Connect with us

Agama

Wanita adalah Wujud dari Sifat Rahim Tuhan

Admin

Published

on

Wanita dititpi sifat Rahiem Tuhan

SIFATAi??Rahim Tuhan.Ai??Allah menitipkan satu sifat-Nya kepada manusia berjenis kelamin wanita. Sifat itu tidak diberikan kepada makhluk lain, termasuk terhadap kaum laki-laki. Sifat itu kemudian disebut dengan Rahim. Betapa hebatnya wanita sesungguhnya dibandingkan dengan jenis makhluk apapun di muka bumi. Karena itu, menjadi dapat dimengerti jika Rasul menyatakan bahwa: Tiang Negara terdapat dalam wujud wanita. Menjadi mafhum juga jika salah satu surat dalam al Qur’an diberina al Nisa [perempuan]

Kata rahiem,Ai??melekat dengan diri wanita untuk menyimpan cabang bayi. Bahkan banyak di antara ahli medik yang menyebut bahwa, inilah tempat paling aman yang dimiliki manusia untuk menyimpan cabang bayi. Karena wanita dititipi sifat-Nya, maka, secara umum wanita selalu memilikiAi??rasa kasih sayang yangAi??jauh lebih tinggiAi??dibandingkan denganAi??laki-laki. Termasuk dalam mengurusi anak. Mengapa? Sebab rahiem adalah sipat Tuhan.

Jika saya dan kebanyakan laki-laki lain di dunia, misalnya memilih tetap tidur ketika sang bayi menangis di malam hari, maka, seorang wanita akan bangun di tengah segenap rasa lelah dan ngantuknya. Seorang perempuan akan bangun hanya sekedar untuk membersihkan kencing atau kotoran sang bayi, atau bahkan memberinya air susu melalui tete-nya atau susu lain yang dia sediakan. Mereka melakukan semua itu, tanpa sedikitpun rasa lelah dan aral subaha untuk melakukannya. Coba bayangkan jika kita laki-laki.

Hal yang sama, berlaku ketika bayi yang dimilikinya itu, buang air besar, saat di mana sang ibu sedang makan dengan lahap karenaAi??enak dan lezat. Ia akan menghentikan asupan nasi ke dalam mulutnya, untuk sementara karena membersikan kotoran bayi dimaksud. Setelah selesai membersihkan kotoran bayi itu, ia meneruskan kembali makannya yang lahap tanpa sedikitpun menunjukkan rasa kesal atau jijik terhadap apa yang dilakukan dirinya kepada bayinya itu.

Penghormatan Islam

Karena itu, Islam sangat menghormati kaum wanita. Menghormati wanita tentu didalamnya istri kita sendiri. Sama dengan menghormati ibu yang telah mengandung dan melahirkan kita. Itulah mengapa, Nabi Muhammad misalnya menyebut bahwa menghormati istri kita, setara dengan menghormati ibu kita.

Mengapa Nabi mencium hajar aswad. Sebagaimana dalam salah satu atsar sahabat Umar, dia pernah mengatakan: “jika Muhammad tidak pernah mencium hajar aswad, maka, aku tidak mungkin akan melakukannya”. “Penulis sendiri, hampir dua kali pernah mencium hajar aswad. Setelah diamati secara seksama, mohon maaf jika salah, benda itu ternyata relatif mirip dengan kepunyaan wanita. HalAi??ini yang mendorong penulis untuk menyimpulkan bahwa mencium benda dimaksud pertanda bahwa kita memang diharuskan untuk mencintai dan menyayangi wanita”

Jika seorang ibu diberi titipanAi??Sifat Rahim TuhanAi??dan itu menjadi indikator kunci yang menjadi rasa kasih sayang Allah yang ditunjukkan melalui ibu, maka, sulit dideskripsi bagaimana Allah memberikan rahmat dan karunia-Nya kepada segenap makhluk Allah.** By. Prof. Cecep Sumarna

Continue Reading
52 Comments

52 Comments

  1. Avatar

    Bayu Hermawan

    23-10-2017 at 12:34

    Wanita diberikan keistimewaan tersendiri yaitu dengan diberikannya sifat rahim-Nya,karena itu wanita merupakan perwujudan dari rasa kasih sayang, rasa kasih sayang seorang perempuan melebihi seorang laki – laki.Rasulullah pun sangat memuliakan perempuan bahkan ketika ditanya tentang siapa yang wajib dimuliakan beliau menjawab ibu sebanyak 3x barulah ayah.

  2. Avatar

    Maemunah fadillah

    19-10-2017 at 19:06

    Assalamu’alaikum

    Subhanallah, betapa besarnya karunia yang Allah berikan kepada kaum wanita, dengan menitipkan salah satu sifatNya yaitu ar rahim yang berarti Maha Pengasih. Sehingga seorang wanita memiliki rasa kasih sayang yang begitu besar bila dibandingkan dengan seorang pria.

    • Avatar

      Lia Herliana

      19-10-2017 at 20:45

      Oleh karena itu kita harus menghormati dan menyayangi ibu kita yg sebagaimana dia telah melahirkan dan merawat kita dengan penuh kasih sayang.

      • Avatar

        Maemunah fadillah

        23-10-2017 at 13:14

        Assalamu’alaikum

        Tentu saja kita harus selalu menghormati ibu kita, karena do’a seorang ibu adalah sumber dari segala kekuatan
        Jika ibu kita meridhoi kita pasti Allah pun akan meridhoi kita dan sebaliknya jika ibu kita murka pada kita maka Allah pun akan murka kepada kita. Dan ini pun telah Rosulullah sampaikan dalam haditsnya.

    • Avatar

      Sri Anisah

      20-10-2017 at 07:46

      Ya, bahkan Rosulullah sangat memuliakan wanita dengan menyebutnya sebanyak 3 kali lalu kemudian seorang pria . Begitu mulianya seorang wanita di hadapan Allah dan di hadapan Rosulullah , karena segala perjuangan dan kasih sayangnya yang tulus.

      • Avatar

        Maemunah fadillah

        23-10-2017 at 13:05

        Assalamu’alaikum

        Itulah cara Allah memuliakan seorang wanita, dengan lebih meninggikan derajat seorang wanita dari pada derajat seorang pria. Dan
        Itu salah satu keistimewaan yg Allah karuniakan kepada seorang wanita.

    • Avatar

      Siti A'isyah

      23-10-2017 at 12:14

      Begitu mulianya seorang wanita..yang melahirkan kita merawat kita dari kecil sampai sekarang..

    • Avatar

      siti a'isyah

      24-10-2017 at 07:49

      betul sekali,, jadi wanita memiliki derajat yang tinggi di bandingkan pria, karena ibulah kita ada di dunia.

  3. Avatar

    Siti maryatul qibthiyah

    17-10-2017 at 10:16

    Sifat rahim yang di titipkan allah kepada wanita adalah salah satu bentuk kasih sayang allah kepada hambanya,wanita selalu memiliki kasih sayang yang jauh lebih tinggi dari pada laki” dan berhati lembut itulah keistimewaan wanita untuk memperoleh keutamaan-keutamaan insaninya.

    • Avatar

      Fitria dewi

      17-10-2017 at 16:07

      Oleh karena nya kita sebagai wanita yang diciptakan Allah patut bersyukur karena Allah telah menitipkan satu sifat nya yaitu rahim

    • Avatar

      Maulidiya

      22-10-2017 at 12:45

      Maka dari itu kita sebagai wanita harus saling menghormati sesama wanita lain,karenakarena allah menciptakan wanita begitu sangat luar biasa

  4. Avatar

    Koriatunisa IPS A/1

    16-10-2017 at 23:13

    Assalamualaikum wr wb…
    wanita adalah sosok seorang yang mempunyai keitimewaan yang sangat luar bisa ,keistimewaan itu dapat di buktikan dengan salah satu sifat Allah yang telah di turunkan kepadanya yaitu Rahim .ia akan selau menjaganya meskipun dengan mempertaruhkan nyawanya .ia tak pernah mengeluh tak pernah pula mengharapkan imbalan sedikitpun atas semua yang telah ia berikan kepada anak nya mulai dari kandungan hingga kita tumbuh dewasa dengan penuh kesabaran dan ia akan berusaha semaksimal mungkin memberikan pelajaran yang terbaik karena ia sadar bahwa pelajaran yang paling baik adalah dari seorang ibu.maka dari itu hormatilah sayangilah dan cintailah ibumu sebagaimana ia memberikan rasa itu kepadamu dan jangan pernah sekakali kali membuatnya menangis karena ialah mahluk termulia yang Allah ciptakan untuk mu…
    Terima kasih

