9 Cara Asyik dan Uniknya Ngopi Ala Indonesia

0 91

Kopi bukan lagi sekedar minuman kebutuhan untuk begadang, penikmatnya bukan lagi kalangan tertentu saja. Pergeseran Zaman membuat Kopi kini jadi sebuah pelengkap cerita, pelengkap santai atau bahkan jadi special brew bagi sebagian orang. Pencapaian itu dapat terlihat dengan menjamurnya kafe dan kedai kopi di berbagai sudut jalanan.

Dan yang tak bisa dielakan lagi, kini para penikmat kopi pun terus bertambah dan berasal dari berbagai kalangan. Banyaknya kedai kopi yang mempunyai daya tarik tersendiri, citarasa sendiri dan kekhasan masing-masing. Nah hal itu, membuat seseorang terangsang untuk datang mencoba menu yang disuguhkan.

Padahal, bagi mereka pencinta kopi, kopi bukan hanya sekedar trend melainkan cara menikmati cita rasa kopi yang konsisten. Jika ada sesuatu sedang trend, anehnya masyarakat Indonesia sering mengikutinya, namun pecinta kopi tetap konsisten menikmati kopi dengan caranya sendiri. Di Indonesia sendiri ada berbagai macam cara menikmati kopi berikut ini beberapa diantaranya :

1. Perlahan dicium Aromanya Lalu Diseruput Pelan-pelan

Cara ini memang termasuk cara konvesional, bagi mereka pencinta kopi, cara ini punya kenikmatan tersendiri. Mengapa? Karena dari kopi panas selalu mengeluarkan aroma yang menawan. Kenikmatan tersendiri itu hanya bisa kamu dapat jika menikmati kopi sambil mencium aromannya lalu meniupnya hingga panas kopinya pas dilidah, di tambah suasana yang santai. Coba sendiri kawan.

 2. Minum Kopi dari Gelas Terbalik

Cara yang satu ini paling unik yang Indonesia banget. Kopi hitam yang panas akan dinikmati dengan cara gelasnya dibalik. Cara minum kopi seperti ini berkembang di pulau sumatra. seperti Aceh, medan dan kota-kota lainya di Sumatra. Bagi Orang Aceh mengenal istilah minum kopi ini dengan sebutan Kopi Walik (Kopi Terbalik).

3. Tuangkan Ke Lepek (Tatakan) Minumlah dari Lepek

Gaya minum kopi ini hanya ada di indonesia, dan tidak ditemukan dibanyak negara loh. Minum kopi dari lepek atau pengalas gelas memang ciri tersendiri penikmat kopi di negara tercinta ini. Dengan cara ini kopi memang akan cepat dingin, namun meminumnya dari bibir lepek punya kenikmatannya khusus.

4. Minum Kopi dari Batok Kelapa

Untuk yang satu ini,  penyajiannya loh yang unik, Khas banget. Ya,, kopi kawa daun dari Sumatra Barat. Menikmati dengan kopi dengan cara ini memang lain dari yang lain. Kopi yang dari daun kopinya bukan dari bijinya. Namun, meski begitu, rasa ditambah penyajiannya yang unik menambah sensasi lain.  Dalam menikmati kopi seperti ini memang ala orang Indonesia banget. dan salah satu kekayaan Budaya Indonesia.

5. Minum Kopi dengan Kue

Ternyata ada sebaian Orang Indonesia sering menyuguhkan kopi dengan kue kering atau kue basah. Namun, kue ue disini bukan hanya sebagai pelengkap. Kue tersebut biasanya dicelupkan kedalam cangkir kopi. Sensasinya memang berbeda, apalagi jika kuenya biskuit yang mudah larut dalam air.

6. Minum Kopi Berteman Pisang Goreng

Minum kopi dengan gorengan panas memang menjanjikan kenikmatan tersendiri. Apalagi cara ini dinikmati saat musim hujan, pagi atau sore. Hangatnya kopi dan gurihnya pisang goreng akan memberi kenikmatan dan membawa penikmatnya melampaui seluruh angan.

7. Kopi di Dicampur Arang

 

Cara ini hanya orang Jogja yang punya. Minum kopi yang terlebih dahulu dicampur dengan arang yang masih membara. Tapi jangan salah, rasanya tiada duanya. Kopi bercampur arang ini menjanjikan rasa yang memikat ditambah rasa segar setelah kamu minum kopi, menjadi bagian keunikan dari sajian kopi yang satu ini.

8. Kopi Dicampur Susu Kental Manis

Cara ini banyak ditemukan di warung-warung kopi biasa. Susu kental manis akan menggantikan gula yang biasanya dipakai saat membuat kopi. Kopi ini biasa disuguhkan dalam gelas yang sedang dan kecil untuk mengukur kepahitan dan sensasinya.

9. Kopi Campuran Es

saat ini telah banyak kedai kopi yang menyediakan kopi dengan campuran es. Kopi hitam yang biasa di suguhkan panas, namun dengan di tambah kan es sensinya jadi berbeda namun tidak lepas dari kenikmatan yang disuguhkan.

Ada banyak cara menikmati kopi yang mungkin lebih unik lagi, seiring bertambahnya penikmat kopi semoga dapat menguak semua cara menikmati yang masih tersembunyi dan belum terekspos oleh para pecinta kopi Indonesia. sekali lagi di ingatkan bahwa “penikmat kopi Bukan berarti Pecinta kopi. So kopi punya rasa sendiri sob,, [al/Dari Berbagai Sumber]

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.