Inspirasi Tanpa Batas

Zat-zat Yang Diperlukan Tubuh Manusia

Makanan sangat menentukan sekali dalam kesehatan tubuh manusia. Oleh karena itu manusia harus dapat mengatur keseimbangan konsumsi makanan dengan aktivitas sehari-hari. Sehingga adanya suatu keseimbangan antara makanan yang dikonsumsi dengan energi yang dikeluarkan.

0 286

Banyaknya makanan cepat saji menjadikan alternatif yang dianggap paling baik bagi sebagian atau kebanyakan orang dalam memenuhi asupan makanan yang dibutuhkan pada tubuh. Karena dari segi efisien terutaman pada efisien waktu. Dimana pada jaman yang serba canggih. Kaum wanita pun dituntut dalam memenuhi kebutuhan hidup dengan cara bekerja setiap hari.

Sehingga tidak hanya kaum pria saja yang melakukan aktifitas di luar rumah, kaum wanita pun ikut berperan aktif dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Manusia tertuntut untuk merubah pola makan yang lama dengan terlebih dahulu memasak. Dimana dalam penyajiannya membutuhkan waktu yang agak lama menjadi pola makan yang baru yang serba simple dan praktis. Namun demikian apakah makanan yang telah kita makan sudah mencukupi semua yang dibutuhkan oleh tubuh ?

Kita dalam memenuhi asupan makanan, idealnya telah memenuhi kaidah empat sehat lima sempurna. Yang terdiri dari karbohidrat, protein, lemak , vitamin, mineral dan sejumlah air. Sehingga energi yang kita keluarkan untuk kegiatan sehari-hari dapat tertopang oleh asupan makanan yang kita makan tadi.

Zat-Zat Yang Diperlukan Tubuh

Menurut F. G. Winarno dalam bukunya yang berjudul Kimia Pangan Dan Gizi bahwa tubuh kita sebenarnya membutuhkan asupan makanan yang mengandung berbagai zat yang  terdiri dari air dimana kandungan airnya rata-rata 65 % atau sekitar 47 liter per orang dewasa, dimana 2,5 liter harus diganti yang baru dan diperkirakan dari sejumlah air yang harus diganti tersebut 1,5 liter berasal dari air minumdan sekitar 1,0 liter berasal dari bahan makanan yang dikonsumsi.

Karbohidrat merupakan sumber utama bagi hampir seluruh penduduk dunia, khususnya bagi penduduk negara yang sedang berkembang. Walaupun jumlah kalori yang dapat dihasilkan oleh 1 gram karbohidrat hanya 4 kalori bila dibanding protein dan lemak, karbohidrat merupakan sumber kalori yang murah.

Karbohidrat mempunyai peranan yang penting dalam menentukan karakteristik bahan makanan. Misalnya rasa, warna, tekstur, sedangkan dalam tubuh, karbohidrat berguna untuk mencegah timbulnya ketosis. Pemecahan protein tubuh yang berlebihan, kehilangan mineral dan berguna untuk membantu metabolisme lemak dan protein. Dalam tubuh manusia karbohidrat dapat dibentuk dari beberapa asam amino dan sebagian dari gliserol lemak. Tetapi sebagian besar karbohidrat diperoleh dari bahan makanan yang dimakan sehari-hari, terutama bahan makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan.

Pola Pengaturan Makanan

Memang kita tahu bahwa tubuh kita banyak sekali membutuhkan kandungan zat-zat seperti air, karbohidrat, protein, mineral-mineral, vitamin, lemak dan minyak. Sehingga dapat membantu pergantian sel-sel tubuh yang sudah mati. Namun jika asupan makanan yang diterima tidak seimbang akan menimbulkan suatu gejala pada tubuh kita

Semisal tubuh kita kekurangan protein mempunyai gejala yang kurang spesifik. Kecuali pada keadaan yang telah sangat parah seperti busung lapar. Jika tubuh kita kekurangan vitmin A dapat menyebabkan penyakit Xeroftalmia ditandai dengan konjungtiva mata mengalami keratinisasi. Kemudian korneanya juga terpengaruhi dan bila tidak diobati maka mata akan menjadi buta.

Jika tubuh kekurangan vitamin B akan menyebabkan penyakit beri-beri. Dengan terjadinya pembengkakan pada seluruh tubuh. Jika kita kekurangan vitamin D dapat meninggalkan bekas untuk selama-lamanya. Yaitu kaki berbentuk hurup O dan jika tubuh kekurangan mineral iodium maka akan mengakibatkan penyakit gondok dan lain sebagainya.

