Tips Agar Cepat Dapat Lowongan Kerja Setelah Lulus Kuliah

Agar bisa mendapat pekerjaan setelah lulus kuliah, Anda harus rajin melihat lowongan kerja di banyak tempat. Pastinya Anda ingin mendapat pekerjaan terbaik yang bisa memberi kestabilan financial. Oleh karenanya, jangan lupa untuk tetap bekerja keras dan bersabar dalam melamar pekerjaan di manapun tempatnya.

Cara Cari Kerja Setelah Lulus Kuliah

Semakin meningkatnya teknologi, cara mencari pekerjaan pun semakin mudah. Anda dapat menyebar CV melalui internet dan aplikasi khusus mencari pekerjaan. Selain memakai cara tersebut, berikut telah dirangkum cara-cara mendapat pekerjaan setelah lulus kuliah khusus fresh graduate.

1. Carilah Lowongan Pekerjaan secara Daring

Saat ini ada banyak informasi lowongan kerja yang dipajang secara daring / online. Salah satu referensi laman web yang menampilkan informasi lowongan pekerjaan secara lengkap seperti Jooble . Selain itu, banyak lembaga maupun perusahaan yang menampilkan lowongan kerja langsung di web sendiri.

Ada juga situs yang mengumpulkan berbagai jenis lowongan kerja. Web tersebut mungkin menampilkan lowongan tapi kurang sesuai dengan keahlian Anda. Pastikan Anda selalu melihat batas waktu lamaran serta petunjuk secara lengkap tentang tata cara melamar. Jangan buang waktu dengan melamar pekerjaan jika batas waktu pendaftaran tidak berlaku.

2. Lamarlah Pekerjaan Sesuai Pengalaman dan Keahlian

Hal paling penting ketika fresh graduate melamar pekerjaan yakni pilih yang cocok dengan keahlian Anda. Jangan membuang waktu berharga Anda dengan melamar sehingga mengikis kesempatan Anda.
Jika Anda butuh pekerjaan ini dalam waktu singkat, daftarlah di banyak tempat. Tapi perlu diingat, ini bukan berarti Anda sembarangan melamar asal banyak.

Perhatikan kualifikasi dengan keahlian serta pengalaman Anda. Keterampilan yang dimiliki dapat selalu diterjemahkan dalam posisi pekerjaan lain yang sedikit berbeda.

3. Berbicaralah dengan Pemilik Pekerjaan yang Prospektif

Jika Anda menginginkan pekerjaan segera, lakukanlah dengan proaktif dan tunjukkan pada calon atasan kalau Anda serius untuk mendapatkan posisi pekerjaan tersebut. Waktu terbaik paling tepat untuk bersikap proaktif yaitu ketika Anda menyerahkan berkas lamaran.

Tanyalah terkait pekerjaan dan tugas yang diemban oleh anda secara spesifik kepada mereka. Tunjukkan bahwa Anda sangat tertarik menjadi pekerja yang enerjik dan termotivasi. Persiapkan dulu pertanyaan sebelum interview agar tak terjadi keheningan.

4. Gunakan Hubungan Personal

Hubungan personal semakin ke sini menjadi hal yang cukup penting. Anda mungkin bisa mendapat pekerjaan jika punya orang dalam yang membantu agar bisa diterima. Jangan ragu memberitahu orang-orang di kehidupan Anda kalau Anda sedang mencari pekerjaan.

Melamar pekerjaan memang bukan proses yang mudah. Ada saatnya Anda tidak mendapat panggilan dan terpaksa melamar kembali di tempat lain. Namun, agar tidak ketinggalan lowongan kerja lainnya, Anda bisa langsung mengunjungi https://id.jooble.org/ hingga akhirnya mendapat pekerjaan yang sesuai.

Close