  5. Avatar

    Milha Nurseha

    16-10-2017 at 20:07

    Wanita adalah wujud dari sifat rahim-Nya, sifat arrahim bagi Allah mempunyai arti Yang Maha Penyayang,dan Allah memberikan wujud dari sifat rahimNya itu pada wanita,maka dari itu tidak salah jika wanita disebut istimewa karna rasulullah pun saat di tanya “siapa orang yang patut di mulyakan ya rasulullah,?” Rasulullah pun menjawab ibumu,ibumu,ibumu sampai 3 kali rasulullah ucapkan,sudah jelas disana bahwasannya wanita adalah istimewa karena tentu ada alasannya rasulullah menyebutkan ibumu 3 kali,dan alasan yang tak lain adalah karena sifat penyayang itu sendiri

  6. Avatar

    Putri Alfaniyah

    16-10-2017 at 19:20

    Assalamualaikum
    Wanita pada dasarnya memiliki rasa mengasihi, melindungi, dan mencintai. Wanita diciptakan allah secara istimewa, allah telah menitipkan satu sifatnya kepada wanita yaitu rahim. Ibu diberi kekuatan untuk melahirkan, menyusui, dan merawat anaknya. Ibu juga yang mempunyai rasa kepekaan yang tinggi untuk mencintai anak nya dalam keadaan apapun, bahkan ketika anaknya menyakitinya.

    • Avatar

      siti a'isyah

      24-10-2017 at 07:59

      betul sekali,, jadi wanita memiliki derajat yang tinggi di bandingkan pria, karena ibulah kita ada di dunia.

  7. Avatar

    Maulidiya

    16-10-2017 at 17:22

    Assalamua’laikum
    Setelah saya baca novel ini,sungguh begitu besar allah mempercayai seorang wanita untuk dititipkannya rahim keperutnya.seorang wanita juga memiliki kasih sayang yang begitu sangat luar biasa kepada anaknya,sehingga ia rela bangun tengah malam demi anaknya menangis dan meminta susu,dan seorang ibu tak pernah lelah mendidik anak-anaknya.di dalam islam juga seorang ibu sangat dimuliakan karena ridho allah ridho ibu juga.kita sebagai anak harus berbakti kepada seorang ibu yang mengurusi kita dari sejak kandung sampe besar ini,dan allah memberikan rezeki kepada setiap makhluknya dalam keadaan apapun.

    • Avatar

      Luinah

      17-10-2017 at 10:04

      Karena itu harus hormati dan sayangi ibu dan wanita2 yg ada disekitar kita dimana pun kalian berada. Maka dari itu buat para laki2 jangan sesekali menyakitinya karena sesungguh nya wanita itu sifat Tuhan yg harus dijaga .

    • Avatar

      Fitria dewi

      17-10-2017 at 16:13

      Pengorbanan seorang wanita tak bisa terbalaskan dengan apa pun. Karena kasih sayangnya yang begitu besar dan tulus dari hati

  8. Avatar

    Siti Aisyah

    16-10-2017 at 17:16

    [5:10 PM, 10/16/2017] Aisyah: Ibu adalah ibarat malaikat yaang terlihat, ibu adalah bagaikan wadah yang mengajarkan dan mendidik berbagai macam ilmu dalam kehidupan anak anaknya dengan cinta dan kasih sayang. Sebagai pendidik ibulah yang pertama dan ibulah yang meletakan fondasi dasar.
    Ibu atau wanita memiliki perasaan yang lebih peka dan tabah.
    Setiap manusia terlahir dari rahim seorang ibu. Karena itu seorang wanita adalah sumber dari segala kebaikan yang dilakukan oleh setiap manusia yang pernah hidup.
    Jangan pernah menyakiti seoarang wanita karena mereka adalah orang yang melahirkan anak dengan penuh rasa sakit.

    • Avatar

      Sri Anisah

      18-10-2017 at 20:51

      Ibu memang wanita tangguh yang mempunyai 1000 keahlian dan 1 juta alasan untuk tetap tegar dengan segala kesabarannya dan keikhlasannya yang penuh akan kasih sayang yang membuatnya menjadi manusia yg sangat di muliakan oleh Allah , dengan itu rahim sebagai sifat Allah dititipkan di wanita sebagai anugerah terindah.

