Close

4 Tugas Malaikat Jibril Selain Menyampaikan Wahyu Kepada Nabi Muhammad SAW 

Sosok malaikat Jibril sudah banyak dituliskan dalam sejarah keislaman. Hal itu karena sang malaikat banyak berinteraksi dengan Nabi Muhammad SAW. Allah SWT mengutus malaikat Jibril untuk menyampaikan wahyu dan perintah agama.

Lantas muncul pertanyaan, apa tugas malaikat Jibril setelah wafatnya Nabi Muhammad? Pertanyaan tersebut kerap muncul dalam banyak forum kajian keagamaan.

Selain menyampaikan wahyu dan perintah agama, malaikat Jibril ternyata masih memiliki tanggung jawab lain. Apa saja tugas lain tersebut? Berikut penjelasannya.

1. Menjadi Pemimpin Para Malaikat Untuk Turun Ke Bumi

Tugas lain malaikat Jibril yang pertama adalah menjadi pemimpin para malaikat untuk turun ke bumi. Sang malaikat melakukan tugas ini setidaknya satu tahun sekali, yaitu pada malam Lailatul Qadr di bulan Ramadhan. Para malaikat pada malam yang mulia tersebut akan turun ke bumi untuk memberikan keselamatan dan keberkahan.

2. Mememuhi Dan Menahan Hajat Orang Yang Berdoa

Tugas lain kedua yang dilakukan malaikat Jibril adalah memenuhi dan menahan hajat orang yang berdoa. Hal itu sebagaimana yang diriwayatkan Imam Al-Baihaqi dari Tsabit, Rasulullah SAW bersabda :

“Telah sampai kepadaku bahwa Allah SWT mendelegasikan Malaikat Jibril dalam urusan memenuhi hajat hidup manusia. Apabila seorang mukmin berdoa, maka Allah pun berkata kepada Jibril; Wahai Jibril, tahan dulu untuk memenuhi hajatnya karena Aku sungguh sangat senang mendengar lantunan doanya. Apabila orang kafir berdoa, Allah pun berkata kepadanya; Wahai Jibril, penuhi apa yang menjadi hajatnya karena sesungguhnya Aku tidak suka mendengar lantunan doanya.”

3. Mendampingi Orang Yang Sakaratul Maut Dalam Keadaan Suci

Tugas lain dari malaikat Jibril adalah akan turun ke sisi orang yang sedang mengalami sakaratul maut dengan syarat orang tersebut dalam keadaan suci. Kemudian sang malaikat akan membawa tugas dari Allah SWT untuk membawa rahmat dan kemudahan bagi seseorang yang sedang sakaratul maut tersebut.

Hal itu sebagaimana yang ditegaskan oleh Syekh Nawawi dalam kitab Nuruzh Zhalam. Beliau menjelaskan :

“Imam Jalaluddin Al-Suyuthi berkata bahwa Malaikat Jibril menghadiri kematian seseorang yang meninggal dalam keadaan punya wudhu.”

4. Mengurus Angin

Dan tugas malaikat Jibril yang terakhir adalah mengurus angin. Semua hal yang berkaitan dengan angin akan dikendalikan oleh Malaikat Jibril. Hal itu sebagaimana riwayat Imam Al-Baihaqi dalam kitab Syu’abul Iman berikut ini :

“Empat malaikat yang mengurusi urusan dunia yaitu Jibril, Mikail, Malaikat Maut, dan Israfil. Jibril diserahi untuk mengatur angin dan para tentara (malaikat). Mikail diserahi untuk mengurus hujan dan tumbuh – tumbuhan. Malaikat Maut diserahi untuk mencabut nyawa, sedangkan Israfil diserahi tugas menyampaikan perintah kepada mereka.”

Itulah 4 tugas malaikat Jibril selain menyampaikan wahyu kepada Nabi Muhammad SAW. Hal itu menjadi bukti bahwa sang malaikat saat ini masih memiliki tugas yang harus diembannya hingga hari kiamat nanti meski Nabi Muhammad SAW sudah wafat.

Mempercayai dan memahami keberadaan malaikat merupakan kewajiban seorang muslim. Mempercayai atau mengimani malaikat termasuk dalam rukun iman. Setidaknya terdapat sembilan nama malaikat selain Jibril yang diutus oleh Allah SWT dan perlu diajarkan pada anak sejak dini.

Malaikat sendiri adalah mahluk ciptaan Allah SWT yang senantiasa taat terhadap perintah-Nya. Adapun 9 nama malaikat selain Jibril adalah sebagai berikut malaikat Mikail, Israfil, Israil, Munkar, Nakir, Raqib, Atid, Malik, dan Ridwan.

Itulah 10 nama malaikat yang wajib diyakini dalam agama Islam. Seorang muslim wajib beriman kepada malaikat – malaikat Allah.