Yakinlah Setalah Kesulitan Pasti Akan Ada Kemudahan

0 197

Meyakini sesuatu memang tidak mudah jika tidak ada bukti yang bisa kita saksikan sendiri. Contoh sederhana, ketika kamu ditawari seseorang untuk membeli suatu barang, tapi kamu tidak bisa meligat bareng tersebut. Maka kamu tidak akan memberikan uang atau membelinya sebelum barang itu dibawa ke hadapan kamu.

Ini adalah contoh kecil tentang sebuah keyakinan. Lalu bagaimana jika yang menjamin keyakinan itu Allah SWT? Bagaimana jika kamu diminta yakin oleh Allah terhadap sesuatu yang belum kamu alami sebelumnya? Apakah kamu juga akan ragu?

Allah SWT berfirman dalam surat Al-Asyr, yang artinya “karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan”.  Ini  jelas-jelas Allah sendiri yang menyatakan. Apakah kamu juga masih ragu? Seharusnya kamu yakin, karena Allah tidak akan mengingkari janji-Nya.

Selain itu, meyakini bahwa setelah kesulitan akan ada kemudahan merupakan suatu mindset baik yang akan membuat otak mu berpikir positif. Ini bagian dari latihan agar otak kamu bisa berpikir optimis hingga tidak mudah putus asa apabila diahdapkan pada persoalan yang pelik.

Allah juga menegaskan dalam surat Al-baqarah ; 286, bahwa “Allah tidak akan membebani seorang hamba melainkan sesuai dengan kesanggupannya”. Ayat ini memberi pelajaran kepada kita untuk senatiasa bersabar dalam menghadapi sebuh ujian, cobaan, atau peristiwa buruk lainnya. Segala bentuk cobaan atau ujian yang ditimpakan kepada kita, tidak lain itu semua sudah terukur kapasitasnya.

Ukuran itu telah Allah sesuaikan dengan kadar tinggi-rendahnya kemampuan kita dalam menghadapi suatu ujian atau cobaan hidup. Ini berarti, segala apa yang menimpa kita, tidak lain karena kita mampu untuk menerima dan menghadapinya. Apabila kita tidak mampu, maka Allah tidak akan menimpakan ujian itu kepada kita.

Jika begitu adanya, lalu kenapa kita masih mengeluh? Bahkan menganggap bahwa Allah tidak adil dan merasa hidup kita paling susah karena tidak seperti hidup orang lain yang terlihat baik-baik saja.

Harus kita yakini juga, bahwa dibalik semua peristiwa, baik itu peristiwa baik atau buruk, pasti terdapat hikmah yang tersembunyi di dalamnya. Masalah atau ujian adalah proses pendewasaan dan pematangan diri. Ketika kita ditimpa ujian, maka sebenarnya Allah sedang melatih kita untuk menjadi seseorang yang lebih kuat dan lebih dewasa.

Allah sedang melatih dan mempersiapkan diri kita agar kita mampu menghadapi permasalahan-permasalahan dan kenyataan-kenyataan hidup yang tidak selamanya mulus. Hal ini terbukti dengan semakin dewasa usia seseorang, maka semakin berat juga permaslahan yang dihadapinya.

Oleh karena itu, sebagai hamba Allah yang segala aturan-aturan dan ketentuan-ketentuan-Nya berlaku terhadap diri kita, maka kita harus yakin kepada ketentuan dan janji-Nya. Jangan pernah mengeluh ketika ditimpa musibah. Jalani saja semua itu dengan sabar dan ikhlas.

Walalu pun terkadang manusia menganggap bahwa ujian itu merupakan suatu musibah bahkan kesialan, tetapi sebenarnya segala bentuk ujian diturunkan dengan mengandung bayak kebaikan di dalamnya. Hanya saja terkadang kita keliru dan tidak menadarinya.

Jalanilah ujian dengan bpenuh keikhlasan dan kesabaran, terus berusaha dan tetaplah berjalan di jalan yang benar yang Allah ridhai. Yakinlah ada sesuatu yang menanti mu selepas banyak kesabaran yang kau lalui, yang akan membuat mu terpana, hingga kau lupa pedihnya rasa sakit (Ali bin Ab Tahlib).

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.