Close

Ini Dia Jenis Daging Steak yang Mempunyai Cita Rasa Mewah

Hidangan steak tidak hanya Anda dapatkan di restoran mewah. Namun, Anda bisa mencoba menyajikannya secara mandiri di rumah. Hal ini bisa dilakukan dengan memilih daging steak terbaik yang tepat untuk dimasak. Tidak semua jenis daging bisa digunakan untuk steak. Apa saja bagian daging yang cocok? Mari cari tahu!

Jenis Daging yang Cocok untuk Dijadikan Steak

Pemilihan daging untuk steak memperhatikan berbagai faktor. Satu diantaranya yakni tekstur daging. Dalam hal ini, Anda harus mengetahui tekstur yang tepat untuk daging steak. Berikutnya, perhatikan pula rasa yang akan tercipta. Berikut ini beberapa jenis daging yang bisa dijadikan steak.

  • Chuck

Pertama, Anda bisa memilih bagian daging sapi yang dikenal dengan istilah chuck. Jenis daging sapi yang terletak pada bagian leher hingga paha atas. Pada bagian tersebut, tekstur dagingnya terasa lebih kenyal. Daging steak yang satu ini dikenal pula dengan istilah daging sampil.

Dari segi pengolahan, chuck membutuhkan waktu yang lebih lama. Untuk mencapai tingkat kematangan yang empuk, Anda harus mengolahnya secara lama karena terdapat bagian yang berurat.

  • Rib-Eye

Berikutnya, Anda bisa memilih daging Rib-eye yakni bagian daging yang terdapat pada iga atau rusuk. Terdapat bagian lemak yang sangat khas dengan cita rasanya yang gurih. Inilah salah satu hal yang menjadi keunikan dari rib-eye.

Rib-eye kerap menjadi bagian daging steak yang bersaing dengan tenderloin. Banyak orang yang meminati bagain daging yang satu ini. Menariknya, bagian daging rib-eye bisa dipotong dengan ukuran besar. Umumnya akan disantap dalam bentuk porsi besar.

  • Sirloin

Anda juga bisa memilih bagian pinggul hingga perut. Daging yang satu ini dikenal dengan istilah sirloin. Dagingnya dipotong secara memanjang. Jenis daging sirloin terdapat dua jenis yakni bagian atas dan bawah.

Meskipun daging sirloin tidak sepopuler jenis dahing steak lainnya, tapi di Indonesia sirloin banyak diminati. Sirloin memiliki tekstur yang agak keras. Namun, ciota rasa yang dimilikinya sangat guruh karena lapisan lemak yang terdapat pada daging.

  • Striploin

Masih bingung? Anda bisa memilih striploin untuk dijadikan daging steak. Bagian daging yang letaknya tidak jauh dari tenderloin. Adapun yang membedakannya yakni bagian lemak yang menempel. Striploin memiliki rasa yang hampir serupa dengan tenderloin.

Lemak pada daging striploin memiliki rasa yang khas. Bagian daging ini cukup lembut dan gurih, terutama ketika bagian lemaknya meleleh karena panas panggangan. Rasa yang diciptakan pun siap menggoyang lidah Anda.

  • T-Bone

Alternatif lainnya, Anda bisa memilih daging T-Bone. Bagian daging yang terletak antara tenderloin dan striploin. Paduan dua bagain daging steak tersebu akan menciptakan rasa yang berbeda dengan yang lainnya. Anda juga akan merasakan kelembutan yang juicy.

  • Tenderloin

Jika memperbincangkan steak, tenderloin tetap jadi juara. Bagian daging yang satu ini tampaknya istimewa di hadapan penikmat steak. Bahkan, harga tenderloin kerap dibanderol dengan harga yang tinggi.

Tenderloin adalah bagain daging yang terdapat pada area belakang yang paling dalam. Jenis daging ini dikenal pula dengan istilah filer mignon. Bagian daging ini memiliki tekstur yang empuk. Satu hal lagi yang menarik minat pecinta steak yakni lemaknya yang tidak terlalu tinggi.

  • Tomahawk

Untuk Anda yang ingin menikmati steaak porsi besar, maka tomahawk pilihannya. Jeni daging tomahawk tampak seperti kapak yang besar. Anda bisa mendapatkan daging ini pada bagian tulang rusuk. Rasa yang dimiliki pun tidak bisa diremehkan. Tomahawk sangat gurih dan lezat.

Rekomendasi Menu Steak by Holycow

Jika Anda sudah menemukan daging steak terbaik, maka berikutnya sajikan dengan menu yang tepat. Terdapat beberapa rekomendasi steak hotel by Holycow. Jika Anda pecinta steak, maka patut untuk mencobanya. Berikut rekomendasinya!

  • Holysteak

Nikmati steak tenderloin yang disajikan dengan salad segar serta french fries. Saus-nya pun bisa Anda pilh sesuai selera. Banyak pilihan saus yang tersedia, mulai dari mushroom, black pepper hingga W sauce.

  • Plant Based

Mau mencoba jenis steak yang sehat? Holycow menyajikan steak yang 100% proteinnya nabati. Rasanya mirip sekali dengan daging steak, sehingga Anda patut untuk mencoba menu yang satu ini. Anda pun akan merasakan sensasi makan steak tanpa daging.

  • Kid’s Menu

Anda ingin memberikan santapan steak untuk anak? Maka Kid’s menu adalah pilihan yang tepat. Anda bisa mencoba menu dari Holycow ini yang tersaji secara beragam. Sekuran-kurangnya terdapat tiga varian yang bisa dipilih, yakni first steak, Hotdog Mini, hingga Wagyu meatballs.

  • Butter Rice & Sambal Matah

Anda bisa menikmati sajian steak dengan sambal khas Bali. Menu butter rice yang dipadukan dengan sambal matah-nya siap mengisi kelaparan perut Anda. Daging steak berpadu dengan butter rice dan salad segar yang akan membuat lidah kecanduan. Kombinasi menu steak yang satu ini dijamin tidak akan membuat Anda kecewa.

Nah, itulah beberapa jenis daging steak yang bisa Anda coba. Selain itu, rekomendasi menu steak-nya pun patut untuk Anda pertimbangkan. Dijamin memuaskan dan jauh dari kekecewaan.