    • Avatar

      Lia Herliana

      19-10-2017 at 21:02

      Saya setuju dengan pendapat anda. Ibu bagaikan malaikat yang terlihat,selain melahirkan kita ibu juga menjadi fondasi utama untuk mengajarkan anak anaknya agar menjadi anak yang berbakti pada semua orang. Begitu istimewanya seorang wanita sehingga Allah percaya dan mengirimkan sifat ArRahim itu pada diri wanita. Maka Bersyukurlah.

    • Avatar

      Maemunah fadillah

      23-10-2017 at 13:25

      Itulah seorang ibu, kasih sayang yang ia berikan kepada anak-anaknya memang benar-benar tulus ia berikan. Ibarat sang surya, seorang ibu selalu bisa memberikan kehangatan dengan kasih sayangnya.

  9. Avatar

    Fitria dewi

    16-10-2017 at 14:51

    Wanita memiliki rasa kasih sayang yang lebih terhadap anak nya, karena wanita menggunakan perasaan bukan akal. Dan islam sangat menghormati kaum wanita. Bahkan Rasulullah pernah menjawab ketika salah satu sahabat yang betanya ” siapa yang harus kita hormati” Rasulullah menjawab ” ummi, ummi, ummi, lalu abbi. Dari situlah jelas bahwa ibu patut dihormati karena surga ada ditelapak kaki ibu.

    • Avatar

      Luinah

      20-10-2017 at 08:01

      Ya, bahkan dalam QS. Al-Ankabut [29]: 8 “Dan Kami wajibkan manusia (berbuat) kebaikan kepada dua orang ibu-bapaknya.” jadi kedua orang tua sama-sama berhak untuk mendapat perlakuan baik dari anak-anaknya. Malah, dalam salah satu hadis nabi, dalam konteks penghormatan seorang anak terhadap orang tuanya, disebutkan bahwa orang tua perempuan mendapat posisi penghormatan yang lebih tinggi dibanding orang tua laki-laki.

    • Avatar

      Maulidiya

      22-10-2017 at 18:19

      Maka dari itu kita sebagai anak harus menghormati ibu sebagai wanita,telah dijelaskan oleh rasulullah bahwa seorang ibu sangatlah mulia.

    • Avatar

      Maulidiya

      22-10-2017 at 18:49

      Memang seorang wanita sangatlah terhormat, karena dia telah berjuang mati-matian demi untuk menjaga rahimnya dan allah memuliakan derajat wanita.

    • Avatar

      siti a'isyah

      24-10-2017 at 08:07

      ya, jadi ibu adalah amanah yang sangat besar, karena ditangannya lah diberitanggung jawab mendidik anak yang pertama dan utama sekaligus pengatur rumah tangga.seorang ibu berharap anak nya menjadiyang terbaik

  10. Avatar

    siti alifah. Ips.A/1

    16-10-2017 at 14:21

    Assalamualaikum wr.wb
    Allah telah menitipkan satu sifatnya kepada manusia berjenis kelamin wanita,secara umum wanita memiliki rasa kasih sayang yang jauh lebih tinggi dibandingkan laki-laki serta pengorbanan demi anaknya luar biasa saat ia mengandung,melahirkan,menyusui,merawatnya dll.dari hal tersebut allah telah meninggikan derajatnya dibandingkan bapak dan wanitapun sangat mulia,namun dari hal itu yang masuk nerakapun kebanyakan kaum wanita pula.mungkin itu saja semoga bermanfaat.mohon maaf kalo ada yang salah. Terimakasih
    Assalamualaikum wr. wb

  11. Avatar

    Lia Herliana

    16-10-2017 at 14:21

    Seharusnya seorang lelaki harus menghormati seorang wanita bagaimanapun itu, dia adalah manusia teristimewa yang telah Tuhan ciptakan dengan sikap yang penuh dengan kelembutan dan penuh kasih sayang,dan seorang wanita pun sangat dipercayai Tuhan sehingga Tuhan memberikan titipan yang sangat luar biasa yang bernama Rahim. Sifat ini sudah melekat pada diri wanita untuk menyimpan cabang bayi yang akan dilahrikan dan dibesarkan oleh seorang ibu dengan penuh kasih sayang. Oleh karena itu, islam sangat menghormati kaum wanita,baik itu istri kita dan sama halnya menghormati ibu kita sendiri yang telah melahirkan kita.

    • Avatar

      Sri Anisah

      16-10-2017 at 19:56

      Ya memang wanita sangatlah dimuliakan oleh Allah. Karena perjuangannya yang sangat hebat bahkan seorang laki laki yang katanya kuat dalam fisik , tetapi lebih kuat seorang wanita karena taruhannya nyawa disaat melahirkan . Sifat wanita ini penyayang sehingga mereka pantas untuk slalu di cintai oleh suaminya dan anak anaknya.

  12. Avatar

    yuni anna

    16-10-2017 at 14:21

    Wanita merupakan makhluk Allah yang paling kuat dan sabar, Karena wanita di titipi rahim oleh Allah untuk menyimpan seorang manusia (bayi), dengan penuh kesabaran dan ketelitian dalam menjaganya. Wanita adalah makhluk Allah yang paling rumit dalam penciptaannya.

    • Avatar

      Luinah

      17-10-2017 at 09:43

      Maka dari itu kita sebagai mahlukNya harus bisa menjaga karuniaNya. Karena itu titipan Allah swt yg harus kita syukuri

    • Avatar

      Fitria dewi

      17-10-2017 at 16:20

      Dan kesabaran wanita tak terbandingkan. Wanita begitu sabar dalam menghadapi cobaan/rintangan. Allah selalu menguji kesabaran setiap hambanya, terutama wanita selalu diuji kesabaran nya tetapi wanita selalu sabar sabar dan sabar. Kelembutan hatinya lah yang membuat wanita begitu sabar.

  13. Avatar

    Luinah

    16-10-2017 at 14:15

    Intinya, bahwa wanita adalah mahluk yg paling hebat dan dipercayai Oleh Allah swt. Maka, secara umum wanita selalu memikirkan kasih sayang dibanding laki-laki. Mengapa?sebab wanita memiliki rahim, dan rahiem itu Sifat Tuhan. Karena itu, Islam sangat menghormati kaum wanita. Jadi apapun posisi kita sebagai wanita yg sudah dipilih dan dipercayai oleh-Nya kita harus mensyukuri, karena karakter Tuhan rahiem itu slalu melekat kedlm jiwa kita secara utuh.
    Itulah Al Rahman al Rahim yg mendorong diri kita tetap baik kpda seluruh mahluk

    • Avatar

      yuni anna

      16-10-2017 at 14:28

      Oleh sebab itu hargai lah ibu dan wanita-wanita yang ada di sekitar kalian karena mereka sudah banyak berkorban, mulai dari mengandung, melahirkan sampai merawat anak-anak mereka sampai tumbuh dan berkembang menjadi anak yang berguna bagi agama dan negara.

    • Acep Lutvi

      Acep Lutvi

      16-10-2017 at 14:29

      Kenyataan ini sekaligus Islam menggugurkan kebiasaan masyarakat Jahiliyah yang selalu menempatkan kaum wanita sebagai manusia kelas 2

    • Avatar

      Maulidiya

      16-10-2017 at 17:35

      Saya setuju dengan pendapat anda,karena seorang ibu sangatlah baik terhadap anaknya.sudah begitu banyak pengorbanan seorang ibu yang telah dilakukannya,maka hormati dan hargailah ibu kalian yang susah payah melahirkan kalian.

    • Avatar

      Fitria dewi

      17-10-2017 at 16:02

      Kita harus bersyukur kepada Allah karena kita diciptakan sebagai wanita yang dititipkan satu sifat nya yaitu rahim

    • Avatar

      Fitria dewi

      17-10-2017 at 16:29

      Ketika kita membicarakan tentang wanita, definisi wanita terlalu banyak karena ibu my everything. Allah menitipkan satu sifat nya yaitu rahim. wanita tidak pernah mengeluh dari mulai mengandung, menyusui, membesarkan dan mendidik. wanita selalu sabar dan pengorbanan wanita sangat luar biasa.

