7 Tips Ampuh Renovasi Ruang Tamu Menjadi Mewah

Ruang tamu biasanya adalah ruangan tempat Anda bersosialisasi baik dengan keluarga maupun tamu. Ruang tamu pasti akan dilihat oleh pengunjung Anda. Karena itu, ruang tamu merupakan ruangan yang dapat memberikan kesan terhadap rumah Anda secara keseluruhan maupun Anda sendiri.

Ruang tamu yang mewah tentu akan sangat mengharumkan citra Anda. Membuat ruang tamu mewah pun tidaklah mustahil. Dengan bantuan pinjaman bank, ruang tamu mewah impian Anda dapat segera menjadi kenyataan.

Tips Desain Ruang Tamu Mewah

Furniture yang mahal memang akan sangat membantu ruang tamu tampak mewah, tetapi desain pun sangat diperlukan. Memiliki ruang tamu yang mewah pun tidak selalu berarti memiliki ruang tamu yang sangat luas. Nuansa mewah bukan berasal dari ukuran, melainkan dari perasaan dan suasana yang diberikan. Memanfaatkan setiap inci pada ruang tamu Anda sangat penting untuk memberi kesan mewah ruangan. Sebelum apply pinjaman ke DBS KTA, Anda sebaiknya mengetahui 7 tips yang membuat ruang tamu Anda benar-benar terlihat mewah:

1. Tentukan Style

Ruang tamu mewah hadir dengan berbagai style. Apakah Anda ingin ruang tamu mewah yang klasik atau yang lebih futuristik. Tetapi pada umumnya semua style membutuhkan beberapa hal yang sama untuk tampak mewah, seperti dekorasi dan furniture yang sesuai yang akan memberikan nuansa pada ruang tamu. Anda juga harus menata dan menjaga kebersihan ruang tamu Anda. Semua barang mewah yang Anda dapatkan dengan bantuan pinjaman bank akan menjadi kurang ketika ruang tamu Anda berantakan atau bahkan jorok.

2. Coving dan Dekorasi Langit-Langit

Coving adalah sebutan untuk potongan bahan dengan berbagai bentuk yang digunakan untuk menutupi transisi antara permukaan seperti antara dinding dan langit-langit. Coving sangat cocok digunakan untuk memberikan ruang tamu Anda tampilan kelas atas. Untuk tampilan yang elegan, Anda bisa memberikan warna yang sama antara coving dan dinding. Sebagai tambahan, Anda juga bisa memberikan panel pada dinding Anda.

3. Menaruh Barang Antik

Salah satu dekorasi yang dibutuhkan untuk ruang tamu mewah adalah barang antik. Karena itulah Anda disarankan untuk menyisihkan beberapa persen dana Anda termasuk dana yang didapatkan dari pinjaman bank untuk bagian ini. Barang antik untuk dekorasi ruang tamu misalnya lampu gantung, cermin, dan furnitur lain yang berkualitas. Lukisan dan jam antik besar juga akan menambah kesan bangsawan pada ruang tamu. Penting juga untuk mempertimbangkan menggunakan furnitur dalam berbagai bentuk. Furnitur yang memiliki lengkungan akan membuat ruangan menjadi mewah.

4. Melakukan Custom Jendela

Jendela yang besar sering muncul dalam majalah desain rumah karena ruangan yang banyak mendapat cahaya natural memang terlihat sangat mewah. Anda pun dapat menaruh gorden yang panjang dan mewah untuk menyempurnakan jendela Anda.

5. Tambahkan Furniture Metalik

Furniture dengan permukaan logam dapat menambahkan tampilan mewah pada ruang tamu Anda khususnya bila Anda memilih style yang futuristik. Namun, jangan sampai memiliki terlalu banyak furnitur seperti ini karena akan mengurangi nuansa elegannya.

6. Bunga Segar

Bunga indah dan segar akan langsung mengangkat mood Anda dan ruang tamu Anda. Semakin besar bunga atau buket bunga yang Anda tampilkan, semakin mewah kesannya. Namun, Anda perlu untuk sedikit menata bunga-bunga tersebut agar tidak terlihat berlebihan.

7. Pencahayaan yang Redup

Mungkin Anda bingung mengapa menambah lampu dengan pencahayaan yang redup dapat membuat ruangan menjadi mewah. Kenyataannya, pencahayaan yang redup dapat menambah kesan elegan dan classy. Semua orang dan furniture juga biasanya terlihat lebih menarik ketika diberi cahaya yang terang dan redup.

7 Tips Ampuh Renovasi Ruang Tamu Menjadi Mewah

Perkiraan Biaya Renovasi

Biaya renovasi ruang tamu mewah sangat bervariasi. Pertama, biaya akan tergantung dari furniture dan dekorasi apa saja yang ingin Anda tampilkan. Misalnya Anda ingin memajang lampu gantung dan beberapa lukisan mewah, biaya untuk kedua barang tersebut bisa mencapai Rp20-30 juta rupiah. Harga furniture metalik seperti meja dan kursi per barangnya bisa mencapai satu juta rupiah. Gorden untuk jendela besar Anda juga bisa mencapai jutaan rupiah per item.

Biaya renovasi pun harus Anda pertimbangan. Harga paket jasa kontraktor dan material misalnya adalah Rp3 sampai Rp5 juta rupiah per m2. Anda mungkin juga perlu memesan secara khusus jendela, lantai, panel dinding, bahkan coving. Berhubung Anda ingin renovasi, harga jasa pembangunan bisa lebih mahal karena perlu membongkar dinding dan lantai sebelumnya. Secara kasar, biaya renovasi belum termasuk dekorasi bisa mencapai lebih dari Rp200 juta rupiah.

Pinjaman Bank sebagai Dana Renovasi Ruang Tamu Mewah

Mendesain ruang tamu Anda membutuhkan sejumlah dana. Anda perlu dekorasi dan jasa kontraktor untuk membuatnya menjadi kenyataan. Namun, bagaimana Anda mendapatkan dana untuk mendapatkan semua ini? Anda sebaiknya mempertimbangkan untuk mendapatkan dana dari pinjaman di bank. Mungkin mendapatkan pinjaman 300 juta tanpa jaminan terdengar mustahil. Namun, DBS KTA hadir dengan penawaran terbaik untuk Anda.

Beberapa hal yang menjadi kelebihan DBS KTA yaitu:

  • Anda bisa mendapatkan pinjaman 300 juta tanpa jaminan
  • Bunga flat yang ditanggungkan kepada cukup rendah yaitu mulai dari 0,88% per bulan
  • Anda bisa mencicil pembayaran sampai 36 bulan
  • Syarat mendapatkan pinjaman termasuk mudah yaitu Anda harus memiliki bukti domisili di Jabodetabek, memiliki e-KTP dan NPWP, berpenghasilan dengan minimal 5 juta rupiah, dan memiliki kredit bank lain dengan limit minimal 10 juta rupiah.

Sekianlah ulasan dan tips membuat ruang tamu Anda menjadi mewah. Bukan hanya untuk pencitraan, memiliki ruang tamu yang mewah pun bisa menaikkan mood dan kepercayaan diri Anda sebagai tuan rumah. Pinjaman dari bank akan membantu Anda mendapatkan ruang tamu mewah tersebut. Informasi lebih lanjut mengenai pinjaman bank DBS KTA dapat dilihat di sini.