Yuk lakukan Kegiatan ini untuk Mengasah Otak dan Meningkatkan Kemampuan Kognitif Kita

Yuk lakukan Kegiatan ini untuk Mengasah Otak dan Meningkatkan Kemampuan Kognitif Kita
0 75

Mengasah otak dengan game ternyata tidak memberi manfaat secara signifikan, menurut para ahli game tidak memberi manfaat bagi kesehatan otak. Sebagai gantinya, sebuah laporan dari Dewan Kesehatan Otak Global merekomendasikan untuk kesehatan otak sebaiknya kita terlibat dalam kegiatan interaksi sosial dan kepekaan kepribadian.

Para ahli Kesehatan Otak menegaskan bahwa, semakin muda seseorang memulai aktivitas berkebun atau mempelajari alat music maka semakin baik fungsi otak mereka seiring bertambahnya usia. Kolaborasi ilmuwan internasional dan para pakar kesehatan memngungkapkan telah menghasilkan sebuah laporan mengenai cara terbaik untuk merangsang otak dan mengurangi penurunan kognitif.

Seperti yang di lansir BBC News, bahwa meskipun banyak orang berpikir bermain game online seperti permainan puzzle, sudoku dan game lainya yang dirancang untuk memperbaiki kesehatan otak itu namun secara fakta belum terbukti.

Jika kita memainkan game pengasah otak, kita mungkin menjadi lebih baik dalam permainan itu, namun perbaikan dalam kinerja game belum terbukti secara meyakinkan menghasilkan perbaikan kemampuan kognitif sehari-hari. Misalnya, tidak ada bukti bahwa bermain sudoku akan membantu Anda mengelola keuangan Anda dengan lebih baik, tambahnya.

Contoh Kegiatan yang mengasah otak dan meningkatkan kemampuan kognitif

Lalu pertanyaannya kegiatan apa yang mengasah otak dan meningkatkan kemampuan kognitif? Jawabanya ada pada laporan tersebut. Para ahli merekomendasikan untuk mencari aktivitas baru yang menantang cara berpikir dan terlibat secara sosial, sekaligus menjalani gaya hidup sehat. Berikut ini contoh kegiatan yang baik sedini mungkin di lakukan untuk mengasah otak dan meningkatkan kemampuan kognitif:

  • Berlatih tai chi
  • Kelas fotografi
  • memasak
  • Berkebun
  • Menulis kreatif
  • Proyek seni
  • Menjadi relawan
  • Bermain Kartu dengan Teman

Sebenarnya masih banyak kegiatan yang mengasah otak dan meningkatkan kemampuan kognitif. Seperti yang di ungkap James Goodwin, kepala ilmuwan di Age UK, yang membantu mendirikan Dewan Kesehatan Otak Global, mengatakan Pada BBC News. Bahwa penurunan otak tidak dapat dihindari.

“Ada banyak kegiatan yang dapat kita mulai hari ini yang dapat memberi manfaat bagi kesehatan otak. Jika mereka baru mengenal Anda dan membutuhkan perhatian terkonsentrasi Anda. Mereka bahkan mungkin aktivitas yang Anda lakukan secara teratur dalam hidup Anda, seperti bermain dengan cucu, berkebun atau bermain kartu.[ Ali Alamsyah]

Komentar
Memuat...