Yanti tetap Memilih Sendiri | Nokhtah Kerinduan Tuhan Part – 10

26 177

Setelah insiden penuh rona keindahan di Hotel Bandung itu, Yanti untuk beberapa saat lamanya merasa terpukul dan merasa sangat menyesal yang sangat dalam atas apa yang dialaminya. Ia bukan saja merasa bersalah bahwa dirinya telah menodai kesucian cinta yang dimilikinya kepada Alamsyah, tetapi, ia menjadi bingung membuat relasi antara dirinya dengan atasan atau bahkan dengan pemilik perusahaan di mana dia bekerja. Sejak saat itu, HP Yantipun tidak pernah berhenti berdering dalam durasi waktu yang panjang, tentu dengan suara telephon yang sama dan dari sumber telephon yang juga sama, yakni Alamsyah.

Cinta Sebening Embun

Alamsyah sangat tulus mencintainya. Setulus dan sebening embun di pagi hari. Ia merasa bersalah bukan saja terhadap istri yang dijaga dan menjaga ketulusan cinta itu, tetapi, juga tentu atas rasa dirinya kepada Tuhannya. Ia yang yakin menjaga ketulusan cinta istrinya yang mencintainya dengan tulus itu adalah bagian dari cara beribadah kepada Tuhannya, tiba-tiba harus luruh dalam sebuah patologi sosial yang sangat akut. Ia banyak beristighfar dan kembali membaca berbagai ayat dalam kitab suci.

Tidak henti, ia berdo’a kepada Tuhannya atas permohonan ampunan tentu saja. Iapun sejak saat itu, tidak pernah berhenti menambahkan jumlah kedermawanannya kepada fakir miskin dan anak yatim piatu dengan harapan atas apa yang dilakukannya untuk memberi keberkahan kepada Yanti.

Tetapi Alamsyah tidak mengerti, mengapa Yanti tidak mau dinikahinya. Yanti tetap mengelak untuk dinikahi Alamsyah sampai kapanpun. Ketidakmauan itu, bukan lantaran Yanti tidak mencintainya, tetapi, lebih karena ia begitu menyayangi Alamsyah dan menghindari sekuat mungkin pandangan masyarakat atas apa yang dilakukan Yanti dengannya. Demi cintanya, Yanti tidak ingin Alamsyah jatuh karena cintanya kepada dirinya. Ia juga sadar betapa sakitnya hati seorang perempuan yang hari-harinya menunggu suami pulang dari ruang kerja, sementara ia hidup penuh hura-hura dengan perempuan lain.

Tak kuasa dia mengingat apa yang dialaminya di masa lalu, di mana dia menunggu suaminya pulang, tetapi ternyata bermain asmara dengan perempuan lain. Ia tidak ingin istri Alamsyah mengetahui kejadian ini. Ia tetap menyembunyikan segenap kejadian yang dialaminya bersama Alamsyah, tentu ia juga menjaga cinta dan segenap ketulusan cinta dimaksud dalam hati sanubari terdalamnya.

Yanti Positif Hamil

Dua minggu setelah kejadian Bandung itu, Yanti membeli Testpack. Setelah diujicobakan, ternyata cinta kasih mereka yang dilakukan tanpa sengaja membuahkan hasil. Ia positif hamil. Ia ragu awalnya menyampaikan kisah ini kepada Alamsyah. Tetapi kemudian dia akhirnya menyampaikan dengan suara sangat terbata-bata. Hati Alamsyah saat mendengar kabar itu, awalnya sangat gelisah dan membuat dirinya kalang kabut. Pandangan matanya menjadi kosong dan kabur. Setelah berbagai diskusi itu berlangsung dalam komunikasi maya antara keduanya, Yanti tetap pada pendirian untuk tidak mau dinikahi Alamsyah dengan alasan kasian sama istri pertama Alamsyah. Betapa sakitnya seorang istri, jika diketahui suaminya melakukan hal-hal yang tidak baik dalam pandangan agama dan sosial.

“Alamsyah mengatakan: “harus bagaimanakah aku Yanti … Aku tulus mencintai kamu. Tak mungkin rasanya aku melupakan dan meninggalkan serta membiarkanmu dalam kesendirian dengan duka tentu saja didalamnya. Kau harus yakin, bahwa betapa aku sangat tulus mencintaimu. Dengan terbata-bata, Yanti mengatakan: “Kau juga jangan ragukan cintaku. Tiada kebahagiaan kecuali aku mendengar suaramu dan mengetahui kalau dirimu berada dalam segenap kebaikan. Tetapi demi cinta tulusku kepadamu, maka, biarkanlah aku hidup tanpa dirimu”.

