Inspirasi Tanpa Batas

Yuk Buat Rencana Bisnis Yang Efektif

0 5

Yuk Buat Rencana Bisnis Yang Efektif – Hampir setiap karyawan kantoran tergiur untuk memiliki usaha sampingan. Selain menerima gaji bulanan, usaha sampingan bisa mendatangkan penghasilan tambahan

Namun, usaha sampingan yang baru dirintis tak serta merta memberikan keuntungan. Apalagi jika Anda tidak memiliki rencana bisnis guna mengarahkan usaha sampingan Anda ini. Tidak heran jika banyak usaha sampingan yang akhirnya gulung tikar. Bukan karena kurang modal, namun karena kurang strategi.

Memiliki ide cemerlang saja takkan cukup. Anda perlu mengimbanginya dengan rencana bisnis yang matang. Rencana bisnis menjadi bagian yang penting demi menunjang kesuksesan sebuah bisnis atau usaha.

Jika Anda tak mau usaha atau juga bisnis sampingan merugi atau bahkan sampai gulung tikar, yuk kita simak beberapa tips mudah untuk membuat rencana bisnis yang efektif:

Apa Tujuan Anda Membuat Usaha Sampingan?

Dalam merencanakan usaha sampingan, hal pertama yang harus Anda tentukan adalah tujuan dan visi misi. Akan lebih baik jika Anda memiliki latar belakang yang jelas serta detail tentang tujuan Anda membangun usaha sampingan. Tujuan yang jelas mengarah kepada perencanaan jangka panjang yang lebih matang. Jika Anda masih bingung menentukan tujuan usaha sampingan, Anda hanya perlu meluangkan waktu sejenak guna membayangkan produk atau jasa Anda. Apa tujuan Anda membuat produk atau jasa tersebut? Tak perlu menunggu tujuan yang wah. Usaha sampingan memang diawali dari tujuan untuk membantu orang-orang di sekitar dulu, hingga nantinya menjadi tujuan yang lebih luas dan mendunia.

Apa yang Akan Anda Tawarkan?

Setelah menentukan tujuan, Anda sebaiknya mendeskripsikan usaha sampingan atau juga produk yang akan Anda jual. Gambarkan secara terperinci, mulai dari produknya apa, untuk siapa, dimana dan bagaimana mereka bisa mendapat produk atau jasa tersebut, dan lain sebagainya. Ajukan pertanyaan-pertanyaan tentang produk Anda dan juga berikan jawaban yang jelas sehingga Anda lebih mudah mendeskripsikan produk Anda. Memahami kelebihan serta kekurangan produk bisa menjadi cara lain untuk mengenal produk dengan baik. Jangan hanya fokus kepada kelebihan saja, atau malah hanya memikirkan kelemahan produk. Mengenal produk dengan baik berpengaruh terhadap pemilihan strategi pemasaran yang sesuai untuk menarik minat konsumen.

Apakah Usaha Sampingan Dapat Menjadi Solusi Terbaik untuk Pelanggan?

Melakukan survey atau memberi kuisioner adalah hal yang dilakukan oleh perusahaan besar untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan di atas. Tentu perlu biaya yang besar untuk melakukan hal tersebut. Jika Anda memiliki sedikit modal dan usaha Anda masih tergolong startup, sebaiknya Anda melakukan hal tersebut secara langsung. Saat pelanggan membeli produk Anda, ajaklah mereka berkomunikasi. Tanyakan secara langsung apa yang mereka sukai dari produk Anda. Lakukan hal ini dalam beberapa hari sehingga Anda mendapat jawaban yang akurat.

Apa yang Akan Menjadi Risiko Usaha Anda?

Pasti ada risiko di balik sebuah usaha. Mengantisipasinya dapat membuat Anda lebih waspada dalam mengambil keputusan. Antisipasi tersebut harusnya dibarengi dengan rencana strategi terhadap risiko bisnis. Dengan bertanya kepada orang yang pernah berbisnis akan membuka wawasan Anda tentang risiko bisnis yang biasa kita hadapi, sehingga Anda bisa mempersiapkan diri apabila risiko tersebut menghampiri usaha sampingan Anda.

Komentar
Memuat...