Zebra Cross Menyala, Solusi Keamanan Para Pejalan Kaki

0 34

Pejalan kaki, ya mereka adalah pengguna yang paling rentan dari ruang jalan. Namun tidak untuk sekarang dengan adanya peresmian tempat penyeberangan atau yang biasa kita kenal dengan zebra cross akan lebih terlihat untuk driver di Belanda. Mengapa? Ya karena zebra cross tersebut menyala dalam gelapnya malam. Penyeberangan pejalan kaki dengan konsep baru ini telah diresmikan November lalu di Brummen, barat dari Amsterdam.

[youtube https://www.youtube.com/watch?v=JlU-ZKEqVmo?feature=player_embedded]

Dirancang oleh perusahaan dari Belanda Zebra Crossing Menyala, dan juga ternyata dipasang secara gratis bagi pemerintah kota. Berbagai persimpangan yang menyala ini membuat pejalan kaki lebih terlihat pada malam hari atau disaat cuaca buruk. Di setiap barisnya memiliki dua piring lampu yang di malam hari tetap menyala sepanjang waktu dan tidak hanya ketika ada orang melewatinya.

Penempatan lampu ini mengatasi kurang perhatiannya para driver terhadap zebra cross. Dengan zebra cross menyala ini diharapkan membantu driver menjaga perhatian visual mereka di jalan.

Zona Resiko

Uji coba penyebarangan ini dilakukan selama 12 bulan, ide tersebut lahir di tahun lalu dengan tujuan membuat jalan yang lebih aman bagi pejalan kaki. Menurut direktur perusahaan Henk Peters. Penyeberangan yang harus diberikan adalah dengan memprioritaskan untuk potensi instalasi yang disebut “zona resiko”. Yang harus disesuaikan dengan sekolah, rumah sakit, serta sektor dengan populasi besar orang tua atau lanjut usia.

Desain persimpangan ditujukan untuk dua jenis jalan raya, baik menggunakan pavers (paving block) atau aspal. Dalam desainnya yang pertama, lampu dilindungi oleh struktur baja, sementara pada desain kedua, mereka dapat dipasang langsung pada permukaan jalan.

(Zebra Cross Menyala)

Komentar
Memuat...