Perhatikan 8 Hal Ini Sebelum Membeli Produk Asuransi!

Sangat penting memilih asuransi yang tepat untuk bekal di masa depan. Namun terkadang banyak hal yang belum diketahui mengenai bagaimana cara untuk memilih asuransi terbaik. Apalagi di Indonesia sendiri ada banyak sekali asuransi yang ditawarkan.

Nyatanya, beberapa perusahaan memiliki produk asuransi dengan fitur yang serupa. Hal ini membuat banyak orang kemudian bingung harus memilih perusahaan mana. Jadi perlu untuk memahami poin-poin penting sehingga calon pelanggan tidak dirugikan dengan membayar premi asuransi.

Tips Untuk Memilih Asuransi yang Tepat

Lalu bagaimana caranya untuk dapat memilih produk asuransi yang tepat? Sebagai salah satu upaya perencanaan keuangan, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memilih asuransi.

1. Beli Polis Asuransi Karena Butuh

Saat ingin membeli polis asuransi, belilah karena memang kamu membutuhkan asuransi tersebut. Jadi bukan karena semata-mata tidak enak dengan pihak marketing atau agen. Apalagi pembayaran premi asuransi itu harus konsisten, sehingga harus benar-benar membelinya karena kebutuhan sendiri.

2. Memilih Agen yang Memahami Produk

Saat ini memang banyak sekali agen asuransi yang menawarkan produk dari perusahaan asuransi mereka. Jangan terlena! Pilihlah agen yang mempunyai kualifikasi bagus dalam segi pemahaman produk dan keilmuan.

Adapun cara untuk mengetahui agen tersebut memiliki kualifikasi bagus atau tidak, maka ketahuilah apakah agen tersebut mempunyai gelar sertifikasi perencanaan keuangan atau tidak. Misalnya RFP, CFP, AWP, QWP, dan gelar sertifikasi lain.

3. Sesuaikan Dengan Kemampuan Finansial dan Kebutuhan

Ketika membeli produk asuransi terbaik, pastikan bahwa kamu membelinya sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial kamu. Karena apabila manfaat perlindungan asuransi terlalu kecil maka asuransi tersebut kurang dapat melindungi kebutuhan kamu. Begitu pula jika terlalu besar, maka cukup berat untuk membayar premi yang terlalu mahal, dengan manfaat perlindungan yang kurang begitu dibutuhkan.

4. Meminta Ilustrasi Produk

Ketika ditawari produk asuransi oleh seorang agen cobalah untuk minta dibuatkan ilustrasi produk. Selain itu, mintalah agen untuk menjelaskan cara kerja dari produk. Kamu dapat meminta agen untuk membuat ilustrasi produk jika kamu sudah merasa produk tersebut sesuai kebutuhan.

Namun terkadang ada saat di mana kamu akan kurang yakin dengan isi ilustrasi produk tersebut karena dijelaskan oleh pihak agen. Jadi tidak ada salahnya untuk minta bantuan pihak yang netral dan memahami produk asuransi untuk menjelaskannya. Jangan segan dan malu untuk bertanya karena hal ini menyangkut keuangan nantinya.

5. Meminta Skema Uang Pertanggungan

Terutama dalam membeli produk asuransi jiwa, cobalah untuk minta dibuatkan skema biaya pertanggungan untuk waktu 3 hingga 5 tahun. Dalam memilih asuransi terbaik harus mempertimbangkan hal ini.

Tujuannya yaitu supaya suatu ketika terjadi risiko, setidaknya ada ahli waris yang memiliki waktu panjang dalam memulihkan kondisi keuangan. Namun perhatikan juga besaran premi yang dibayarkan.

6. Pastikan Mampu Membayar Premi

Dapat dikatakan bahwa asuransi merupakan kontrak jangka panjang. Jadi kamu harus mampu membayar premi setiap bulan hingga selesai masa kontrak. Oleh karena itu, besaran premi yang dibayarkan harus benar-benar diperhatikan.

Hal ini bertujuan supaya tidak ada beban secara finansial ketika membayar premi di waktu mendatang. Sebagai gambaran alokasi penghasilan untuk pembayaran premi per bulan yaitu 5 – 10% dari penghasilan.

7. Memahami Manfaat Produk

Ketika setuju membeli polis asuransi dan buku polisinya telah jadi, mintalah kepada agen untuk menjelaskan ulang manfaat yang didapatkan seperti halnya yang ada di buku polis. Sebagai penerima manfaat, tentu harus memahami dengan detail terkait dengan benefit yang didapatkan.

Apabila kurang yakin, maka boleh untuk menanyakan pendapat kepada orang lain yang lebih netral sehingga dapat menentukan asuransi terbaik. Bisa juga dengan menghubungi customer service dari perusahaan asuransi untuk sekaligus melakukan cross check polis yang dimiliki.

Sebagai nasabah, kamu memiliki hak untuk memikirkan kembali apakah ingin melanjutkan atau membatalkan asuransi tersebut dalam jangka waktu 14 hari sejak buku tulis diterima.

8. Melakukan Review Polis

Sebagai nasabah, penting untuk melakukan review polis minimal 1 tahun sekali. Sesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan kamu sebagai salah satu upaya antisipasi. Misalnya ketika ada kebutuhan maupun kondisi keuangan yang telah berubah seiring dengan berjalannya waktu.

Dengan mengetahui beberapa tips memilih asuransi tersebut, maka kamu bisa mendapatkan asuransi sesuai kebutuhan. Sebagai manusia, tentu membutuhkan perlindungan di masa mendatang, sehingga salah satu upayanya adalah memilih produk asuransi sesuai kebutuhan.

Bagi kamu yang sedang membutuhkan perlindungan asuransi, maka Asuransi Astra merupakan pilihan yang tepat. Astra memiliki berbagai produk asuransi dan memberikan perlindungan sesuai dengan kebutuhan asuransi kamu.

Astra memiliki komitmen untuk memberikan Peace of Mind sehingga produk yang ditawarkan dirancang secara khusus supaya dapat memberikan perlindungan dengan servis yang berkualitas. Untuk mendapatkan pelayanan asuransi terbaik Astra, langsung saja menghubungi customer service yang siap menjawab berbagai pertanyaan kamu dengan detail.

Close