7 Tips Sederhana Agar Kamu Tidak Gagal Membangun Hidup Mapan

0 349

Menjadi mapan memang keinginan banyak orang. Bagaimana tidak, segala kebutuhan terpenuhi baik untuk diri sendiri maupun untuk orang yang dicintai. Sudah mempunyai pekerjaan dengan gaji terbilang cukup, sering mendapatkan bonus dari tempat kerja, namun masih kekurangan. Sangat sulit memang untuk mencapai kata mapan, tidak sedikit orang yang gagal membangun hidup mapan.

Namun jangan khawatir, berikut ada beberapa tips agar kamu sukses membangun kehidupan yang mapan.

  1. Biasakan untuk mencatat pengeluaran

Tanpa disadari kamu sering kehabisan uang di akhir bulan, padahal kamu gak boros ai??i?? boros amat, Kamu bahkan gak tahu apa yang salah. Nah, dengan catatan pengeluaran kamu akan tahu kemana uang itu pergi.

Mencatat pengeluaran atau keuangan harian memang hal yang sangat membosankan, sering terlupakan, bahkan malas untuk dilakukan. Tapi dengan cara ini kamu bisa mengevaluasi keungan kamu kedepannya. Setidaknya kamu mencatat transaksi pribadi kamu, tak detailpun tidak apa apa, cukup mencatat uang masuk dan keluar tiap harinya.

  1. Membuat rencana keuangan

Sama halnya dengan mencatat pengeluaran, hal ini juga jadi kegiatan yang terbilang membosankan. Namun kalua kamu gak punya rencana keuangan, gimana kamu akan mencapai sesuatu yang kamu gak tahu apa yang mau dicapai.

Dengan mempunyai rencana keungan kamu akan bisa meminimize pengeluaran kamu. Dan juga kamu akan selalu ingat akan apa yang mau dicapai.

  1. Selalu menabung untuk dana darurat

Pemikir manajemen bisnis Joseph M. Juran menyebutkan, jika kamu menghabiskan lebih dari 80% pendapatanmu, maka bersiaplah untuk berada dilingkaran hutang.

Josep M. Juran juga menerapkan prinsip 80-20 dalam menabung. Tabung 20% pendapatan bersih kamu, gunakan sisanya untuk digunakan atau dibelanjakan. Dari 80% uang yang digunakan, 50% nya untuk memenuhi kebutuhan dan 30% nya untuk membeli apa yang kita inginkan.

Para ahli keuangan mengatakan, setidaknya kamu harus punya dana senilai enam bulan gaji kamu untuk sewaktu ai??i?? waktu ada keperluan darurat. Jika sewaktu-waktu kamu atau keluarga kamu terkena musibah, apa yang bisa kamu lakukan kalua tidak punya dana cadangan? Ngutang bukan sebuah pilihan yang baik.

  1. Sigap dalam membenahi keuangan

Kamu sudah mulai sadar untuk memperbaiki anggaran yang bocor, tapi butuh waktu lebih agar kondisi keuanganmu benar-benar mapan. Pertahankan semangat ai??i?? pikirkan apa yang akan kamu dapatkan sebagai imbalan kerja kerasmu.

  1. Lakukan usaha daripada mengeluh

Kadang situasi tidak adil, masalah gaji yang tidak memenuhi, harga sembako yang terus merangkak naik, kelilit banyak hutang sering menjadi keluhan banyak orang.

Kalau memang seperti itu situasinya, kamu harus bisa bagaimanapun caranya meminimalisir akibat ketidakadilan itu. Pikirkan bagaimana caranya kamu keluar dari situsi tersebut.

  1. Pikirkan masa depan

Makan malam di tempat mahal nggak jadi masalah buatmu, bahkan kalau kamu nggak punya apa-apa buat makan besok. Kamu nggak logis. Kamu impulsif. Dan kamu bangga akan itu.

Mungkin sampai sekarang orang-orang di sekitarmu masih tahan dengan sifat borosmu. Tapi ingat: mereka hanya akan ikhlas menolong kalau mereka tahu kamu usaha. Susah untuk percaya bahwa orang yang nggak berusaha pantas buat dibantu.

  1. Jangan pernah menunda pekerjaan dan tanggung jawab

Janganlah sekali-kali kamu menunda pekerjaan kamu, karena nantinya kerjaan kamu akan menumpuk. Semakin dibiarkan hal tersebut akan membuatmu lupa akan tanggung jawab dan prioritas hidup kamu. Tidak percaya! Coba saja lakukan dan lihat kekacauan hidup kamu.

Itulah beberapa tips agar kamu sukses mencapai kemapananmu. Boleh percaya atau tidak karena kehidupan kamu ada ditangan kamu. Teruslah berusaha mengubah hidup karena hidup tidak akan merubah kamu.

Komentar
Memuat...