Yuk Buat Sofamu Bersih dan Terawat

0 5

Sofa saat ini banyak dipilih sebagai tempat duduk, baik itu di ruang tamu atau di ruang keluarga. Busanya yang empuk dengan pelapis kain atau kulit memang membuat sofa lebih nyaman untuk duduk daripada bangku kayu yang keras. Namun, bahan tersebut membutuhkan perawatan yang lebih cermat karena mudah kotor dan menyerap debu.

Jika tak dirawat dan dibersihkan sofa akan menjadi sarang penyakit. Masalah lainnya, sofa juga lebih sulit dibersihkan jika terkena noda. Agar sofa selalu bersih dan terawat serta tidak menjadi sarang penyakit, ikuti saran di bawah ini:

Bersihkan sofa secara teratur dengan penyedot debu. Bersihkan bagian sudut-sudut yang sulit dijangkau dengan sikat. Jika memungkinkan, lakukan pencucian dengan air dan sabun.

Pelapis sofa bongkar pasang lebih mudah perawatannya. Anda tinggal melepas sarung sofa kemudian mencucinya. Jika Anda tak dapat melakukannya sendiri, Anda bisa memanfaatkan jasa pencucian sofa. Untuk jenis sofa kulit, Anda harus lebih cermat dan teliti. Sofa kulit asli membutuhkan perawatan lebih dalam kehatian-hatiannya. Bersihkan dengan cairan khusus untuk pembersih kulit. Sedangkan kulit sintetis dapat dilap dengan kain basah.

Atur Kelembaban Ruangan

Jaga selalu sofa Anda agar terhindar dari kelembaban. Sebab, kondisi lembab akan memicu tumbuhnya jamur di busa yang menyebabkan batu tidak sedap. Letakkan sofa dari tempat yang tak terkena udara luar dan sinar matahari langsung. Karena sinar ultraviolet akan merusak bahan sofa dan membuat warnanya cepat pudar.

  • Untuk menghilangkan noda, segera bersihkan. Semakin cepat noda dibersihkan, semakin mudah untuk menghilangkan nodanya.
  • Jika nodanya cair, segera lap dengan tisu atau kain yang mudah dalam menyerap cairan.
    Untuk noda minyak, segera tempelkan kertas penyerap minyak atau bedak tabur supaya minyak terserap, kemudian sikat dengan spons yang dibasahi oleh air sabun. Beri sedikit tetesan air lemon agar minyak mudah diangkat. Jangan gunakan sikat berbulu keras karena akan merusak pelapis sofa.
  • Noda makanan, saus, kopi, cokelat, buah, dan sebagainya bisa dibersihkan dengan air sabun. Agar noda membandel mudah dihilangkan, Anda bisa mencoba membersihkannya dengan bantuan sedikit cuka. (dhirga)

(bersih dan terawat) (pelapis kain)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.