Peluang Usaha dan Bisnis yang Menjanjikan di Pedesaan

1 641

Banyak masyarakat yang beranggapan bahwa hidup dipedesaan sangat terbatas memiliki kesempatan untuk menjalankan usaha dan bisnis. Namun nyatanya peluang usaha dan bisnis yang menjanjikan sangatlah banyak untuk dilakukan di pedesaan, tinggal bagaimana menganalisa peluang yang paling potensial yang harus dijalankan.

karena pada dasarnya kesempatan untuk sukses itu ada dimana saja, tergantung bagaimana usaha dan kerja keras. serta di dukung dengan cara yang realistis dan mampu menyikapi situasi dan kondisi disekitar.

Berikut beberapa contoh peluang bisnis yang menjanjikan yang sangat ideal dilakukan di daerah pedesaan.

Ternak Ayam Kampung

Permintaan ayam kampung setiap harinya makin membludak, tapi permintaan tersebut hanya terpenuhi pada kisaran 30% – 45% saja, karena pada umumnya pengusaha ayam cendrung memilih jenis ayam potong dan petelur.

Dengan besarnya permintaan tersebut, Mungkin inilah celah usaha dari ayam kampung yang mungkin bisa digeluti sekarang. Untuk memulainya, coba perhatikan dulu dua jenis sistem ternak ayam kampung berikut ini.

  • Sistem Umbaran.

Sistem umbaran merupakan cara yang paling umum digunakan di kalangan masyarakat pedesaan. Dengan system ini, tidak perlu repot-repot dengan manajemen pakan dan kandang, karena memang tidak ada ketentuan khusus dalam peternakan ayam kampung.

Cukup sediakan kandang sederhana untuk sekedar tempat berteduh dan istirahat ayam saat malam tiba. Sedangkan pakan sendiri bisa lebih hemat karena ayam jauh lebih jago mencari makanan saat diumbar. Namun dengan sistem ini produktivitas ayam kurang terkontrol.

  • Sistem Semi Intensif

Sebenarnya ada tiga tipe kandang untuk ternak ayam dengan Sistem Semi Intensif. Pertama tipe pekarangan, tidak jauh berbeda dengan sistem umbaran, kandang dengan tipe pekarangan ini dibuat jika peternak memiliki pekarangan rumah yang cukup luas. Kedua tipe postal, dimana ayam akan selalu terkurung setiap harinya dikandang. Ketiga tipe baterai, kandang yang dibuat berbentuk sangkar yang berderet dan alasnya dibuat bercelah.

Budidaya Ikan

Mungkin kebayakan orang di pedesaan memelihara ikan hanya untuk kebutuhan mereka saja, namun apa salahnya jika mencoba untuk membudidayakan ikan untuk dijadikan uang dengan menjualnya ke pasar atau di impor ke kota-kota. Dengan lingkungan yang menguntungkan sangat cocok untuk membudidayakan ikan karena tak sedikit masyarakat yang membutuhan ikan sebagai makanan atau lauk sehari-hari.

Pembuatan dan Pengemasan Makanan ringan

Usaha pembuatan dan pengemasan makanan ringan merupakan bisnis yang bisa dikembangkan di daerah pedesaan, bisnis ini merupakan bisnis yang tergolong mudah. Meskipun bisnis ini tergolong kecil, namun bisnis ini memiliki potensi besar untuk dikembangkan kedaerah lain untuk mendapatkan keuntungan yang lebih.

Bisnis di desa ini juga bisa dilakukan dengan pengemasan makanan ringan yang sudah dibungkus dengan kemasan lebih kecil dan di jual kewarung-warung terdekat atau supermarket. Jika kita mengandalkan kualitas dalam bisnis di desa ini, kemungkinan bisa menjadi peluang usaha yang cukup menguntungkan.

Berkebun

Peluang usaha di dareah pedesaan yang sangat menguntungkan adalah dengan usaha berkebun. Biasanya tanah pedesaan lebih subur dan banyak lahan perkebunan yang bisa dimanfaatkan dengan maksimal.

Dalam menjalankan usaha berkebun di daerah pedesaan ini, bisa dilakukan dengan menanam tanaman yang dapat dijual kembali, seperti jenis makanan pokok, buah-buahan, sayuran, rempah-rempah dan tanaman lainnya. Dan ketika musim panen tiba, hasil kebun tersebut tentu bisa dijual kembali baik dalam bentuk buahnya atau dalam bentuk olahan makanan yang lain yang sangat menguntungkan.

Pengepul Hasil Panen

Di daerah pedesaan banyak petani yang tidak bisa menjual hasil panennya karena tidak adanya pengepul hasil tani mereka, dengan demikian menjadi pengepul hasil panen sangatlah menguntungkan untuk peluang bisnis yang bisa dijalankan didaerah pedesaan. Hal tersebut sangat cocok dijalankan di daerah pedesaan karena berbagai hasil panen lebih mudah didapatkan di daerah pedesaan.

Dalam peluang usaha di desa ini kamu dapat menjadi pengepul yang membeli dari petani lokal kemudian mengirimkannya ke pasar atau menjualnya langsung di tempat dirumah.

Itulah beberapa contoh peluang usaha dan bisnis yang bisa dijalankan di daerah pedesaan, tertarik untuk melakukannya? mualilah dari sekarang juga.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

  1. tejak berkata

    artikel yang sangat bagus dan sangat membantu saya dalam mengembangkan usaha waralaba dan franchise ayam dadar bandung milik saya.

    sedikit tentang kami ayam dadar bandung, ayam dadar bandung adalah usaha franchise dan waralaba makanan dari olahan daging ayam yang sangat unik dan sehat karna dalam pengolahannya tidak menggunakan pengawet dan MSG.
    Ayam dadar bandung saat ini membuka peluang bagi para pengusaha muda utk bergabung menjadi mitra kami.

    berminat gan?
    bisa hubungi WA 0822 8535 8369

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.