Sejak saat itu, Alamsyah sering menangis sendiri. Terlebih ketika Alamsyah tahu, Yanti tetap ingin dalam kesendirian tanpa dirinya. Ia mengatakan bahwa dirinya adalah wanita yang bertanggungjawab atas apa yang dilakukannya. Janin ini akan aku biarkan tetap tumbuh dalam rahiemku, toch kalaupun menikah denganmu, apa yang kita lakukan tetap salah, dan tidak menghapus dosa yang telah dilakukannya bersama. Jangan khawatir, kata Yanti aku akan menjaganya sebagaimana aku menjaga cintamu sampai kapanpun.

Ketika Alamsyah bertanya, bagaimana jika ada orang lain yang bertanya siapa ayah anak yang ada dalam rahiem-mu Yanti? Ia menjawab dengan tangisan dan kembali mengatakan bahwa biarlah hal ini menjadi urusanku. Dan di luar dugaan Alamsyah, Yanti menikah dengan seorang pemuda yang tidak menikah-menikah meski umurnya sudah 42 tahun. Laki-laki itu adalah kawannya sesama siswa di SMA di mana mereka pernah belajar. Yanti tahu kalau laki-laki itu adalah tidak normal, karena ia tidak memiliki hasyrat asmara.

Yantipun jujur mengatakan bahwa perkawinan dengan pemuda itu, hanya untuk menutupi aib sosialnya. Ia mengatakan secara jujur kepada laki-laki itu. Ia rela dikawin kontrak kata yanti kepada Alamsyah suatu hari. Ini adalah kawin berpura-pura. Hubungan tanpa sedikitpun rasa. Pernikahan itupun dilangsungkan dengan sangat sederhana, 4 minggu setelah kejadian Bandung bersama Alamsyah. Perkawinan itu hanya dihadiri Ghina, dan segenap keluarga Yanti. Tanpa seorangpun dari keluarga suami kontraknya.

Demi Cinta aku Mencintai Keluargamu

Setelah Yanti posisitif hamil dan ia tetap pada pendiriannya untuk tidak menikah dengan Alamsyah, dengan alasan karena mencintai keluarganya, Alamsyah hanya menghabiskan sepertiga malamnya berdo’a kepada Allah. Alamsyah bukan hanya sekedar mendoakan kesehatan Yanti dan anak-anaknya, tetapi juga mendo’akan segenap kebahagiaan untuknya dan keluarganya.

“Ia merelakan waktu istirahatnya hanya untuk bertemu dengan Tuhannya. “Ya Allah .. jagalah Yanti dan segenap keluarganya. Berilah perlindungan dan jadikanlah ketabahan dan ketaatan kepada-Mu selamanya. Aku tak rela dia menenestakan air mata karenaku. Aku demikian tulus mencintainya sampai kapanpun. Jika apa yang kami lakukan tidak bisa Kau maafkan, maka, jangan Kau tiba-kan siksa-Mu kepada anak yang ada dalam janinnya. Aku berlindung kepada-Mu dan mohon berilah segenap ampunan itu untuk kami selamanya”

Sejak saat itu, Alamsyah hanya membaca dan membaca al Qur’an. Ia menjadi demikian tenang setenang ikan-ikan dalam lautan. Hanya saja, banyak waktu, yang dia habiskan untuk meneteskan air mata ketulusan atas cintanya kepada Yanti. Dengan nada agak senyap, Alamsyah sering mengatakan: “Yanti … bahagialah selalu. Kalau kau benar-benar mencintaiku dan menyayangiku, maka, senyumlah agar aku tegar menjalani hidup. By. Charly Siera … Bersambung

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

  1. ifa nurfaizah berkata

    Karena cinta bisa membuat seseorang menjadi buta mata juga buta hati, sekalipun ia dapat membedakan mana yang dilarang dan diprintahkan jika sudah berada dalam naungan cinta ia akan lupa akan segalanya. Penyesalan memang datangnya diakhir ..
    Dalam islam juga tidak memperbolehkan nikah kontrak ..