Tidak hanya kekurangan zat-zat saja yang dapat menimbulkan efek pada tubuh kita. Namun jika kelebihan zat-zat yang terdapat pada asupan makanan yang tidak dapat di proses lagi oleh tubuh juga dapat menyebabkan berbagai macam penyakit.

Menurut Dr. badruzzaman, Dipl.EA, Apt. Ada beberapa penyakit yang disebabkan oleh kelebihan zat-zat yang tidak dapat diprosese oleh tubuh. Semisal kelebihan kolesterol dan triglisida di pembuluh darah dan jantung bagian dalam tidak rata yang mengakibatkan tekanan darah tinggi. Sedangkan pengendapan kolesterol dan trigliserida  di dalam pembuluh darah jantung mengakibatkan penyakit Tekanan darah Rendah

Jenis Makanan Dan Minuman

Sebenarna sebagian besar penyebab timbulnya berbagai penyakit diakibatkan karena berbagai jenis makanan yang kurang tepat dikonsumsi. Sehingga tubuh kurang berhasil dalam mengolah asupan makanan yang mengakibatkan kurangnya keseimbangan zat-zat yang diperlukan. Menurut Dr. Badruzzaman, Dipl.EA, Apt ada beberapa jenis makanan yang tidak boleh dimakan dan yang boleh dimakan  diantaranya adalah :

Makanan yang tidak boleh dimakan

  • Sudah terbentuk kolesterol dan trigliserida. Pada jenis makanan yang sudah terbentuk kolesterol dan trigliserida diantaranya adalah daging hewan seperti daging sapi, daging kerbau, daging kambing, daging kuda, daging ayam, daging burung , daging bebek dan daging angsa.
  • Mudah diubah menjadi kolesterol dan trigliserida. Makanan-makanan yang mudah diubah menjadi kolesterol dan trigliserida diantaranya adalah susu, keju, telur, minyak kelapa, santan dan mentega, kacang yang sudah jadi biji, missal kacang tanah, kacang merah, kacang hijau, kacang kedelai (termasuk tahu dan tempe), tetapi tidak termasuk kacang buncis, kacang panjang dan kacang kapri karena masih muda dan belum berbiji (termasuk sayur mayur)
  • Sudah berbentuk asam urat. Jenis makanan-makanan yang sudah berbentuk asam urat diantaranya adalah  jeroan (bagian dalam hewan), kulit, bagian kepala hewan, tauge, kol, bunga kol, broccoli, emping , tangkil atau melinjo termasuk daunnya, kangkung, bayem, genjer, durian, alpukat, the, kopi, cokelat, ikan bulat, cumi-cumi, udang, nikotin atau rokok, jengkol, dan pete.

Makanan yang boleh dimakan

  • Golangan karbohidrat yang 100% mudah diubah menjadi energi. Pada golongan ini dantaranya adalah nasi, gula (sebaiknya dikurangi bila berat badan terlalu tinggi)
  • Golongan karbohidrat yang mengandung serat sehingga tidak 100 % diserap diantaranya adalah kentang, ketela pohon (singkong), jagung, ubi jalar, gandum dan ikan pipih
  • Terdapat karbohidrat dan serat dan sebaiknya dimakan sampai kenyang, jenis makanan ini diantaranya adalah apel, peer, beet, mengga, jambu , salak, pisang, pepaya, semangka, melon, dan
  • Makanan yang hanya mengandung serat baik sekali dimakan sampai kenyang diantaranya adalah kacang buncis, kacang panjang, kacang kapri, wortel, lobak, sawi hijau, sawi putih, salada bokor, salada air, daun pepaya direbus bersama daun singkong, daun labu besar dan labunya, daun dan labu siam, jahe, kunyit, kencur, bawang, pohpohan dan reundeu beureum.

Kesimpulan

Dengan demikian makanan sangat menentukan sekali dalam kesehatan tubuh manusia. Oleh karena itu manusia harus dapat mengatur keseimbangan konsumsi makanan dengan aktivitas sehari-hari. Sehingga adanya suatu keseimbangan antara makanan yang dikonsumsi dengan energi yang dikeluarkan.

Pada hakekatnya setiap manusia menginginkan hidup yang sehat. Selain melakukan aktifitas olah raga pola makanan juga dapat menentukan kualitas hidup. Seperti yang diutarakan di atas selain menghindari makanan-makanan yang dapat menyebabkan penyakit juga memakan makanan yang sesuai dibutuhkan oleh tubuh secara tidak berlebihan. Sehingga kita dapat beraktifitas dalam kegiatan sehari-hari yang lebih nyaman dan tentram. Selain itu hidup yang teratur dengan istirahat yang cukup juga dapat menjaga stamina tubuh.

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar