Close

Ketahui 5 Cara Mengetahui Kamera CCTV Berfungsi Atau Tidak

Sebagai bentuk keamanan dalam rumah atau tempat usaha, biasanya pemilik memasang kamera CCTV pada beberapa sudut yang dianggap strategis untuk pemantauan. Tidak jarang, orang awam yang belum paham dengan CCTV tidak dapat membedakan kondisi kamera sedang aktif atau tidak.

Selain itu, sibuknya aktivitas pemilik, membuatnya tidak ada waktu untuk melihat keadaan CCTV.

Cara Melihat Kinerja CCTV Berfungsi atau Tidak

Era digital yang semakin mudah, ada beberapa cara gampang untuk memonitor kinerja CCTV yang bisa Anda lakukan, berikut caranya:

1. Gunakan Aplikasi Pendeteksi Kamera CCTV

Aplikasi dapat menjadi pilihan sebagai cara untuk mengetahui fungsi CCTV masih layak pakai atau tidak. Aplikasi akan memudahkan Anda dalam pemantauan kinerja kamera pengawas ini. Terlebih lagi, jika CCTV yang Anda gunakan tidak hanya satu melainkan mencapai puluhan hingga ratusan.

Beberapa pilihan aplikasi yang bisa Anda coba antara lain, Meye, Webcam IP, IP Cam Controller, dan aplikasi lainnya. Mudahnya dalam pengoperasiannya menjadi unggulan. Selain itu, aplikasi dilengkapi dengan streaming video, kontrol kamera dengan PTZ, dan pengambilan foto.

2. Cek Lampu Indikator Hidup Atau Mati

Alat elektronik seringkali menggunakan lampu indikator untuk mengetahui berfungsinya alat tersebut. Jadi, dengan melihat lampu indikator CCTV kemungkinan besar alat tersebut sedang berfungsi. Perlu diketahui, kamera pengawas memiliki inframerah yang hanya berkedip saat tidak ada cahaya yang artinya CCTV bekerja pada mode gelap.

Karena inframerah adalah lampu yang tidak bisa dilihat dengan kasat mata. Anda bisa menggunakan kamera smartphone untuk mengeceknya. Yaitu dengan mengarahkan kamera handphone pada CCTV, jika terdapat cahaya terang pada CCTV itu tandanya kamera pengawas sedang beroperasi.

3. Pemantauan Dengan Smartphone

Cara selanjutnya untuk mengetahui CCTV camera bekerja atau tidak adalah menggunakan smartphone. Anda dapat memanfaatkan perangkat canggih ini dengan mengunduh aplikasi terlebih dahulu untuk memonitornya. Dari situlah, Anda dapat mengetahui kondisi CCTV saat itu juga.

Terkadang juga diberikan fasilitas berupa fitur yang mendukung kegiatan memantau CCTV. Adanya fitur mode pengambilan gambar secara portrait atau landscape, zoom, dan HD yang tinggi.

4. Cari Koneksi WiFi

Lahirnya teknologi terbarukan menciptakan CCTV dengan keunggulan wireless. Dimana dalam penginstalasaiannya tidak menggunakan kabel sekalipun. Untuk sistem wireless cara mengoperasikannya adalah dengan menyambungkannya dengan Wi-Fi.

Agar mengetahui IP Camera sedang beroperasi atau tidak, coba periksa koneksi Wifi pada CCTV. Bila ada tanda-tanda terhubung, maka dapat dipastikan kamera pengawas sedang bekerja dengan baik.

5. Amati Fisik Kamera CCTV

Untuk mengelabui orang yang ingin berniat jahat, tidak jarang memasang CCTV palsu. Dimana dari ciri-cirinya bisa Anda ketahui dengan mudah. Berbeda jika CCTV yang asli, terlihat sangat kuat dan tidak seperti mainan.

Tidak hanya itu, juka CCTV berupa analog dengan kabel maka instalasi perkabelan juga perlu Anda perhatikan untuk mengetahui kamera tersebut beroperasi atau tidak. Bisa saja terdapat kamera pengawas namun tidak dicolokkan dengan stop kontaknya.

Kerapian kabel menjadi perhatian, karena posisinya berada diluar ruangan. Oleh karenanya rentan terkena serangan cuaca yang bisa mengakibatkan CCTV tidak dapat digunakan.

Memanfaatkan Produk Unggulan Hikvision ColorVu

Kini perkembangan dunia teknologi semakin canggih. CCTV bisa Anda gunakan dan mangaatkan tanpa menggunakan kabel atau biasa disebut CCTV Wireless. Seperti teknologi terbarukan ColorVu yang menjadi unggulan. Tidak sedikit orang yang masih bingung mengenai teknologi tersebut.

Pada dasarnya, ColorVu merupakan teknologi terbaru yang memungkinkan kamera pengintai untuk menangkap gambar atau video bercahaya meskipun pada area yang sangat rendah cahaya.

Salah satu rekomendasi produk kamera yang bisa Anda coba ialah IP Camera ColorVu dari Hikvision. Ada beberapa hal yang menjadi unggulan dan kelebihan dari produk ini. Berikut ulasan selengkapnya:

1. Detail Lebih Banyak

Pengalaman luar biasa akan Anda dapatkan karena kamera ini memiliki kemampuan menangkap detail gambar yang lebih banyak. Hasil video dan gambar yang ditayangkan terlihat bersih dan cerah. Ada perbandingan mencolok antara warna hitam dan putih. Begitu juga mengenai detail cahaya yang lebih banyak.

2. Menyajikan Informasi Warna Sesungguhnya

Berbeda dengan teknologi pada umumnya, Hikvision ColorVu menyajikan informasi warna nyata yang bisa dengan jelas diidentifikasi. Tangkapan layar setiap detik memberikan informasi akurat. Inilah alasan mengapa Anda harus menggunakan teknologi terbaik untuk memaksimalkan kinerja kamera pengintai.

3. Pengalaman Visual yang Lebih Baik

Resolusi terbaik untuk memberikan tingkat keakuratan informasi yang baik. Teknologi ini mampu menciptakan gambar cerah dengan pencahayaan yang redup. Sehingga tidak akan ada kendala dalam merekam atau menangkap gambar sekalipun tanpa cahaya.

Kemampuan ini mampu mengintensifkan cahaya melalui fitur canggih seperti F1.0 Super Aperture dan 1/1.2” Large Sensor. Adapun kualitas resolusi yang ditawarkan mampu mencapai 4K.

Kecanggihan kamera ini mencakup berbagai keunggulan lain seperti hasil video atau gambar yang lebih tertarget. Semua benda terlihat nyata seperti perbedaan objek manusia, hewan atau benda lainnya. Tidak hanya itu, pengguna juga memiliki akses penuh untuk melihat dan menikmati pemutaran video secara detail

Serangkaian langkah diatas mungkin bisa Anda praktekkan untuk mencegah CCTV dari kerusakan karena aktivitasnya yang penuh. Oleh karena itu, Anda dapat memantau kamera CCTV setiap hari dengan sangat mudah. Guna meningkatkan keamanan serta keakuratan informasi, Anda bisa memanfaatkan produk unggulan Hikvision ColorVu.