  2. muflikha berkata

    Sebaiknya dalam mengambil suatu keputusan sebaiknya kita harus bisa lebih bijak dalam mengambil suatu keputusan. Oleh karena itu keputusan yang yanti ambil ini termasuk pilihan yang baik, karena dia rela terluka demi kebahagiaan orang lain. Karna dia yakin bahwa dia akan bahagia.

  3. khofifah berkata

    sifat yanti yang begitu sabar.meski begitu terjal perjalanan hidupnya dia tetap begitu kuat dan tanpa membebani orang lain

  4. Uun Unesih berkata

    Sungguh kesabaran yang dimiliki yanti sangat luar biasa walaupun dia telah tersiksa dalam keadaannya, demi menjaga perasaan istri pertama dari alamsyah, dia rela mengorbankan semuanya.

  5. Tri Anis berkata

    Menurut saya, Yanti adalah perempuan yang tegar dimana dia tetap memilih sendiri karena tidak ingin menyakiti hati istri alamsyah. Sebagaimana apa yang pernah ia rasakan saat menikah dulu

  6. Mohamad Adha berkata

    Memang tindakan yang kita lakukan akan menimbulkan seribu penafsiran dipandangan masyarakat . Kita harus sadar tidakan apa yg sebelumnya kita lakukan apakah baik atau buruk, kita harus bisa menanggung resiko atas apa yg kita perbuat. KIta haruslah kuat, tegar dan tabah dan serahkan masalah tersebut kepada Allah SWT dengan dibarengi atas usaha sebelumnya.

  7. Febrialdy Imandyanto Kusuma berkata

    sabar adalah kunci keberhasilan seseorang. dengan kesabaran pasti seseorang akan mencapai tujuannya.

  8. Azis surokhmat berkata

    Konsisten merupakan hal yang luarbiasa ketika manusia mampu menjalaninya dengan benar dan akan menghasilkan yang luarbiasa pula, begitu dengan yanti yang tetap konsisten terhadap tanggung jawabnya atas dosanya yang menghasilkan cinta yang nyata bukan cinta buta.

  9. Ririn Fitriani 3MPI B berkata

    Rasul mengajarkan bahwa nikah mut’ah atau kawin kontrak itu haram,sebagai perempuan yg sholehah kita harus bisa menjaga kehormatan. Karena wanita adalah perhiasan dunia,dan wanita juga merupakan fitnah yg paling terbesar.

  10. KORIATUNISA berkata

    Citna itu tidak harus memiliki kita bisa memberikan rasa cinta dengan cara yang berbeda yaitu dengan mendoakan orang yang kita cintai agar Allah selalu melindunginya di manapun dia berada.

  11. siti alifah berkata

    selagi kita ingat dengan allah jangan merasa takut bahwa kehidupan yang akan dijalani sendiri, harus tetap kuat dan tegar walaupun perempuan tetapi tidak maslah.

  12. Zainal Ma'arif berkata

    sesungguhnya suatu perbuatanyangmendekati maksiat atau zina itu haram. Dampak yang terjadi padamereka sekarang hanyalah menyesalinya akan perbuatannya dan menerima segala resiko apapun.

  13. Qorry Yafatihana berkata

    harus teguh dan sabar dalam situasi apapun. yanti yang begitu menghargai istri dari alamsyah, ia tetap memilih untuk sendiri.

  14. Birnawati berkata

    Nikah itu bukan ritual mainan. Perempuan yang mau dinikahi secara kontrak itu mereka tidak lagi pantas disebut perempuan. Jangan mau dinikahi secara kontrak, apalagi pura2 demi menutupi aib didunia. Melakukan segala hak demi menutupi aibnya dimasyarakat tapi bagaimana jika Allah membuka aib kita diakhirat kelak? Tidakkah kita memikirkan orang lain atau anak yang ada didalam janin tersebut. Bagaimana dengan masa depannya nanti? Sekalipun kesalahan yang tidak disengaja itu telah terjadi sosok perempuan bernama yanti itu tidak seharusnya mencari solusi lain untuk menutupi dan menyelesaikan itu semua. Apalagi dengan berpurapura menikah demi menutupi aibnya

  15. Lia Herliana berkata

    Allah telah menciptakan segala sesuatu yang ada di bumi dengan cara berpasang-pasangan. Pada dasarnya yang dimaksud dengan berpasang-pasangan ini ialah laki-laki serta perempuan maupun dalam fauna ialah jantan serta betina. Semuanya telah diciptakan sedemikian rupa supaya makhluk hidup bisa berkembang biak serta mempunyai keturunan.

