3 Macam Resep Minuman Diet Alami dari Jeruk Nipis untuk Melangsingkan Badan

Banyak dari kamu yang masih mikir kalau satu-satunya cara untuk menurunkan berat badan dalam waktu singkat adalah dengan tidak makan sama sekali. Padahal, yang benar, yaitu mengatur pola makan dan menerapkan gaya hidup sehat secara rutin.

Membiarkan perut kosong selama berjam-jam, bahkan berhari-hari hanya akan membuat kamu tersiksa. Belum lagi kalau hal tersebut menyebabkan masalah kesehatan yang lebih kompleks, misal asam lambung.

Mending segarkan tubuhmu terlebih dulu. Lambat laun, berat badanmu akan turun dengan sendirinya, kok, karena metabolisme jadi lebih baik.

Selain mengurangi nafsu makan, menghindari junk food dan memperbanyak olahraga, kamu juga bisa mengkonsumsi ramuan minuman diet alami dari jeruk nipis di bawah ini untuk mempercepat penurunan berat badan kamu.

Jeruk Nipis dan Sereh

Siapa yang nggak tahu jeruk nipis dan sereh? Dua bahan herbal ini sering dijadikan campuran pada makanan maupun minuman. Jeruk nipis kerap ditambahkan ke wedang atau kuah masakan, semisal soto untuk menambah rasa segar.

Sedangkan sereh atau serai biasanya dimasukkan sebagai bumbu masak karena dapat menimbulkan aroma yang khas apabila dibelah atau digeprek. Jika dicampurkan ke minuman, efeknya mampu menghilangkan bad mood, loh! Tapi, tahukah kamu kalau keduanya sama-sama punya banyak khasiat buat kesehatan?

Jeruk nipis adalah buah yang kaya akan vitamin C dan air. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Nutrition and Metabolism, vitamin C pada jeruk nipis bisa meningkatkan imunitas, membantu proses detoksifikasi dan membakar lemak saat kamu sedang berolahraga.

Selain itu, jeruk nipis memiliki kandungan asam sitrat yang dapat mendongkrak metabolisme untuk memaksimalkan pembakaran lemak. Hal itu dibuktikan lewat riset yang di publish dalam Journal of the American College of Nutrition.

Buah bernama ilmiah Citrus aurantifolia tersebut juga bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan. Sebab, ia mengandung flavonoid, yakni senyawa yang berperan dalam meningkatkan produksi enzim pengurai makanan.

Kalau sistem pencernaan nggak terhambat, kan, sisa-sisa makanan dan racun yang membuat perutmu buncit dapat keluar dengan mudah. Tidak ada yang namanya sembelit atau susah buang air besar.

Dan yang paling penting, buah yang bisa dimasukkan ke alam resep minuman pelangsing tubuh ini berguna buat menunda rasa lapar. Soalnya, ia punya kandungan serat larut dan serat tak larut, dimana keduanya mampu memicu rasa kenyang tanpa harus mengkonsumsi banyak kalori.

Sama halnya dengan jeruk nipis, sereh pun baik untuk pencernaan. Sebab, tanaman yang berasal dari Sri Lanka ini mempunyai energi pendingin nan dapat menenangkan perut dan membuat fungsi pencernaan tetap terjaga.

Sereh juga bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak. American Journal of Clinical Nutrition pernah menerbitkan sebuah laporan pada tahun 2013, bahwa polifenol yang terkandung dalam sereh kaya akan kafein.

Senyawa tersebut berguna buat mendongkrak penggunaan energi dan oksidasi lemak dalam tubuh. Efeknya bakal semakin optimal bila dikombinasikan dengan jeruk nipis. Nggak mustahil bagimu untuk mendapatkan bentuk badan yang ideal dengan meminumnya.

Nah, untuk membuat minuman diet dari sereh dan jeruk nipis sendiri, kamu bisa mengikuti step-step berikut!

Bahan: Sereh, jeruk nipis, kayu manis, jahe, gula pasir, gula merah dan air secukupnya.

Cara membuat: Cuci bersih sereh, kayu manis dan jahe. Lalu, rebus bersama air dan perasan jeruk nipis. Beri gula pasir dan gula merah sambil diaduk. Tunggu sampai mendidih, kira-kira 30 menit. Setelah itu, matikan kompor dan saring ampasnya.

Kamu dapat meminum ramuan ini selagi masih hangat. Atau menunggunya hingga agak dingin untuk kemudian disimpan ke kulkas.

Jeruk Nipis dan Jahe

Kerja sama antara jeruk nipis dengan jahe juga mampu mewujudkan keinginanmu memiliki body ideal, loh! Kenapa demikian? Sebab, keduanya membawa manfaat yang sangat dibutuhkan oleh para pejuang dieters.

Tadi, kan, sudah disinggung kalau jeruk nipis bisa membantu mempercepat penurunan berat badan dengan cara mengontrol nafsu makan, meningkatkan metabolisme dan memaksimalkan pembakaran lemak. Jahe pun mempunyai efek yang kurang lebih sama.

Rimpang bernama latin Zingiber officinale ini mampu menekan nafsu makan karena mengandung leptin, yaitu hormon yang memberitahu sel-sel saraf bahwa tubuh telah mendapatkan asupan makanan yang cukup. Sehingga, rasa kenyang dapat bertahan lebih lama.

Jahe juga akan mengurangi produksi kortisol, hormon yang muncul ketika seseorang tengah dilanda stress. Hormon ini bisa picu rasa lapar dan membuatmu selalu ingin menjejali mulut dengan makanan. Jika produksinya ditekan, tentu keinginanmu untuk memuaskan hasrat tersebut bakal hilang.

Selain itu, jahe bisa memicu termogenesis atau peningkatan panas tubuh. Hal itu secara tidak langsung, menurut Universitas Columbia dan Pusat Penelitian Gizi Obesitas New York dapat menurunkan berat badan karena metabolisme tubuh meningkat.

Nah, peningkatan fungsi metabolisme tersebut pun tak lepas dari peran berbagai senyawa yang terkandung dalam jahe, di antaranya vitamin B5, vitamin B6, vitamin C, gingerol, magnesium dan potasium.

Rimpang yang diyakini berasal dari India ini juga berfungsi menyehatkan pencernaan. Ia membantu merangsang organ pankreas untuk mendongkrak pencernaan yang bisa picu penurunan bobot tubuh. Seperti yang dikatakan tadi, kalau saluran pencernaan sehat, pemecahan lemak akan berjalan dengan lebih baik.

Manfaat lain dari jahe adalah memperlebar pembuluh darah, mengurangi kadar kolesterol dan melindungi tubuh dari serangan bakteri serta virus. Kalau tubuh ditopang oleh imunitas yang kuat, pastinya tidak akan rentan terkena penyakit. Apalagi pas menjalani program diet.

Berarti, diet dengan minum air jahe dan jeruk nipis dapat menjadi alternatif, nih, mengingat keduanya memiliki segudang khasiat untuk kamu yang ingin menggeser angka timbangan. Cara bikinnya sendiri nggak ribet, kok.

Bahan: 1 ruas jahe, 1 sendok air perasan jeruk nipis, 1 sendok air perasan lemon, 1 sendok madu dan segelas air.

Cara membuat: Rebus air sampai mendidih. Lalu, tuang ke dalam cangkir atau gelas. Masukkan jahe yang sudah dicuci bersih dan ditumbuk. Kemudian, tutup gelas selama 5-7 menit. Sebelum diminum, tambahkan jeruk nipis, lemon dan madu.

Cukup konsumsi sekali sehari saja untuk meratakan perut. Jika diminum secara rutin, bukan tidak mungkin berat badanmu turun 1-2 kg dalam 7 hari.

Jeruk Nipis, Teh, Serai

Sebagai bahan herbal untuk menurunkan berat badan, khasiat jeruk nipis tidak perlu diragukan. Pasalnya, buah dengan kandungan vitamin C yang cukup tinggi ini dipercaya mampu membakar lemak tubuh dalam waktu cepat.

Sebagaimana yang telah dijelaskan di awal, jeruk nipis bermanfaat untuk meningkatkan imunitas, mendorong metabolisme serta melancarkan sistem pencernaan. Ia juga bertindak sebagai detoks alami yang membantu proses pengeluaran racun-racun dari dalam tubuh.

Bergabung dengan sereh, keduanya membuat pergeseran jarum timbangan ke angka yang lebih rendah tidak mustahil. Sebab, sereh pun punya peran yang sama, yakni mendongkrak metabolisme dan bikin sistem pencernaan nggak terhambat.

Apabila dikombinasikan dengan teh, terutama yang khusus untuk diet, seperti teh hijau, hasilnya akan lebih maksimal. Hal itu dikarenakan teh hijau mengandung EGCG atau epigalokatekin galat, yaitu senyawa yang bertugas memproduksi hormon serta mempercepat pembakaran lemak.

Bahkan, teh hijau mampu menghilangkan lemak abdominal, yakni jenis lemak yang ada di bawah kulit. Lemak ini tergolong berbahaya karena bisa picu peradangan, resistensi insulin sampai penyakit jantung.

Pengen tahu resep diet teh sereh jeruk nipis? Ikuti langkah-langkah berikut, yuk!

Bahan: 1 kantong teh hijau celup (bisa pula diganti dengan teh hitam), 3 batang sereh, 2 butir jeruk nipis dan 5 gelas air.

Cara membuat: Potong-potong batang sereh menjadi beberapa bagian, kemudian geprek. Lalu, iris tipis jeruk nipis. Rebus keduanya bersama teh celup dan air. Tunggu selama beberapa saat hingga airnya menyusut. Jika sudah mendidih, angkat dan diamkan sampai dingin sebelum dikonsumsi.

Penutup

Kini kamu sudah tahu bahwa ada bahan alami, jeruk nipis, yang dapat digunakan untuk melangsingkan tubuh.

Minuman alami ini tidak membuatmu ngoyo untuk menurunkan berat badan. Tujuan diet memang untuk mengurangi angka timbangan. Tapi, jika itu justru berimbas pada kesehatanmu tidak ada artinya.

Buat kamu yang usaha minuman diet brand sendiri, kamu bisa order jasa maklon minuman. Pabrik maklon akan membantu kamu menciptakan produk serbuk minuman yang unik dan berbeda dengan yang sudah ada.

Close