Inspirasi Tanpa Batas

Uniknya Tradisi Munggahan Menjelang Bulan Suci Ramadhan

0 3

Konten Sponsor

Saat menjelang Bulan suci Ramadhan, Indonesia sebagai negara dengan mayoritas muslim memiliki berbagai tradisi jelang Ramadhan. Salah satunya yaitu tradisi Mungahan yang populer di Jawa Barat.

Tradisi munggahan ini biasanya dilakukan oleh keluarga dari tanah Sunda, tradisi menyambut bulan Ramadan ini selalu dilakukan setiap tahunnya.

Masyarakat Sunda baik yang ada di daerah jawa barat, maupun yang sedang dalam perantauan memanfaatkan moment seminggu atau dua minggu sebelum bulan puasa untuk berkumpul bersama orang-orang terkasih.

Jika keluarga atau orang terkasih tersa jauh, tradsisi munggahan ini juga bisa dilakukan dengan teman-teman dan rekan kerja. Di dalam munggahan biasanya ada satu momen untuk saling meminta maaf untuk mempersiapkan diri menuju bulan puasa yang suci.

Selain rangkaian acara tersebut, bagi masyarakat Islam Sunda sendiri, tradisi ini di sebut juga merupakan bentuk rasa hormat mereka dalam menyambut datangnya bulan Ramadhan.

Munggahan itu Tradisi

Jika kita tilik Secara sya’ri dalam Agama Islam memang tidak ada tradisi Munggahan. Bahkan Rasulullah saw tidak melakukan hal itu. Namun, mengapa tradisi ini bias ada dikalangan muslim Indonesia khususnya warga Sunda?

Terlepasa dari pertanyaan kompleks tersebut, dan tradisi Munggahan ini tidak dicontohkan oleh Rasululloh saw. Tapi, keberadaan tradisi ini sangat diakui oleh masyarakat. Khususnya masyarakat di tatar sunda.

Tradisi ini sudah menjadi kebiasaan yang membudaya dikalangan masyarakat dalam menyambut datangnya bulan Ramadhan. Hal ini tidak ada masalah selagi kegiatan munggahan diisi dengan hal-hal yang positif dan tidak bertentangan dengan agama. Dan ingat kembai “Ini hanya sebuah tradisi” terlepas apakah sesuai dengan aturan agama atau tidak.

Mungkin hikmah yang bisa kita ambil adalah saling memaafkan membersihkan diri menyambut bulan penuh Rahmat bulan Ramadhan

Seperti yang kita ketahui, bulan Ramadhan itu penuh berkah dan ampunan. Dimana ketika bulan Ramadhan Allah menurunkan rahmat dan pahala berlipat untuk setiap ibadah yang dilakukan manusia pada waktu itu.

Jadi, Bukan hanya kata-kata menyambut bulan Ramdhan saja yang ramai, tradisi khas menjelang bulan Ramadhan juga enggak kalah ramai.

Tradisi-tradisi ini bisa ditemui di hampir semua penjuru tanah air namun dengan sebutan yang berbeda. Tradisi yang sudah ada sejak ratusan tahun ini masih terpelihara sampai sekarang. [aL]

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar