Take a fresh look at your lifestyle.

Waspada Salah Pilih Profesi Menyebabkan Sakit Mental

0 24

Semua orang menginginkan karir yang sesuai dengan kemampuannya dan keinginannya, namun tak sedikit dari pekerja mendapatkan karir sesuai dengan harapannya. Sebuah penelitian menunjukkan, kepuasan karir yang rendah di akhir umur 20-an serta umur 30an, akan memberikan dampak penyakit di umur 40an.

Seperti dilansir dari situs Glamour.com, yang dimaksud di sini bukan hanya kadar kebencian karena bosan akan pekerjaan. Yang dimaksud adalah karir yang dapat menyebabkan depresi, kegelisahan, hingga susah tidur.

“Anda tidak perlu menjalani karir hingga tua untuk melihat efek pekerjaan pada kesehatan Anda” jelas Hui Zheng, profesor di Ohio State University.

Kesehatan Mental

Penelitian melihat data survei yang dimulai dari tahun 1979 di National Longitudinal Survey of Youth. Lintasan kepuasan kerja ini direkam untuk peserta berusia 25 sampai 39 tahun, serta kesehatan mereka didokumentasikan setelah berumur 40. Para peneliti mencatat seberapa besar peserta menyukai pekerjaan mereka dalam skala dari 1 (sangat tidak suka) ke skala 4 (sangat menyukai).

Empat kelompok yang muncul, yaitu orang yang selalu menyukai pekerjaan mereka dengan kepuasan yang tinggi, kelompok dengan tingkat kepuasan yang rendah. Orang-orang yang menyukai pekerjaan mereka namun secara perlahan-lahan menurun. Dan orang-orang yang mulai dengan kepuasan rendah yang secara bertahap cenderung tinggi. Secara jumlah: 45 persen dari peserta memiliki kepuasan kerja secara konsisten rendah. Serta untuk 23 persen yang memiliki kepuasan terus menurun dibandingkan pada awal karir mereka. Hanya 15 persen secara konsisten menyukai pekerjaan mereka, dan 17 persen cenderung meningkat dari waktu ke waktu.

Kesehatan mental dalam kelompok kepuasan yang rendah paling berpengaruh pada jenjang karir yang buruk. Mereka dilaporkan merasa lebih tertekan di segala kondisi, memiliki masalah tidur, dan selalu khawatir. Untuk kesehatan fisik tak begitu terpengaruh, tapi masalah seperti sakit punggung dan sering pilek dilaporkan lebih banyak pada kelompok kepuasan kerja rendah dibandingkan kelompok dengan kepuasan yang tinggi.

“Tingginya level sakit mental bagi mereka dengan kepuasan kerja rendah bisa menjadi penyebab untuk masalah kesehatan fisik di kemudian hari,” kata Hui. “Peningkatan kecemasan serta depresi dapat menyebabkan masalah kesehatan kardiovaskular dan lainnya, yang biasanya baru kelihatan pada usia tua.”

Jadi mulai sekarang, carilah pekerjaan yang menyenangkan dan juga memuaskan hidup Anda.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar