Uniknya 3 Maskot Asian Games 2018 Indonesia

0 401

Dalam setiap event olahraga akbar pengunaan maskot memang sangat penting. Maskot juga merepresentasikan kepada masyarakat luas karakter, ciri khas, capaian dan pengembangan atas suatu produk komersial. Dalam Pagelaran Asian Games 2018, INASGOC Selaku penyelengara Asian Games telah merilis 3 Maskot Asian Games 2018 Indonesia.

Dalam setiap maskot yang dibuat meiliki ciri dan karakter yang Khas. Selain itu, ketiga maskot ini diberikan nama panggilan yang unik pula. Nah seperti apa Uniknya 3 Maskot Asian Games 2018 Indonesia? Berikut ini Ulasannya :

Bhin bhin

Bhin bhin adalah seekor burung Cendrawasih (Paradisaea Apoda) yang merepresentasikan strategi. Dalam tampilannya, Bhin Bhin mengenakan rompi dengan motif Asmat dari Papua. Pengguanaan Rompi tersebut menjadi ciri khas dari kebudayaan Papua dan mewakili daerah asal burung Cendrawasih. Seperti yang kita tahu, suku asmat memiliki jiwa seni yang tinggi, ini dapat mewakili ragam seni indonesia.

Atung

Atung maskot Asian Games 2018 Indonesia

Atung adalah seekor rusa Bawean (Hyelaphus Kuhlii). Pemilihan rusa Bawean tak lain karena merepresentasikan kecepatan. Dalam penampilannya Atung mengenakan sarung dengan motif tumpal dari Jakarta.

Motif tumpal pada sarung yang digunakan Atung tersebut umumnya memiliki fungsi magis atau bermakna simbolik, sesuai konsep kesatuan kosmos, mikrokosmos (manusia), makrokosmos (semesta), dan metakosmos (alam ‘lain’), atau dapat juga dikatakan sebagai penggambaran dari yang bersifat keduniaan menuju kepada yang transenden atau ketuhanan.

Kaka

Kaka adalah seekor badak bercula satu (Rhinoceros Sondaicus) yang merepresentasikan kekuatan. Kaka mengenakan pakaian tradisional dengan motif bunga khas Palembang. Dalam tamilan Kaka, mewkili identitas pulau jawa JAKARTA dan Palembang sebagai dua kota yang di dapuk menjadi tuan rumah penyelenggaran Asian Games 2018 Indonesia.

Terlepas dari penggunaan maskot yang sekarang telah semakin meluas dengan selalu digunakan dalam setiap acara olahraga di dunia ini, seperti Piala Dunia maupun Olimpiade tentu tujuan dari pemilihan ketiga maskot tersebut sebagai bagian dari promosi dari event tersebut. Pemilihan ketiga maskot ini tentu disesuaikan dengan karakter masyarakat indonesia, karakter Asia, dan karkter dari pagelaran Asian Games 2018 Indonesia.***Ali Alamsyah

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.