Di tengah sulitnya mencari lapangan pekerjaan di era saat ini, kerja online menjadi solusi bagi banyak orang. Apalagi ada banyak pekerjaan yang dapat dilakukan dari rumah tanpa harus memiliki modal terlebih dahulu. Anda pun bisa menerapkan tips sukses kerja online di rumah untuk mendapatkan uang yang melimpah.
Adapun kelebihan dari kerja remote atau bekerja online ini adalah anda bisa melakukannya dengan waktu yang fleksibel, sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Agar pekerjaan berjalan lancar, yuk simak tipsnya.
Tips Kerja Online dengan Sukses
- Pilih Bidang yang Ditekuni
Kerja online ada banyak macamnya, bisa menjadi freelence writer, freelence video editor, freelence data entry, dan lain sebagainya. Lantas, bidang pekerjaan mana yang sebaiknya digeluti? Sebagai rekomendasi, sebaiknya pilih bidang yang anda senangi atau bidang yang paling dekat dengan kehidupan anda sehari-hari.
Tekuni satu bidang saja dan perdalam keterampilan pada bidang tersebut. Dengan begitu, maka anda nantinya bisa lebih mudah mengerjakan proyek dengan tingkat kesulitan yang beragam.
- Buat Portofolio dengan Baik
Meskipun peluang kerja online terbuka sangat besar, namun tidak bisa dipungkiri bahwa persaingannya pun ketat. Oleh karena itu, jika anda pemula maka harus membuat portofolio sebaik mungkin terlebih dahulu. Meskipun bisa dibilang mirip dengan curicculum vitae (CV), portofolio ini berbeda.
Tidak hanya berisikan ringkasan tentang informasi pribadi anda, portofolio akan menjadi bukti nyata mengenai keahlian yang anda miliki. Bisa dibilang bahwa portofolio ini adalah hasil dari pekerjaan yang pernah anda lakukan sebelumnya. Dari sini bisa dilihat bagaimana kualitas pekerjaan yang anda tawarkan.
- Persiapkan Diri
Jika sudah mendapat satu pekerjaan, maka anda harus bersiap diri dengan baik. Tips sukses kerja online di rumah adalah bekerja seolah-olah anda sedang berada di kantor. Meskipun kerja online menawarkan fleksibilitas waktu, tidak ada salahnya bangun lebih pagi dan tidak menunda berbagai pekerjaan yang telah menanti.
Sudah pernah dengar ungkapan bahwa pagi merupakan waktu paling tepat untuk memulai pekerjaan bagi para calon orang sukses? Anda bisa meniru hal tersebut, bangunlah lebih pagi dan persiapkan diri layaknya seorang profesional di mana pun anda berada. Dalam keadaan yang bersih, maka pikiran pun lebih fresh saat digunakan untuk bekerja.
- Desain Tempat Kerja Senyaman Mungkin
Tidak hanya mempersiapkan diri, namun anda juga perlu mempersiapkan tempat kerja yang nyaman di rumah. Sebab tempat kerja yang nyaman akan membantu meningkatkan produktivitas yang dimiliki. Perlu diketahui bahwa menata tempat kerja di rumah ini cukup tricky.
Sebagai contoh, anda memilih bekerja di atas kasur karena itu terasa nyaman. Namun tidak jarang gravitasi kasur yang terlalu nyaman akan mengundang niat rebahan dan berleha-leha, alhasil pekerjaan pun jadi terbengkalai. Maka dari itu, akan lebih baik apabila anda mendesain tempat kerja khusus yang jauh dari kasur dan jangan lupa mendesainnya senyaman mungkin.
- Buat Rutinitas yang Terstruktur
Tips sukses kerja online di rumah berikutnya yaitu buat rutinitas harian yang terstruktur. Membuat rutinitas yang terstruktur seperti ini akan membantu anda menjaga produktivitas. Beberapa orang mungkin kurang menyukai jadwal teratur seperti itu karena bisa memberikan kesan monoton, namun tidak ada salahnya mencoba supaya pekerjaan menjadi lebih terarah.
Itu akan membantu anda memiliki ritme work life balance. Misalnya atur untuk mulai kerja jam 8 pagi hingga 12 siang, kemudian istirahat selama satu jam dan dilanjutkan kerja mulai jam 1 siang hingga 5 sore. Jadi anda bisa tahu kapan waktu yang pas untuk bekerja, istirahat, maupun mengurus kegiatan rumah.
- Tetap Terhubung dengan Rekan Kerja
Bekerja di rumah bukan berarti kamu harus benar-benar sendirian. Karena tips sukses kerja online di rumah yaitu tetap terhubung dengan rekan kerja. Apalagi sejumlah pekerjaan membutuhkan komunikasi dan koordinasi intensif dengan tim.
Jika anda melakukan pekerjaan seperti itu, maka pastikan untuk mengupayakan menjaga komunikasi anda dengan rekan kerja. Tidak hanya meningkatkan kolaborasi tim, ini akan membantu anda mengurangi rasa kesepian saat bekerja online sendiri di rumah.
- Menjaga Kualitas Pekerjaan
Selain menjaga hubungan dengan rekan kerja, menjaga kualitas pekerjaan adalah hal wajib. Sebab dari kualitas pekerjaan inilah anda bisa memperoleh ulasan yang baik dari klien. Ulasan baik ini nantinya bisa dimanfaatkan sebagai testimoni dan hasil pekerjaannya bisa dijadikan portofolio untuk menggaet lebih banyak klien.
Bukan tidak mungkin apabila klien anda saat ini bahkan dapat menjadi klien tetap di kemudian hari. Dengan begitu, anda bisa memastikan pemasukan tetap terjaga. Jadi selama proyek berlangsung, pastikan untuk tetap berkomunikasi dengan klien jika ada permasalahan atau perubahan yang terjadi.
Itu dia tips sukses kerja online di rumah yang bisa diterapkan. Untuk mendukung pekerjaan, anda bisa menggunakan layanan Indosat Ooredoo Hutchison (IOH). Indosat menawarkan berbagai pilihan paket internet andal untuk menunjang pekerjaan yang dilakukan online. Harganya bahkan bisa disesuaikan dengan kebutuhan kerja masing-masing pengguna. Menarik bukan?