  14. Avatar

    Sri Anisah

    16-10-2017 at 14:03

    Allah telah menitipkan sifatNya pada sosok wanita . Dimana wanita sangat dimuliakan . Bahkan rosulullah menyebut Ibu sebanyak 3 kali lalu kemudian seorang ayah . Wanita sangatlah indah dia memiliki jiwa yang tulus , dengan segenap hatinya ia menjaga titipan Allah yaitu seorang bayi yang selama 9 bulan berada di rahimnya dan ketika anaknya masih bayi ,wanita harus terjaga sepanjang hari bahkan dalam malam pun ia harus tetap terjaga demi anaknya tercinta. Bahkan penghormatan islam kepada wanita di tunjukan ketika si penulis menjelaskan bahwa hajar aswad mirip dengan kepunyaan wanita yang dimana artinya bahwa Lelaki harus mencintai Wanita dengan tulus. Dengan rahim adalah sifat Allah ini menjadi indikator betapa rasa kasih sayang Allah di tunjukan kepada ibu , bahkan syurga pun berada di telapak kakinya. Allah memberikan rahmat dan karunianya kepada setiap makhluknya, dengan memberikan rejeki kepada siapapun entah dia beriman atau tidak bahkan terlepas dari baik buruknya dia.
    Wanita seperti sifat Allah yaitu Ar rahman dan Ar rahiim. Inilah anugerah terindah yang Allah berikan untuk kaum Hawa.

    • Acep Lutvi

      Acep Lutvi

      16-10-2017 at 14:30

      Karena bangga dan bahagialah anda jika menjadi wanita. Bersyukur karena anda ternyata sebagiannya mewakili sipat ketuhanan

      • Avatar

        Sri Anisah

        16-10-2017 at 19:48

        Ini adalah anugerah yang sangat saya syukuri . Wanita sangatlah dimuliakan,sehingga tugas wanita menjaga harga dirinya untuk lebih , lebih dan lebih baik lagi

  15. Silmy awwalunnisa T.IPS-A/1

    Silmy awwalunnisa T.IPS-A/1

    16-10-2017 at 14:02

    Wanita. Mahluk istimewa yang Allah. Dengan sifat Rahim yang Allah titipkan pada seorang wanita. Selayaknya pria menghormati wanita atau istrinya layaknya ia menghormati ibunya. Namun Allah memberi rejeki kepada setiap mahluk-Nya dalam posisi apapun ia berada. Allah Huakbar.

    • Acep Lutvi

      Acep Lutvi

      16-10-2017 at 14:30

      Karena bangga dan bahagialah anda jika menjadi wanita. Bersyukur karena anda ternyata sebagiannya mewakili sipat ketuhanan

  16. Avatar

    Adelia pramesetia putri T.IPS-A/1

    16-10-2017 at 13:56

    Allah menitipkan 1 sifatnya kepada manusia berjenis kelamin perempuan yang bernama Rahim. Wanita memiliki rasa kasih sayang lebih tinggi dibanding dengan laki-laki. Karena Rahim adalah sifat Tuhan. Wanita rela bangun dari tidurnya demi anaknya yang menangis, dan berhenti dari segala kegiatannya hanya untuk memperhatikan anaknya. Islam sangat menghormati wanita. Allah akan memberikan rezeki kepada wanita. Alrahman al rahim yang mendorong diri kita untuk berbuat baik kepada siapapun.

    • Silmy Awwalunnisa TIPS/1

      Silmy Awwalunnisa TIPS/1

      16-10-2017 at 14:29

      Wanita. Mahluk istimewa yang Allah. Dengan sifat Rahim yang Allah titipkan pada seorang wanita. Selayaknya pria menghormati wanita atau istrinya layaknya ia menghormati ibunya. Namun Allah memberi rejeki kepada setiap mahluk-Nya dalam posisi apapun ia berada. Allah Huakbar.

      • Avatar

        Afni nursofiya TIPS-A

        16-10-2017 at 14:57

        Wanita di berikan keistimewaan oleh tuhan. Keistimewaan wanita tidak ada pada diri seorang laki-laki. Wanita layaknya seorang bidadari yang tidak bisa bersanding mengalahkan keistimewaan wanita. Wanita seseorang yg selalu melakukan perjuangan yang sangat luar biasa dan di berikan tanggung jawab yg begitu besar. Wanita di titipkan rahim yg diisi oleh janin untuk keturunan yang begitu indah. Sebagai wanita kita wajib mensyukuri pemberian Allah.

        • Acep Lutvi

          Acep Lutvi

          16-10-2017 at 15:07

          Bahagialah karenanya jika anda menjadi wanita. Anda harus tampil menjadi manusia hebat karena wanita memiliki karunia yang sangat luar biasa

    • Acep Lutvi

      Acep Lutvi

      16-10-2017 at 14:32

      Nex point your analisys of Islamic philosophy education … ok

      • Silmy Awwalunnisa TIPS/1

        Silmy Awwalunnisa TIPS/1

        16-10-2017 at 14:59

        Yes. Sorry and thankyou.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.