Take a fresh look at your lifestyle.

Mau Wirausaha ? Usai Lulus Kuliah Adalah Waktu Yang Tepat

0 14

Pekerja yang baru lulus studi (lulus kuliah) atau fresh graduate tidak jarang sedikit disepelekan untuk hal kemampuan. Tak hanya oleh rekan senior atau juga atasan, mereka yang baru saja mulai berkarir itu pun kerap meragukan diri sendiri dengan alasan, masih miskin ilmu serta pengalaman. Alhasil tak sedikit dari mereka yang ragu mencoba sejumlah peluang, apalagi untuk berbisnis.

fresh graduate
fresh graduate

Berbagai opini seperti itu tentu saja tidaklah benar. Karena para fresh graduate memiliki beberapa keistimewaan yang tidak dipunyai oleh karyawan lama. Beberapa kelebihan tersebut juga membuat mereka dapat lebih fleksibel untuk berwirausaha. Dengan sulitnya mencari kerja di zaman ini, berbagai kelebihan itu pun wajib kita manfaatkan. Inilah empat keistimewaannya, seperti yang dikutip dari situs BBC:

Belum Ada Tanggungan

Sesaat pasca lulus studi (lulus kuliah) adalah waktu yang tepat untuk memulai berwirausaha. Mengapa? Karena mempunyai pengalaman atau tidak, umumnya para fresh graduate ini masih belum memiliki tanggungan. Sebagian dari mereka juga belum terlalu terjebak dalam gaya hidup yang mahal, membayar bunga, dan hal lainnya yang menggerus keuangan. Dana untuk membuka usaha pun jadi tak terpotong sana-sini sehingga kemungkinan usaha lebih berkembang juga lebih tinggi.

Spirit Tinggi

Bernd Schoner, penulis buku The Tech Entrepreneur’s Survival Guide mengatakan ada berbagai alasan mengapa para fresh graduate bisa menjadi entrepreneur hebat. Salah satunya adalah semangat dan keluguan mereka dalam berbisnis. Belum banyak tahu soal wirausaha ternyata dapat menguntungan. Karena pengusaha muda tersebut jadi tak terlalu khawatir mengenai kesuksesan bisnisnya. Ide atau juga inovasi yang lebih segar pun jadi bisa lebih terdalami.

Kerja juga Bangun Usaha

Kesempatan untuk memiliki lebih dari satu profesi memang cukup terbuka untuk para fresh graduate ini. Karena umumnya mereka belum berkeluarga sehingga masih punya banyak waktu yang luang. Menurut pelatih karir Universitas Kent Inggris, Bruce Woodcock punya lebih dari satu pekerjaan dapat berguna untuk meng-upgrade portfolio dan pastinya menambah penghasilan.

Selain itu, fleksibilitas ini juga dapat dimanfaatkan untuk kerja sambil belajar buka usaha. Sehingga jika Anda gagal dalam sebuah profesi, cadangan pekerjaan juga masih tersedia.

“Pekerja yang baru lulus sering memanfaatkan kebebasan mereka dengan kerja kontrak jangka pendek, berganti-ganti profesi dan mengabaikan garis jenjang karir demi portofilo atau untuk bekerja plus menyiapkan bisnis sendiri,” ujar Bruce.

Minta Bantuan

Masih juga belum percaya diri membangun bisnis sendiri? Kumpulkanlah beberapa teman dengan keahlian-keahlian yang berbeda untuk mewujudkannya. Dengan semangat jiwa muda yang umumnya dimiliki para fresh graduate, mimpi tersebut bukanlah hal yang mustahil untuk jadi kenyataan. Selain mereka, Anda juga dapat mempekerjakan para freelance yang sudah ahli untuk sesekali memberi masukan dan menguatkan pondasi bisnis dengan kemampuan serta ilmu yang dia punya.

“Anda bisa menutup kekurangan dalam masalah kemampuan dan pengalaman dengan membangun ‘tim impian’ dari para supporter, ahli, mentor, serta penasihat yang sudah memiliki ilmu yang dibutuhkan. Tarik perhatian mereka kepada Anda dengan menunjukkan entusiasme, minat, dan visi,” saran coach karir Maite Baron. (dhirga)

(lulus kuliah)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar