Warna Kemasan Produk Juga Menentukan Keberhasilan Bisnis Anda

0 51

Warna Dalam Kemasan Produk Juga Menentukan Keberhasilan Bisnis Anda – Sebagai pebisnis, Anda patut mengetahui bahwa kemasan produk berperan sangat penting dalam proses distribusi dan pemasaran. Satu elemen penting dari kemasan adalah pemilihan warna pada kemasan produk.

Warna kemasan akan membuat bisnis Anda berbeda dengan produk bisnis orang lain. Pilihan warna akan mengatur produk agar terlepas dari pesaing produk Anda.

Dalam kajian psikologi warna, pemilihan warna kemasan harus berdampak terhadap pengiriman pesan bawah sadar yang tepat. Hal ini akan menginspirasi setiap calon konsumen untuk tertarik membeli produk yang Anda tawarkan.

Selain itu, pemilihan warna kemasan harus berhubungan dengan bentuk logo, yang juga mencerminkan citra produk Anda pada pasar untuk menarik minat pembeli.

Warna merupakan cara terbaik untuk mencerminkan dan juga meningkatkan keterpaduan citra dan branding produk Anda karena warna adalah media visual yang dapat langsung diterima oleh mata yang melihat.

Kriteria Kemasan Menentukan Daya Serap

Secara biologis, pesan yang diterima mata akan dibawa ke otak dan juga diproses hingga menghasilkan sebuah informasi. Misalnya, sebuah produk rasa anggur yang dikemas dalam warna orange tentu tak akan bekerja di otak. Otak perlu sesegera mungkin mendapatkan informasi tanpa harus berpikir ulang.

Ingat, bahwa produk Anda hanya memiliki jeda kurang lebih 2-3 detik di depan mata konsumen yang memandangi rak produk Anda. Maka, bila produk yang memiliki rasa anggur tersebut maka warna kemasannya harus berwarna ungu karena biasanya buah anggur pastilah berwarna ungu.

Jangan buat kesalahan dalam memilih warna favorit Anda menjadi warna kemasan produk yang akan Anda pasarkan, tanpa memeriksa pesan bawah sadar yang tersirat pada warna tersebut. Mungkin warna tersebut mengesankan mata yang melihat, tetapi ridak pantas untuk citra bisnis Anda.

Dalam memilih warna kemasan yang tepat, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

  1. Buat produk Anda tetap ada di pikiran konsumen dengan cara memposisikan diri Anda berada pada posisi target pasar untuk melihat apa saja yang memotivasi mereka untuk membeli produk Anda. Apakah karena dengan faktor usia, jenis kelamin, status ekonomi, atau strata pendidikan mereka?
  2. Tentukan tujuan produk Anda dan pesan apa yang ingin disampaikan kepada pembeli melalui kemasan produk Anda. Apakah ini tentang pesan profesional yang serius dan juga konservatif atau mungkin tentang kesehatan dan kesejahteraan. Atau bisa juga untuk membuat konsumen merasa baik, ataukah dengan membantu masalah atau kendala mereka. Atau justru ingin menunjukkan pesan mewah, keangggunan, ataupun kecanggihan produk Anda. Pastikan warna dan pesan yang Anda sampaikan tepat.
  3. Pahami juga budaya target pasar terkait makna yang melekat pada suatu warna pada budaya tertentu sebelum Anda membuat pilihan.
  4. Pilih warna berdasarkan pesan yang ingin Anda kirimkan pada target pasar bersama dengan informasi di atas.
  5. Buat kemasan produk Anda lebih menonjol untuk target pasar Anda agar dapat menarik perhatian pembeli produk Anda.
  6. Menguji warna kemasan Anda di pasaran untuk menentukan keberhasilan pemilihan warna tersebut, dan jika diperlukan buatlah perubahan untuk mengoptimalkan kemasan produk Anda.
Komentar
Memuat...