polyster Karena bahan tersebut cepat panas jika terkena matahari.

Hindari penggunaan warna Gelap Pada Hijab

Pilihlah warna hijab yang lembut dan terang jika akan beraktivitas di luar ruangan. Warna terang memperlambat penyerapan sinar matahari, sehiga kulit kepala tetap sejuk lebih lama dan sebliknya jika menggunkan warna hijab yang gelap cendrung akan membuat kulit kepala cepat panas dan berkeringat.

Pastikan Rambut Kering Sebelum Berhijab

Pastikan rambut benar-benar kering saat menggunakan hijab. Jika dipaksakan menggunakan hijab saat rambut basah, kulit kepala akan lembab, ini menyebabkan jamur dan bakteri penyebab ketombe. Selain itu, rambut basah juga merangkap uap air yang bersifat panas dan efeknya rambut akan rapuh. Jika anda sangat tergesa-gesa, gunakan hair dryer dengan jarak 15-20 cm agar rambut tidak rusak akibat panas.

Pemilihan Sampo dan rutin Mencuci Rambut

Rutin mencuci rambut dengan sampo yang tepat, gunakan tonik dan vitamin yang dapat menyegarkan rambut dan memberi nutrisi pada rambut anda.

Jangan Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Hindari mengikat rambut terlalu kencang, Karena hal ini dapat berdapak pada rapuhnya rambut. Mengikat rambut juga disinyalir penyebab rambut bercabang. Agar rambut tetap sehat, pilihlah pengikat rambut berbahan halus, hindari pemakaian jepit besi atau gelang karet.

Pastikan Hijab Selalu Bersih

Ganti hijab dan dalamannya secara rutin, usahakan setiap harinya anda menyesuaikan dengan kebutuhan kegiatan anda, hal ini agar kondisi rambut tetap sehat dan bersih.

Nutrisi Rambut

Konsumsi makanan kaya protein dan vitamin B6, B12, C, dan Vitamin E. Nutrisi tersebut ada pada sayuran hijau, buah-buahan, ikan salmon, serta kacang-kacangan.


lisna-apriliana Tentang Penulis

Lisna Apriliana. Lahir di Kota Cirebon, 22 April 1992. Gadis yang supel dan mudah bergaul. Gelar Sarjana Matematika ia raih dari IAIN Syekh Nurjati Cirebon, dan kini sebagai tenaga pengajar Bimbel di Kota Cirebon. 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.