  16. Siti MH berkata

    Yanti menjalani semua hidup dengan tegar dan sabar

  17. Peggi Agisna IPS 1/A berkata

    kalau menurutku lebih baik menikah dengan orang yang kita cintai karena itu akan memuaskan perasaan nya yang saling mencintai walaupun merasa tidak enak terhadap istri petama dari pak alamsyah dari pada menikah dengan pemuda yang tidak ia cintai dan apalagi tujuanya hanya untuk menutupi aib sosilnya dengan kata lain nikah kontrak. dalam islam menurut Ahlus Sunnah Wal Jamaah madzhab empat, bahwa nikah mut’ah (nikah kontrak) itu hukumnya haram karena tujuan umumnya itu untuk memuaskan kesenangan seksual bagi lelaki dan mungkin wanita hanya dianggap sebagai persewaan

  18. Fariz Aldi Dwi Rahmawan.Tips A/1 berkata

    Yanti tetap Memilih Sendiri | Nokhtah Kerinduan Tuhan Part – 10
    Yanti mengahargai istri Alamsyah dan memilih sendiri. Dalam hal ini seorang Yanti begitu tegar namun yanti berhak mendapatkan kebahagiaan,, seorang wanita memberikan contoh dalam ini wanita orang yang mampu menahan kepedihan .

  19. Iqbal ismial berkata

    Tidak ada yang salah sebenarnya dengan kesendirian, hanya saja gue melihatnya sebagai sesuatu yang tidak sempurna. Karena sejatinya kita ditakdirkan untuk berpasang-pasangan, bahkan sendal yang fungsinya untuk diinjak-injak pun punya alasan kenapa mereka diciptakan berpasangan.

  20. Mariyo Tadris IPS/A Semester 1 berkata

    Yanti Tetap Memilih Sendiri | Nokhtah Kerinduan Tuhan Part – 10
    dengan alasan tidak ingin membuat istri Alamsyah kecewa yanti memilih untuk sendiri hal ini membuktikan bahwa wanita begitu tangguh dan sabar. Mereka mampu memikul beban berat dan tidak mengeluh. ” seorang ibu bisa menjadi seorang ayah tapi seorang ayah tidak akan mampu menjadi seorang ibu walau sehari ” memang perumpamaan yang berat bagi seorang wanita

  21. Adelia Pramesetia berkata

    Sosok yanti disini ia memiliki sikap yang sangat tegar mengahadapi masalah masalahnya, namun disisi lain tetap pernikahan kontrak tidak diperbolehkan di dalam agama dan itu adalah perbuatan yang salah

  22. Luinah berkata

    Wanita itu makhluk yg sempurna dimata Allah, wanita itu harus dilindungi bukan dinodai maupun disakiti. Dan wanita itu sangat sabar dan tegar menghadapi segala cobaan yang datang pada dirinya.

  23. Iqbal ismil berkata

    wani sosok perempuan yg meympurnkan dari laki laki agar bisa melengkapi kehidupan manusia

  24. MUNIRUDIN berkata

    Wanita adalah seorang yang sangat mulia karena tanpa wanita tidak ada kasih sayang.

  25. Aninda fidiya sari berkata

    Assalamualaikum.
    Perempuan adalah makhluk allah yang di ciptakan dari tulang rusuk. Mereka begitu tangguh dan sabar. Mereka mampu memikul beban berat dan tidak mengeluh. Nikah kontrak tidak di diperbolehkan dalam agama islam, seperti yang di terangkan menurut HR. Imam muslim “ketahuilah bahwa (pernikahan mut’ah) adalah haram mulai hari ini sampai hari akhir, barang siapa yang telah memberikan sesuatu kepada perempuan yang dinikahinya secara mut’ah, maka janganlah diambil kembali.” (HR. Imam Muslim)

  26. siti khodijah berkata

    Seorang perempuan itu sangat begitu tegar dan Wanita diciptakan bukanlah dari kepala untuk dijadikan pemimpin, wanita tidak diciptakan dari kaki untuk dijadikan sebagai alas. Tapi wanita diciptakan dari tulang rusuk untuk dijadikan pendamping,dekat dengan tangan untuk dilindungi dan dekat dengan hati untuk dicintai.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.