Yuk Bangun Pola Hidup Yang Sehat di Tempat Kerja

0 37

Tidak sedikit para pekerja mengalami kondisi dimana lebih mementingkan pekerjaannya secara berlebihan dan melalaikan aspek kehidupan yang lain atau biasa disebut dengan si “workaholic”.

Kesehatan sebetulnya lebih penting, saat kondisi kesehatan kita mulai terganggu tentu semua kegiatan kita juga akan terganggu, termasuk dengan pekerjaan kita. Menjaga pola hidup sehat seringkali sulit dilakukan apalagi di kota besar seperti Jakarta misalnya. Dimana banyak sekali makanan serta cemilan yang kurang sehat untuk tubuh kita ini.

Menjadi profesional dengan sebagian besar waktu dihabiskan di kantor selama kurang lebih dari 8 jam dalam lima hari kerja (atau bahkan enam hari kerja), dalam waktu tersebut kita seringkali mengkonsumsi berbagai makanan yang tidak sehat atau bahkan sering telat makan sehingga akan menyebabkan Anda sakit.

Untuk membantu anda tetap produktif dengan cara menjaga pola hidup yang sehat di tempat kerja, perhatikan beberapa tips berikut ini:

Jangan Lewatkan Sarapan

Gorengan, lontong sayur, nasi uduk, bahkan mie ayam bisa saja tersedia pada pagi hari untuk memenuhi kebutuhan menu sarapan Anda. Namun, sarapan di rumah atau membawa sarapan dari rumah tentu akan jauh lebih sehat dari semua makanan itu. Selain itu, sarapan juga menghindari Anda merasa lapar sebelum jam makan siang datang sehingga menghindari Anda dari camilan dengan tinggi kalori.

Jangan Makan di Meja Anda

Makan di meja kerja akan membagi konsentrasi Anda antara makan dengan bekerja. Hal ini akan membuat Anda makan dengan cepat dan tak cepat kenyang sehingga porsi makan Anda menjadi lebih besar dari yang Anda butuhkan. Selain itu, bangkit dari meja kerja akan memberikan kesempatan Anda untuk berjalan-jalan melakukan peregangan sehingga tubuh tak kaku.

Bawa Bekal Makan Siang

Seperti sama halnya sarapan, membawa bekal makan siang tentu jauh lebih menyehatkan dibandingkan makan makanan luar. Di samping itu, membawa bekal makan siang akan menghemat pengeluaran Anda.

Siapkan Cadangan Makanan Sehat

Jika Anda memiliki loker atau meja dengan ruang yang lebih, simpanlah berbagai camilan sehat seperti kacang-kacangan atau buah-buahan. Jangan kemudian menyimpan keripik, cokelat, atau kudapan ringan lainnya. Memiliki cadangan makanan akan menghindari Anda untuk jajan di sela-sela jam makan.

Ubah Pola Makan

Jika Anda terbiasa dengan porsi makan siang yang besar namun masih saja mengkonsumsi kudapan pada pertengahan pagi dan sore hari, cobalah untuk mengurangi porsi makan Anda. Toh, Anda akan tetap memakan camilan pada sore hari.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.