Take a fresh look at your lifestyle.

Wajah Baru Rupiah Bikin Heboh, Lalu Redenominasi Rupiah Apa Kabarnya?

0 49

Beberapa tahun yang lalu, pemerintah dan Bank Indonesia (BI) sempat mengemukakan rencana penyederhanaan nilai mata uang atau yang di kenal dengan redenominasi rupiah. Akan tetapi, rencana tersebut urung dilakukan juga. Nah, alih alih informasi tersebut tersebar luas di beberapa media. Pertanyaannya sederhana, Rencana redenominasi rupiah tersebut kapan? Bagaimana manfaat redenominasi rupiah tersebut?

Sepenting Apakah Redenominasi Rupiah? Yuk cari Tau..

Menurut Analis Pasar Uang PT Bank Mandiri Tbk, Reny Eka Putri dilansir dari liputan6.com beliau mengatakan:

Penyesuaian nilai (value) mata uang dari rupiah itu lebih penting daripada sekadar mengganti motif atau gambar supaya rupiah tidak dianggap terlalu murah oleh negara lain,” Jakarta, Minggu (18/9/2016).

Namun saran dari analis Pasar dan Uang Reny Eka Putri ini, rupaya tidak sesuai, Pemerinth dan BI lebih memilih mengganti wajah rupiah dari pada menghidupkan kembali rencana redenominasi yang sudah sempat disosialisasikan ke masyarakat pada 2012. Padahal menurut beliau kebijakan ini penting untuk meningkatkan kepercayaan terhadap mata uang rupiah.

Sedangkan meurut Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P Roeslani di lansir dari  Okezone.com menyatakan:

“Kadang kalau nolnya kebanyakan negara lain lihat negara kita masih agak terbelakang,” tuturnya di Menara Kadin, Jakarta, Rabu (21/12/2016).

menurut Beliau kebijakan ini  sangat diperlukan oleh Indonesia. Pasalnya, selama ini mata uang Indonesia dianggap terbelakang karena nilainya yang sangat besar.

Sebenarnya beberapa negara pun sudah berhasil menerapkan redenominasi terhadap mata uangnya, contohnya seperti negara Turki. Namun, rencana redenominasi rupiah ini belum juga dilangsungkan hingga saat ini.

Rencana Redenominasi Rupiah di Bahas dalam Prolegnas 2017

Rencana Redenominasi Rupiah di Bahas dalam Prolegnas 2017
Rencana Redenominasi Rupiah di Bahas dalam Prolegnas 2017

Redenominasi yang sempat di sosialisasikan di akhir 2012 ini, nampaknya terkatung-katun. Pengurangan tiga angka nol dalam mata uang Rupiah hingga saat ini  nampaknya masih terus diupayakan untuk dibahas bersama DPR RI. Kegagalan dalam Prolegnas  Tahun 2016 yang lalu tidak menyurutkankan rencana tersebut. Namun sedikit aneh juga, disaat terkatung-katugnya Rencana Redenominasi Rupiah pemerintah dan BI di awal tahun ini mengeluarkan wajah baru rupiah.

“Kita sedang menunggu dasar hukumnya. UU bukan hanya BI dan pemerintah, tapi prosesnya juga dengan DPR,” jelas Ronald. “(Redenominasi) jadi. Masuk Prolegnas 2017,” ujar Ronald singkat pada kompas.com Senin (19/9/2016).

Tapi jangan salah, bank sentral dan pemerintah masih berencana melanjutkan redenominasi rupiah terebut. Sepertinya ada beberapa alasan yang menjadi dasar pertimbangan, antara lain situasi perekonomian nasional dan global, serta kondisi politik.

sebagai warga negara yang baik tentu kita menyetujui dan mengapresiasi segala bentuk kebijakan yang mampu meningkatkan perekonomian masyarakat. Adapun Rencana Redenominasi Rupiah meupakan kabar baik yang perlu kita sosialisasikan pada

mereka yang belum tahu. Dan jika saatnya tiba nanti masyarakat sudah tidak cangung lagi dengan penyebutan nominal rupiah.

Penyebutan Nominal Rupiah Setelah di Redenominasi

Memang saat ini rupiah nominalnya sangat besar, Bandingkan saja 1 USD = Rp. 13.ooo nah jika rencana redenominasi sukses maka 1 USD = Rp. 13 singkat kan? berikut kemungkianan penyebutan rupiah setelah di Redenominasi :

Penyebutan Nominal Rupiah Setelah di Redenominasi
Ilustrasi Penyebutan Nominal Rupiah Setelah di Redenominasi

Bagaimana kamu sudah siap dengan Penyebutan Nominal Rupiah Setelah di Redenominasi? [aL/Dari berbagai Sumber]

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar